IMG-LOGO
Daerah

49 Ormas Siap Hadiri Undangan PWNU Aceh untuk Bela Rohingya

Jumat 8 September 2017 8:24 WIB
Bagikan:
49 Ormas Siap Hadiri Undangan PWNU Aceh untuk Bela Rohingya
Aceh Besar, NU Online
Ketua PWNU Aceh Tgk. H. Faisal Ali mengundang elemen sipil untuk membela nasib dan memberikan solusi Muslim Rohingya, Myanmar. Sekitar 49 ormas di Aceh siap menghadiri pembahasan itu di Kantor MPU Aceh, Jalan Soekarno Hatta, Aceh Besar, Jumat besok (8/9) pukul 08.30 WIB.

“Agenda pertemuan ini membicarakan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membantu muslim Rohingya,” kata pimpinan Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah, Sibreh, Aceh Besar. 

Tokoh agama yang akrab disapa Abu Sibreh memberikan sedikit gambaran pertemuan tersebut.

“Saya rasa agenda apa yang mesti dilakukan oleh ormas-ormas  dalam jangka pendek dan jangka panjang membantu Muslim Rohingya itu. Kita akan musyawarah,” katanya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat apa, umat Islam Aceh bisa melakukan doa bersama, memberikan sarab pemegang kebijakan, atau fokus untuk mengumpulkan dana dari masyarakat, beras dan sebagainya, kemudian nanti akan disalurkan ke pengungsi Rohingya.

“Kita mengumpulkan ormas-ormas untuk membicarakan langkah-langkah apa dalam jangka pendek dan juga untuk jangka panjang untuk membantu Muslim Rohingya,” kata Abu Sibreh.

Meski kondisi Rohingya terahir diketahui akses untuk memberikan bantuan untuk Rohingya susah, tapi upaya membantu harus tetap dilakukan. Karena, mereka saat ini sangat membutuhkannya.            

Berikut ini ormas yang siap hadir ke kantor MPU pada untuk agenda membicarakan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membantu Muslim Rohingya:

1. Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (FK PTKIS) Aceh
2. Aksi Cepat Tanggap Cabang Aceh.
3. Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aceh
4. NF Aceh Peduli
5. Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banda Aceh
6. Forum Silaturahmi Kemakmuran Masjid Serantau (Forsimas) Aceh
8. KNSR Aceh
9. KAMMI Aceh
10. KOMANDAN AL ASYI
11.GERAKAN SUARA RAKYAT (GSR)
12.PWNU ACEH
13. Pemuda Hanura ACEH
14.DPP IKAN
15.FOSMA UNSYIAH
16. PW Bakomubin Aceh
17. BBC Subuh
18. LASYKAR AMAL SHADAQAH (LAS) INDONESIA
19. Aceh Research Institute (ARI)
20.Al Jam'iyatul Washliyah (AL WASHLIYAH) Aceh
21. Pusat Studi Kebencanaan dan Narkoba UIN Ar-Raniry
22.KNPI Aceh
23.PW IPM Aceh.          
24.Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
25. The Abuna Institute
26. Rabithah Thaliban Aceh (RTA)
27. Lakpesdam NU
28. PW Fatayat NU
29. IPPNU
30. JMSPS
31. Youth Forum of Aceh
32. Sosiologi Agama UIN Arraniry
33. PW Pemuda Muhammadiyah Aceh
34. PW. Gerakan Pemuda Al Washliyah Aceh
35. PW. Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Aceh
36. PW. Nasyiatul Aisyiyah Aceh
37. DPD IMM Aceh
38. DPW BM PAN Aceh
39. DPW GPI Aceh
40. DPW FORTANAS Aceh
41. P2TP2A
42. FORHATI Aceh
43. PW GO Ansor
44. PW ISNU
45. BEM Unsyiah.
46. Ikatan alumni Dayah Al Muslimun (IKABA)
47. Gerakan Pemuda Sehat (gPSehat)
48. FORUM PEKERJA SOSIAL PERLINDUNGAN ANAK ACEH
49. BEM STISNU Aceh

(MH/Abdullah Alawi)

Bagikan:
Jumat 8 September 2017 21:2 WIB
GP Ansor Tanjungkerta Rekrut Puluhan Anggota Banser NU
GP Ansor Tanjungkerta Rekrut Puluhan Anggota Banser NU
Sumedang, NU Online
Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang menggelar pendidikan dan latihan dasar (diklatsar) Banser NU di Pondok Pesantren Al-Ma'mun Tanjungkerta Sumedang. Diklatsar ini diikuti oleh 60 peserta dan akan dilaksanakan selama tiga hari, Jumat-Ahad (8-10/9).

Ketua GP Ansor Tanjungkerta Syarif Hidayatullah mengatakan, Diklatsar Banser merupakan salah satu jenjang pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti setiap kader Ansor yang ingin menjadi anggota Banser. Tujuannya adalah merapatkan barisan dalam membentengi para ulama dan menjaga NKRI dari berbagai rongrongan yang ingin memecah belah Indonesia.

Para peserta Diklatsar akan dibekali berbagai ilmu dan pelatihan mulai dari berbagai bentuk pelatihan fisik, mental, kemampuan beladiri, ilmu tenaga dalam, pendalaman ke-NUan, ke-Indonesiaan, bela negara, peraturan baris berbaris, kelalulintasan, dan tanggap darurat bencana.

