Djarum Super

Tangkal Hoax, IPNU Pamekasan Ajak Pelajar Jadi Wartawan

Tangkal Hoax, IPNU Pamekasan Ajak Pelajar Jadi Wartawan
Pamekasan, NU Online
Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Pamekasan Kadarisman mengajak para pelajar nahdliyin menjadi wartawan. Minimal, menjadi wartawan sekolah.

Penegasan tersebut disampaikan Kadarisman saat memberi sambutan dalam pembukaan diklat jurnalistik yang diselenggarakan PK IPNU Al-Abror, Rabu (1/2). Acara tersebut dihadiri oleh Kepala MA Al-Abror Qomaruddin, dewan guru, dan pelajar yang tergabung dalam PK IPNU Al-Abror.

"Di sekolah-sekolah biasanya ada mading atau buletin. Silakan rekan-rekan aktif sebagai wartawan di wadah tersebut," tegas Kadarisman.

Dalam kesempatan itu, Kadarisman mengetengahkan Teori Imagologi menurut Milan Kundera. Bahwa, deologi akan kalah oleh realitas, dan realitas akan bertekuk lutut pada imaji-imaji yang ditampilkan secara terus menerus melalui media.

"Sekarang terdapat berita-berita hoax yang bermuatan fitnah. Melalui diklat ini, diharapkan peserta bisa menyaring informasi dengan baik serta bisa menjadi pengelola informasi dengan baik lewat jadi wartawan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala MA Al-Abror mengimbau kepada anak didiknya agar menjadi kader yang bergerak di bidang jurnalistik. Paling tidak jadi wartawan sekolah. 

"Pelatihan ini sebagai bekal untuk menjadi wartawan yang profesional," tukasnya. (Hairul Anam/Fathoni) 
BNI Mobile