IMG-LOGO
Internasional

Muslimat NU Sudan Adakan Seminar Jurnalistik


Selasa 11 April 2017 08:00 WIB
Bagikan:
Muslimat NU Sudan Adakan Seminar Jurnalistik
Khartoum, NU Online
Pimpinan Cabang Istimewa Muslimat Nahdlatul Ulama (PCIMNU) Sudan mengadakan seminar jurnalistik yang perdana. Agenda ini dikomandoi oleh tim Majalah Alfanisa yang merupakan lembaga baru di susunan kepengurusan Muslimat NU Sudan.

Tema yang di sajikan kali ini adalah Satu Goresan Sejuta Perubahan. Seminar sederhana yang dihadiri oleh seluruh anggota Muslimat dan beberapa tamu undangan ini berlangsung, Jumat (7/4) lalu di Aula PCINU Sudan.

Acara dimulai pukul 11.00 siang waktu setempat, dengan pembicara pertama dalam seminar ini yaitu Yerri Syafrizal Rahman yang memaparkan secara gamblang tentang media, pers dan dunia jurnalistik. Mulai dari pengertian, perbedaan, sampai kode etik telah dikupas tuntas.

“Dasar dari jurnalistik itu kita harus punya cinta, kalau memang belum cinta hadirkanlah,” tutur Yerri.

Sidik Ismanto, sebagai pemateri kedua menyampaikan materi yang lebih fokus terhadap pengalamannya dalam dunia tulis menulis. Tulisannya banyak dimuat di salah satu situs berita online, dia menjelaskan bahwa menulis sebenarnya mudah asalkan atas kemauan kita sendiri bukan karena tekanan.

Untuk kebanyakan pemula seperti para peserta seminar sebaiknya mulai menulis dari hal-hal yang ringan seperti catatan harian, catatan perjalanan dan sebagainya. 

Melihat antusias peserta yang begitu tinggi, acara yang dijadwalkan akan selesai pukul 13.00 waktu setempat itu pun menambah waktu 20 menit untuk sesi tanya jawab. Pada kesempatan ini Sidik menyampaikan, dalam jurnalistik 90 persen kita gunakan untuk praktik dan 10 persen teori.

Dan di penghujung acara, Azim Aufaq selaku Ketua Tanfidziyah PCINU Sudan yang mengikuti jalannya seminar dari awal hingga akhir berkata, saat ini PCINU Sudan sudah menyedikan wadah untuk menampung tulisan-tulisan bagi anggota PCINU termasuk Muslimat NU yang suka dalam dunia literasi. 

Dia berpesan kepada para peserta untuk bisa ikut serta meramaikan website resmi PCINU Sudan dan Radio NU Sudan. (Muhim/Fathoni)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG