IMG-LOGO
Nasional

LAZISNU Salurkan 50 Hewan Kurban ke Bogor

Rabu 30 Agustus 2017 12:22 WIB
Bagikan:
LAZISNU Salurkan 50 Hewan Kurban ke Bogor
Bogor, NU Online
Menyambut Idul Adha 1438 H, NU Care-LAZISNU akan menyalurkan 50 hewan kurban ke Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban akan dipusatkan di Desa Sukajadi pada Jumat (1/9).

Camat Tamansari, HA. Sofyan menuturkan ada 8 desa di Kecamatan Tamansari dan sebagian besar masih berupa perkampungan. Ia pun mengapresiasi langkah NU Care-LAZISNU yang menyalurkan hewan kurban di kecamatan tersebut.

“Setahu saya ini baru pertama kali LAZISNU memperhatikan Tamansari.  Ini merupakan satu penghargaan buat kita semua warga Tamansari,” ungkapnya pada rapat persiapan pelaksanaan idul kurban, Selasa (29/8) di Kantor Kecamatan Tamansari. 

Ia menyebutkan di Kecamatan Tamansari terdapat 83.529 warga. Dari angka tersebut, 40 persennya masuk kategori miskin. 

Direktur NU Care-LAZISNU Syamsul Huda mengungkapkan tanah-tanah di Tamansari saat ini dimiliki oleh warga Jakarta. Hal itu menyebabkan warga Tamansari justru kebanyakan hidup dalam kekurangan.

Syamsul berharap kegiatan idul kurban menjadi titik awal pendampingan bagi warga Tamansari. “Selanjutnya ke depan kami berharap NU Care-LAZISNU bisa melakukan pendampingan ekonomi misalnya dalam permodalan usaha tani untuk warga Tamansari,” urainya.

Pelaksanaan kegiatan Idul Kurban di Tamansari bekerja sama dengan BAZNAS dan LAZISMU. Sejumlah tokoh diagendakan hadir, diantaranya perwakilan BAZNAS, NU dan Muhammadiyah. (Kendi Setiawan/Fathoni)

Tags:
Bagikan:
Rabu 30 Agustus 2017 23:4 WIB
Kenalkan Seputar Ibadah Kurban, LDNU Gelar Pelatihan
Kenalkan Seputar Ibadah Kurban, LDNU Gelar Pelatihan
Jakarta, NU Online
Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) menyelenggarakan Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban di Gedung PBNU Kramat Raya Jakarta Pusat, Rabu (30/9). 

Sekretaris LDNU, KH Moch Bukhori mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai upaya Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama untuk mengenalkan seputar ibadah kurban yang sesuai dengan ajaran Ahlussunnah wal-Jamaah annahdiyah.

Hadir sebagai pemateri KH Ahmad Ali MD. Para peserta diberi pemahaman bagaimana dasar hukum ibadah kurban, manfaat ibadah kurban, serta tata cara sembelih hewan kurban. Hal tersebut menjadi hal yang sangat penting agar tidak terjadi kekeliruan di masyarakat.

”Misalnya saya sendiri pernah mengalami di sekolah TK anak saya, pembelian kambing kurban dengan biaya iuran orangtua siswa. Ini kan kurang tepat karena untuk satu ekor kambing kurban mestinya untuk satu orang pekurban,” ujar Kiai Ali.

Pelatihan sehari tersebut disambut antusias para peserta. Sularman, salah satu peserta kegiatan tersebut mengungkapkan kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan menambah pengetahuannya sebagai aktiivis di masyarakat.

“Kita sebagai ustad maupun sebagai panitia idul kurban sangat penting mengetahui seputar ibadah kurban ini,” kata kader LDNU asal Tangerang ini. (Kendi Setiawan/Abdullah Alawi)

Rabu 30 Agustus 2017 22:1 WIB
Pendidikan Jadi Kelinci Percobaan, Ribuan Warga NU Cirebon Ikuti Aksi Tolak Kebijakan FDS
Pendidikan Jadi Kelinci Percobaan, Ribuan Warga NU Cirebon Ikuti Aksi Tolak Kebijakan FDS
Cirebon, NU Online
Ribuan warga nahdliyin Kabupaten Cirebon mengikuti aksi tolak kebijakan Full Day School (FDS). Aksi yang digelar di lapangan petiraksa Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon pada 30 Agustus 2017 ini dihadiri lebih dari 17.000 warga nahdlyin se-Kabupaten Cirebon.

Acara ini bertujuan agar presiden menghentikan permendikbud nomor 23 tahun 2017 tentang hari sekolah yang merugikan pesantren dan madrasah diniyah.

Hal ini sama seperti apa yang disampaikan oleh Ketua PCNU Kabupaten Cirebon H Aziz Hakim Siradj. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa permendikbud nomor 23 tahun 2017 merugikan pesantren dan madrasah diniyah.

"Mulai besok saya pastikan bahwa permendikbud no 23 tahun 2017 harus dicabut karena itu sangat merugikan pondok pesantren dan madrasah diniyah," ujarnya.

Kang Aziz juga menambahkan bahwa pendidikan kita jangan jadi kelinci percobaan. "Bahwa pendidikan kita tidak boleh dijadikan kelinci percobaan oleh orang orang yang berkepentingan," pungkasnya. (Kustano/Alhafiz K)

Rabu 30 Agustus 2017 21:36 WIB
Kemnaker Apresiasi Perusahaan yang Memperkerjakan Penyandang Disabilitas
Kemnaker Apresiasi Perusahaan yang Memperkerjakan Penyandang Disabilitas
Jakarta, NU Online
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan apresiasi kepada sepuluh perusahaan yang memperkerjakan penyandang disabilitas. Penghargaan ini diberikan pada pembukaan Jobfair Kemnaker di Jakarta Internasional Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jumat (25/8).

Sekretaris Jenderal Kemnaker Hery Sudarmanto mengatakan, perusahaan baik BUMN/BUMD ataupun swasta wajib memberikan kesempatan yang sama bagi para rekan disabilitas. Pasalnya penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja.

"Jangan dilihat keterbatasannya, tapi dilihat kompetensinya. Berikan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas," ujar Hery.

Ia menambahkan, pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia harus dilakukan secara inklusif, artinya siapa saja dan apapun kondisinya berhak mendapat akses ke pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

"Pemerintah pun memberikan perlindungan kepada para penyandang disabilitas melalui jaminan sosial yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan," kata Hery.

Pemerintah terus mendorong agar perusahaan-perusahaan dapat memberikan kesempatan kerja lebih luas kepada penyandang disablitas. Tentunya mereka dapat bekerja disesuaikan dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan dan kemampuannya.

Berdasarkan UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang disabilitas telah mengamanatkan perusahaan swasta untuk mempekerjakan 1 persen penyandang disabilitas dari total pekerjanya sedangkan  perusahaan BUMN sebanyak 2 persen.

Kepada penyandang disabilitas, ia berpesan agar tidak berkecil hati dan tetap optimistis mampu bekerja di perusahaan serta terus meningkatkan kompetensi.

"Teruslah berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, tentunya dengan meningkatkan kompetensi," tukasnya.

Adapun sepuluh perusahaan yang mendapat penghargaan adalah:

1. Nakamura Holistic Theraphy dari Surakarta, Jawa Tengah.
2. PT Jatim Autocom, Jawa Timur.
3. Maya Ubud dan Spa, Provinsi Bali.
4. PT. Changshin Reksa Jaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
5. PT. Budi Sehat Sentra Dragnostika, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
6. PT. Ekamas International Hospital, Provinsi Riau.
7. PT. Dadi Mulyo Sejati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
8. Kopkartel Jambi, Provinsi Jambi.
9. CV. Wilgant Mobil, Kabupaten Batubara, Sumatera Selatan.
10. PT. Ajun Putra Permai, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Seperti diketahui, Jobfair 2017 Kemnaker yang diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran terbuka juga untuk para rekan disabilitas.

Sebanyak 12 ribu lowongan kerja dari berbagai sektor tersedia dalam bursa kerja nasional (Jobfair) di Jakarta Internasional Expo (JIEXPO) Kemayoran yang digelar tanggal 25-26 Agustus 2017 mulai pukul 08.00-16.00. (Red Alhafiz K)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG