Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Jadi Tujuan Investor, Ini Arahan untuk SARBUMUSI NU Jepara

Jadi Tujuan Investor, Ini Arahan untuk SARBUMUSI NU Jepara
Jepara, NU Online
Sejak 2015, Jepara menjadi primadona bagi para investor baik skala nasional maupun internasional. Hal ini terlihat dari banyaknya pabrik besar yang beroperasional di Jepara dengan jumlah pekerja mencapai angka ribuan. 

Kenyataan di atas mendorong SARBUMUSI NU Jepara untuk secepatnya membentuk SARBUMUSI di tingkat pabrik, memperjuangkan kesejahteraan, memberikan perlindungan bagi buruh dan keluarganya.

Hal itu yang disampaikan Wakil Ketua PCNU Jepara, dalam Rapat Kerja Pertama SARBUMUSI Jepara, Ahad (5/2) di Gedung PCNU Jepara, Jl Pemuda 51 Jepara, Jawa Tengah. 

“SARBUMUSI Jepara juga diharapkan membangun kemitraan yang jelas dengan PMA maupun perusahaan dalam negeri dalam rangka penenuhan tenaga kerja dari asli orang Jepara sehingga dapat menekan pengangguran di Jepara,” tambah Hisyam melalui rilis yang dikirim kepada NU Online. 

Dalam acara yang dihadiri seluruh pengurus SARBUMUSI Jepara, Hisyam juga mengemukakan hal penting yang harus dilakukan SARBUMUSI Jepara yakni memperjuangkan hak-hak buruh dan keluarganya melalui kenaikan gaji maupun jaminan keselamatan kerja, pendidikan, kesehatan dan pensiun. Selain itu membangun sinergitas dengan pemerintah daerah secara legal formal agar pemenuhan kebutuhan buruh dapat tercapai dan terlindungi secara konstitusional.

Dengan banyaknya jumlah perusahaan dan karyawan di Jepara yang dimungkinkan membawa dampak negatif sosial, SARBUMUSI Jepara juga diharapkan dapat mencegah dan mengantisipasi efek negatif tersebut seperti penyebaran penyakit HIV, narkoba, gaya hidup bebas, pelacuran dan minuman keras di sekitar pabrik dan rumah kos para buruh.

Hisyam menyebut beberapa perusahaan di Jepara di antaranya PT Sami (Jepang) bergerak di bidang perakitan kabel dengan jumlah karyawan mencapai 7000 orang;  PT Bomin Permata Abadi bergerak di bidang garmen dengan jumlah karyawan 2500 orang; PT Kanindo bergerak di bidang pembuatan tas dengan jumlah karyawan 2000 orang. (Kendi Setiawan/Zunus)

Posisi Bawah | Youtube NU Online