Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ketika Umat Punya Persoalan, Jangan Kita Malah Cuek

Ketika Umat Punya Persoalan, Jangan Kita Malah Cuek

Jember, NU Online
Dalam rangka berpartisipasi dalam penyediaan darah, Ranting NU Rambipuji Kota, Desa Rambipuji, Kecamatan Rambipuji, Jember menggelar  donor darah, Sabtu (3/9). Kegiatan yang digelar di Kantor Ranting  NU Rambipuji kota, Jalan Darmawang,  gang 1 Nomor 6 tersebut diikuti oleh lebih 50 orang. Mereka terdiri dari pengurus Ranting NU, MWCNU Rambipuji, jajaran Polsek Rambipuji dan sebagainya.

Menurut Ketua Ranting NU Rambipuji Kota, H. Hariono, kegiatan sosial tersebut sesungguhnya sudah dilakukan cukup lama, tiap akhir bulan. "Ya kami mengetuk kesadaran warga bahwa setetes darah yang disumbangkan itu sangatlah berharga untuk keselamatan orang lain," tukasnya kepada NU Online usai donor darah.

H. Hariono menambahkan, selain donor darah, pihaknya juga rutin menggelar lailatul ijtima' untuk memberikan pencerahan seputar Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja). Di samping itu, kegiatan-kegiatan insidentil yang melibatkan NU juga kerap dilakukan.

Dikatakannya, betapapun kecilnya skala kegiatan yang digelarnya, tapi paling tidak masyarakat merasakan bahwa NU hadir. "Apa pun yang bisa kami perbuat untuk umat, akan kami lakukan. Jangan sampai ketika umat punya persoalan, kita malah cuek. Sejauh yang bisa kami bantu, ya harus bantu," jelasnya.

Ke depan, selain ingin terus memberikan pencerahan soal Aswaja, H. Hariono juga mengaku akan memikirkan pemberdayaan  ekonomi masyarakat. Menurutnya, pencerahan Aswaja sama pentingnya dengan pemberdayaan ekonomi. Sebab, ketika seseorang yang secara ekonomi tidak berdaya, maka segala kemungkinan bisa terjadi pada dia, termasuk tergerusnya keyakinan lantaran tegiur bantuan materi atau pekerjaan.

"Menurut saya, aliran-aliran model baru, selain menawarkan keyakinan yang baru juga ada iming-ining materi, pekerjaan dan  sebagainya," urainya. (aryudi a razaq/abdullah alawi)


BNI Mobile