Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kiai Ma’ruf Amin: NU Punya Tanggung Jawab Kebangsaan

Kiai Ma’ruf Amin: NU Punya Tanggung Jawab Kebangsaan
Tasikmalaya, NU Online
Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma'ruf Amin berpesan kepada pengurus NU di Tasikmalaya untuk menjaga amanah yang dititipkan para pendiri NU, yaitu tanggung jawab keumatan. Selain keumatan, pengurus NU juga bertugas mengawal kebangsaan.

Kiai Ma’ruf menambahkan, ‘Siapa saja yang mengancam negeri ini, dia akan binasa di bawah dulimu’ karena akan berhadapan dengan NU.’

Mas'uliyyatul ulama (tanggung jawab ulama) selain mas’uliyyah ummatiyyah (tanggung jawab keumatan) sekarang ditambah lagi satu, yaitu mas'uliyyah wathaniyyah (tanggung jawab kebangsaan dan kenegaraan),” kata KH Ma'ruf Amin pada taushiyahnya di pelantikan PCNU Kabupaten Tasikmalaya di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Rabu (26/4).

Menurut Kiai Ma’ruf, semua itu merupakan tanggung jawab sejarah karena NU bukan hanya berjasa tapi–menurut Kapolri–NU adalah pendiri bangsa ini.

“Karena NU pendiri, maka NU wajib menjaga dan memelihara negeri ini. Inilah komitmen NU. ‘Siapa saja yang mengancam negeri ini, dia akan binasa di bawah dulimu’ karena dia akan berhadapan dengan Nahdlatul Ulama,” kata Kiai Ma’ruf. (Husni Mubarok/Alhafiz K)
BNI Mobile