Sementara Sekretaris PCNU Sumedang Jujun Juhanda mengatakan, jangan pernah keder menjadi seorang Banser. Ada tugas mulia membentang di hadapan sahabat-sahabat karena posisi dan kedudukan Banser berada sebagai pengawal ulama. Tugas dan tanggung jawab Banser juga yaitu menjaga akidah Ahlussunnah wal Jamaah dan juga mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Semoga setelah Diklatsar ini selesai, masing-masing peserta bisa memegang teguh ke-NUan dan ke-aswajaan. Bahkan, mereka harus siap menjadi garda terdepan menjaga ulama dan NKRI, tutup Jujun. (Ayi Abdul Kohar/Alhafiz K)

Jumat 8 September 2017 20:1 WIB
PCNU OKU Timur Dorong Kader Muda Jadi Penulis Andal
PCNU OKU Timur Dorong Kader Muda Jadi Penulis Andal
Foto: Ilustrasi
Oku Timur, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten OKU Timur melalui lembaga Lajnah Ta'lif wan Nasyr  (LTN) terus mendorong lahirnya penulis baru yang andal dari kalangan kader muda NU. Agenda ini dimaksudkan agar mereka berpartisipasi membumikan dan mengkampanyekan Islam Rahmatan Lil Alamain dan Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) kepada umat di bumi sebiduk sehaluan dan bahkan dunia.

Muji Rahayu salah satu tim redaksi Majalah Wasilah di sela-sela rapat persiapan penerbitan Majalah Wasilah edisi 4 yang digelar di Sukaraja, Rabu (6/9) mengatakan bahwa NU OKU Timur saat ini selain sudah memiliki media cetak Majalah Wasilah. Ke depan pihaknya juga akan merencanakan peluncuran media online.

"Diharapkan dari dua media tersebut nantinya akan menjadi media dakwah bagi para Kiai NU, tokoh NU, kader muda NU dan warga nahdliyin pada umumnya sehingganya kami sangat mengharapkan kader NU dapat bersama-sama berjuang memberikan informasi yang benar terkait ideologi, pandangan dan sikap NU dalam kehidupan keseharian" paparnya.

Bahwasanya di era digital saat ini, anak muda NU tidak boleh kalah dengan kelompok lain yang berupaya akan merusak NU khususnya lewat budaya literasi, kata alumnus STIT MU Gumawang tersebut.

Sementara itu di tempat terpisah Ketua LTN NU OKU Timur Zainal Muhtadin mengatakan, para kiai dan santri harus memanfaatkan teknologi sosial media dan kebebasan pers sebagai momentum buat mendakwahkan Islam ramah dan tradisi keberagamaan rahmatan lil alamin yang diajarkan di pesantren.

"Pesantren saat ini harus mengkader santri-santrinya untuk melek media dan memanfaatkannya sebagai wahana berdakwah. Di samping mengajarkan kajian-kajian fikih, tauhid,  tasawuf dan kajian khas pesantren," ujarnya.

Sekretaris IKA PMII OKU Timur ini menambahkan, begitu pentingnya menggunakan media sosial untuk menangkal isu radikalisme dan isu yang merongrong keberadaan Pancasildan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). "Bagi NU, Pancasila dan NKRI sudah final dan harga mati," tegasnya dengan penuh semangat. (Red Alhafiz K)

Jumat 8 September 2017 18:1 WIB
LSN 2017
Cetak Sembilan Gol, Kesebelasan Walisongo Tantang Al-Hikmah di Perempat Final
Cetak Sembilan Gol, Kesebelasan Walisongo Tantang Al-Hikmah di Perempat Final
Solo, NU Online
Finalis Liga Santri Nusantara (LSN) musim lalu Pesantren Walisongo Karangmalang Sragen masih terlalu tangguh untuk tim debutan Pesantren Al-Ibanah dari Wonogiri. Dengan mudah mereka menyarangkan sembilan gol ke gawang lawan dalam laga LSN 2017 Sub-Region Jawa Tengah II yang digelar di Lapangan Kota Barat Surakarta, Kamis (7/9).

Sembilan gol ini masing-masing dicetak oleh Triyono (menit ke 4, 8, 18), kemudian Tri Widodo (11, 39), Faisal (36), Muarif (40, 44), dan Ikram (48).

Skor akhir 9-0 membuat mereka berhak untk melaju ke babak perempat final. Di pertandingan berikutnya, mereka akan ditantang sesama tim dari Sragen, Al-Hikmah Tanon.

Kesebelasan Al-Hikmah yang juga bertanding di hari yang sama mampu menundukkan perlawanan tim kesebelasan Al-Manshur Popongan secara meyakinkan dengan skor 4-0.

Sidik menjadi pahlawan Al-Hikmah dengan dua golnya. Sedangkan dua gol lain disumbangkan Tio dan Miftakhul.

Kedua tim asal Sragen ini akan kembali berlaga untuk memperebutkan tiket semifinal pada Sabtu (9/9) mendatang. (Ajie Najmuddin/Alhafiz K)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG