IMG-LOGO
Tokoh

Antara Syekh Mahfuzh Tremas dan Kiai Sholeh Darat

Jumat 13 Oktober 2017 5:3 WIB
Bagikan:
Antara Syekh Mahfuzh Tremas dan Kiai Sholeh Darat
Kapan pertama kali Syekh Mahfuzh Termas (Al-Imam al-‘Allamah al-Faqih al-Uṣūli al-Muḥaddith al-Muqri Muḥammad Maḥfūz bin ‘Abdullah, bin ‘Abdul Mannan at-Tarmasi al-Jawi al-Makki ash-Syafi‘i, 1868-1919) bertemu dengan Kiai Sholeh Darat (Al-‘Alim al-‘Allamah Muḥammad Ṣaliḥ bin ‘Umar as-Samarani, w.1903)? 

Barangkali jawabannya terjadi pada akhir 1870-an. Ketika itu, Mahfuzh kecil dibawa oleh ayahnya, Kiai ‘Abdullah, untuk mondok di Pesantren Darat yang diasuh oleh Kiai Sholeh Darat, seorang kiai yang telah terkenal kealimannya pada masa itu. Kiai ‘Abdullah jelas telah mengenal Kiai Sholeh Darat di Mekkah, di mana hingga kelahiran Mahfuzh beliau masih berada di sana.

Dalam pengantar karyanya Kifayat al-Mustafid Lima ‘Ala Min al-Asanid, Syekh Mahfuzh menceritakan proses mengajinya sebagai berikut:

Di antara para syekhkku yang mulia dan mendalam ilmunya … adalah al-‘Allamah asy-Syekh Muḥammad Ṣaliḥ bin ‘Umar as-Samarani: Aku mengikuti pengajian beliau dalam Tafsir al-Jalalain secara keseluruhannya sebanyak dua kali, Syarḥ asy-Syarqawi ‘Ala al-Ḥikam begitu juga (dua kali khatam, ed.), Wasila(tuṭ) -Ṭullab, dan Syarḥ al-Mardini dalam ilmu astronomi. (Maḥfūz, Kifayat al-mustafid, 7)

Dalam daftar guru yang disusun Syekh Mahfuzh di atas, Kiai Sholeh menempati urutan kedua setelah ayah beliau. Hal ini dapat mengindikasikan paling tidak satu dari dua hal berikut. Pertama, Kiai Sholeh adalah guru pertama setelah ayah Syekh Mahfuzh sendiri. Artinya, daftar itu disusun berdasarkan urutan kronologis. Kedua, daftar ini disusun berdasarkan urutan pengaruh. Artinya, Kiai Sholeh dinilai oleh Syekh Mahfuzh sebagai guru yang paling berpengaruh dalam kehidupan beliau, setelah sang ayah.

Syekh Mahfuzh jelas merupakan murid yang istimewa di mata sang guru. Hal ini dapat disimpulkan dari keinginan beliau menjadikan Syekh Mahfuzh sebagai menantu. Iya! Syekh Mahfuzh-lah yang pertama kalinya dikehendaki menjadi menantunya. Namun, kita ketahui bahwa, Kiai Dahlan-lah, adik dari Syekh Mahfuzh yang akhirnya menjadi menantu Kiai Sholeh. Apa yang terjadi? Berikut kisahnya sebagaimana dituturkan Drs. KH Fathurrahim kepada penulis setahun yang lalu.

Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Ikhlas (Nuris), Jembrana, Bali, ini mengatakan bahwa tanda dari keinginan Kiai Sholeh ingin menjadikan Syekh Mahfuzh sebagai menantu sangat jelas. Keturunan Kiai Sholeh Darat dari Kiai Dahlan at-Tarmasi ini mengisahkan bahwa Kiai Sholeh sering sekali memberikan hadiah untuk Syekh Mahfuzh. Hadiah ini beragam, mulai dari pecis, baju, sarung dan lainnya. Hal ini ditangkap jelas oleh Syekh Mahfuzh bahwa Kiai Sholeh ingin menjadikannya sebagai menantu. 

Namun, Syekh Mahfuzh justru selalu memberikan hadiah dari Kiai Sholeh kepada adiknya, Kiai Dahlan. Kiai yang dikenal sebagai ahli astronomi, sehingga beliau dijuluki Kiai Dahlan al-Falaki, selalu menerima pemberian itu. Suatu ketika, barangkali saat itu Kiai Sholeh menilai bahwa anak perempuannya telah siap untuk menikah, beliau datang berkunjung ke rumah Kiai ‘Abdullah. Kali ini beliau menyatakan secara jelas bahwa beliau hendak menjalin hubungan besan dengan Kiai ‘Abdullah dengan melamar Syekh Mahfuzh untuk putri Kiai Sholeh, Raden Adjeng Siti Zahroh.

“Keluarlah ke sini wahai yang hendak menjadi calon menantuku!” ucap Kiai Fathurrahim menceritakan ucapan Kiai Sholeh.

Syekh Mahfuzh meminta adiknya untuk memakai seluruh hadiah yang pernah ia berikan, yaitu hadiah yang sebenarnya dari Kiai Sholeh. Beliau lalu mengajak sang adik untuk menghadap Kiai Sholeh. Ketika berada di hadapan Kiai Sholeh, Syekh Mahfuzh berkata,

“Yang memakai seluruh pemberian Mbah Yai inilah yang menjadi calon menantu Mbah Yai.”

Kiai Dahlan yang tidak tahu apa-apa, saya kira tentunya cukup kaget dengan ucapan kakaknya itu. Namun, beliau diam saja mengikuti rencana sang kakak. Barangkali, sebagian kita akan menduga bahwa Kiai Sholeh akan marah karena “ditolak” oleh Syekh Mahfuzh. Namun hal itu keliru, Kiai Sholeh menerima perubahan calon menantunya.

“Baiklah! Tidak mengapa, asalkan aku bisa berbesan dengan Kiai ‘Abdullah,” ucap Kiai Sholeh.

Dari sinilah terjawab teka-teki pernikahan Kiai Dahlan at-Tarmasi dengan Raden Adjeng Siti Zahroh. Kiai Dahlan sendiri adalah santri Kiai Sholeh di Pesantren Darat.

Di akhir perbincangan kami, Kiai Fathurrahim berpesan agar saya mencarikan sebuah kitab falak karya Kiai Dahlan yang menurutnya ada di Belanda. Sejauh saya mencari, terutama di Perpustakaan Leiden, saya tidak menemukan kitab tersebut. Barangkali ada yang tahu kitab falak karya Kiai Dahlan at-Tarmasi, bisa tolong bantu kami? (Nur Ahmad, Wakil Sekretaris PCINU Belanda 2017-2019, Alumni Master’s Vrije Universiteit Amsterdam)

Tags:
Bagikan:
Kamis 12 Oktober 2017 6:1 WIB
Sulthanah Shafiatuddin, Nakhoda Perempuan Pertama Kerajaan Aceh Darussalam
Sulthanah Shafiatuddin, Nakhoda Perempuan Pertama Kerajaan Aceh Darussalam
Sulthanah Shafiatuddin (lukisan Dahlan Al-Habsyi).
Sejarah Aceh tidak terlepas dari peran hebat para perempuan sehingga masyarakat Indonesia lekat dengan nama sejumlah pahlawan nasional perempuan lebih banyak dari Aceh. Jauh sebelum muncul pejuang-pejuang perempuan seperti Cut Nyak Dien, Laksamana Malahayati, dan Cut Muetia, Aceh memiliki Sulthanah Shafiatuddin, pemimpin atau nakhoda perempuan pertama di Kerajaan Aceh Darussalam.

Kemunculannya sebagai pemimpin tidak lepas dari kontroversi di Kerajaan Aceh Darussalam yang didirikan pada 1496 itu, ketika sang suami, Sultan Iskandar Tsani mangkat. Saat itu sulit sekali mencari pengganti Sultan Iskandar Tsani karena dari keluarga terdekat tidak ada seorang laki-laki.

Muncul pertimbangan untuk mengangkat sang istri, Ratu Shafiatuddin Syah sebagai Sulthanah di Kerajaan Aceh Darussalam yang dulu pernah dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636), sang ayah Shafiatuddin Syah. Dia merupakan putri tertua Raja yang memimpin Kerajaan Aceh Darussalam di era 1636-1641 tersebut.

Sultan Iskandar Muda yang wafat pada 1636 tidak mempunyai putra mahkota dan digantikan oleh Sultan Iskandar Tsani, menantunya. Iskandar Tsani adalah putra Sultan Ahmad Syah, Sultan Pahang (kini wilayah Malaysia) yang menikah dengan Shafiatuddin Syah setelah Sultan Iskandar Muda menaklukkan Pahang pada 1617.

Era Sultan Iskandar Tsani tidak lama, yaitu 1636-1641 yang juga merupakan tahun kematiannya. Situasi politik yang mendesak saat itu kemudian menempatkan Shafiatuddin sebagai pemimpin Kesultanan Aceh Darussalam berikutnya dengan gelar Paduka Sri Sultanah Ratu Safiatuddin Tajul-’Alam Syah Johan Berdaulat Zillu’llahi fi’l-’Alam binti al-Marhum Sri Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam Syah.

Debat soal boleh tidaknya pemimpin perempuan dalam pemerintahan Islam ternyata sudah terjadi ketika Ratu Shafiatuddin diajukan untuk memimpin Kerajaan Aceh Darussalam. Ada sejumlah kalangan yang tidak setuju atas naik tahtanya Ratu Safiatuddin. Terjadilah beberapa kali aksi pemberontakan juga upaya pengkhianatan untuk mendongkel kepemimpinan sang ratu.

Kondisi saat itu bertambah rumit bagi dirinya karena Sulthanah Shafiatuddin juga harus menghadapi ancaman eksternal seiring menguatnya pengaruh VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) setelah berhasil merebut Malaka dari Portugis pada awal tahun 1641.

Berangkat dari penguatan adat istiadat

Sejumlah kalangan di Kerajaan Aceh Darussalam bukan tanpa pertimbangan matang dalam memilih Ratu Shafiatuddin. Dia dinilai pantas menduduki tahta kerajaan yang ditinggalkan suaminya karena dia memiliki visi cemerlang dalam menyebarkan Islam serta mengembangkan kebudayaan dan seni dalam masyarakat Islam di Aceh.

Potensi memimpinnya pun terbilang tak kalah dengan raja-raja sebelumnya yang notabene seorang laki-laki. Terbukti ketika tahun 1639 terjadi Perang Malaka, Sulthanah Shafiatuddin membentuk sebuah barisan perempuan untuk menguatkan benteng istana. Banyak kebijakan bernilai positif yang dilakukan oleh ratu yang mempunyai nama asli Putri Sri Alam ini.

Ia terbilang sukses membangkitkan kejayaan Kerajaan Aceh Darussalam yang mengalami periode gemilang pada era kepemimpinan sang ayah, Sultan Iskandar Muda, dan sempat redup semasa dipimpin oleh sang suami, Sultan Iskandar Tsani.

Salah satu yang terkenal adalah tentang tradisi pemberian hadiah berupa tanah untuk pahlawan perang. Masa pemerintahan Sulthanah Shafiatuddin pun dinilai sangat bijak, di mana menyoal hukum serta adat istiadat dijalankan dengan baik. Dari visi infrastruktur adat istiadat inilah muncul pengembangan seni, budaya, dan ilmu pengetahuan di era kepemimpinanya.

Selain itu, Ratu Shafiatuddin berhasil mempertahankan hubungan diplomasi dengan kerajaan-kerajaan lain sehingga nama besar Kesultanan Aceh Darussalam tetap terjaga. Tak hanya itu, di masa kekuasaannya, Aceh Darussalam mengalami kemajuan pesat dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, agama, hukum, seni dan budaya, hingga ilmu pengetahuan seperti dijelaskan sebelumnya.

Sulthanah Safiatuddin bertahta selama 34 tahun hingga wafat pada 1675. Sepeninggal sang ratu pertama itu, Kesultanan Aceh Darussalam masih dipimpin oleh para perempuan tangguh sampai 24 tahun setelahnya, yaitu berturut-turut Sulthanah Naqi al-Din Nur al-Alam (1675-1678), Sultanah Zaqi al-Din Inayat Syah (1678-1688), sampai masa pemerintahan Sultanah Kamalat Syah Zinat al-Din (1688-1699).

Perihal pengangkatan ketiga perempuan tersebut, uniknya hal itu merupakan gebrakan baru dalam kerajaan Islam. Dikarenakan Sulthanah Shafiatuddin tidak memiliki keturunan, sang ratu akhirnya mengangkat tiga orang perempuan tersebut untuk meneruskan tahtanya. Ketiga perempuan itu justru bukan berasal dari keturunan ningrat atau bangsawan Aceh, melainkan kalangan biasa. Setelah Shafiatuddin, Aceh pun dipimpin oleh ketiga sosok perempuan itu.

Kendati tidak semua ratu sanggup membawa Kesultanan Aceh Darussalam merasakan era emas seperti pada masa Sultan Iskandar Muda dan Sulthanah Shafiatuddin, Serambi Mekkah yang menerapkan syariat Islam pernah memiliki rekam sejarah gemilang di bawah kepemimpinan perempuan. Ini merupakan fakta sejarah yang tidak terbantahkan.

Bahkan, Aceh punya banyak lagi tokoh-tokoh pemimpin perempuan yang tidak melulu bertahta dengan label ratu atau sulthanah. Para wanita hebat asli tanah rencong ini bahkan tampil sebagai panglima perang dan memimpin perjuangan rakyat Aceh melawan penjajah Belanda, yakni Laksamana Malahayati, Cut Meutia, Pecut Baren, Pocut Meurah Intan, Cutpo Fatimah, hingga tentunya Cut Nyak Dien yang masyhur itu.

Seorang penulis 

Pada masa kepemimpinan Sulthanah Safiatuddin perkembangan sastra bisa dikatakan sangat pesat. Hal ini tidak lain karena sang ratu merupakan sosok yang cinta terhadap bacaan. Dia banyak mengarang sajak dan cerita-cerita pendek.

Wujud nyata yang telah dilakukan oleh Sultanah Safiatuddin untuk mencerdaskan rakyatnya ketika itu adalah mendirikan perpustakaan. Tak banyak pemimpin yang perhatian dengan hal-hal semacam ini, namun Sultanah Safiatuddin melakukannya dengan sangat baik.

Pada masa pemerintahan Ratu Safiatuddin, perpustakaan negara didirikan dan diperluas. Selain itu, sang ratu juga memberikan dukungan penuh kepada para sastrawan dan kaum intelektual untuk mengembangkan keilmuannya. 

Di masa-masa inilah lahir para cendekiawan macam Hamzah Fanshuri, Nuruddin Ar-Raniry, dan Syekh Abdurrauf Singkel. Ketiga orang yang disebut terakhir itu merupakan para ulama yang berhasil meletakkan pondasi kuat di bidang ilmu keislaman melalui sejumlah karya-karya monumentalnya.

Hamzah Fansur banyak melahirkan syair dan prosa, di antaranya Syair Burung Unggas, Syair Dagang, Syair Perahu, Syair Si Burung pipit, Syair Si Burung Pungguk, Syair Sidang Fakir. Sedangkan prosa yaitu Asrar al-Arifin dan Sharab al-Asyikin.

Nuruddin Ar-Raniry mengarang Kitab Bustanus Salatin (Taman Raja-raja), dan Kitab Shiratal Mustaqim (jalan yang lurus). Sedangkan Abdurrouf Singkel menulis Mir'at al-Thullab fî Tasyil Mawa'iz al-Badî'rifat al-Ahkâm al-Syar'iyyah li Malik al-Wahhab (karya di bidang fiqh atau hukum Islam, yang ditulis atas permintaan Sulthanah Shafiatuddin) dan Kitab Tarjuman al-Mustafid, merupakan naskah pertama Tafsir Al-Qur'an berbahasa Melayu.

Meski tidak banyak arsip yang mencatat sejarah tentang Sulthanah Shafiatuddin, tapi usahanya dalam memimpin kerajaan besar dalam sejarah Islam di Nusantara patut jadi teladan. Tercatat selama 58 tahun atau setengah abad lebih semenjak Sulthanah Shafiatuddin, Kerajaan Aceh Darussalam dipimpin oleh para perempuan atau sulthanah. 

Saat ini, nama Sulthanah Shafiatuddin diabadikan menjadi nama sebuah taman budaya di Banda Aceh, ibukota Provinsi Aceh. Taman ini menjadi pusat seni dan kebudayaan dari 23 kebupaten/kota di Aceh yang mempunyai ciri khas masing-masing. Setiap lima tahun sekali, di taman seluas 9 hektar ini diadakan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang menampilkan beragam seni, budaya, kuliner, musik, dan lain-lain dari masing-masing kabupaten/kota. (Fathoni Ahmad)

*) Diolah dari berbagai sumber.
Senin 9 Oktober 2017 12:7 WIB
KH Harits Dimyathi, Kitab Sejarah dari Tremas
KH Harits Dimyathi, Kitab Sejarah dari Tremas
Apabila ada ahli sejarah Islam, penulis produktif, pembaharu sistem dan manajemen pendidikan Pesantren Tremas, dan kiai yang seluruh waktunya tersita untuk memperdalam kitab, beliau adalah KH Harits Dimyathi.

Ahad malam (8/10) santri Tremas dan masyarakat Pacitan, dengan khidmat mengikuti pembacaan Kalimah Toyyibah Tahlil dalam rangka memperingati Haul KH Harits Dimyathi yang ke-22. 

Kiai Harits merupakan pengasuh pesantren Tremas Pacitan periode kelima dan tak lain adalah ayah dari Katib Syuriyah PBNU dan Koordinator Nasional Gerakan Ayo Mondok KH Luqman Harits.

Rangkaian peringatan haul diawali sejak Jum'at (6/10) kemarin dengan kegiatan semaan Al-Qur’an bil ghoib dan ziarah ke makam di komplek makam Gunung Lembu bersama keluarga, para santri, dan alumni. 

Kiai Harits lahir pada tahun 1932, merupakan putera bungsu dari delapan bersaudara. Ayahnya KH Dimyathi Abdullah dan ibunya Nyai Khotijah. Lahir dan besar dalam lingkungan pesantren. Hidup di bawah bimbingan dan pengawasan orang-orang alim. Agaknya inilah yang menyebabkan kepribadian Kiai Harits tumbuh menjadi orang alim.

Pada tahun 1939 melanjutkan belajarnya ke Madrasah Salafiyah Kauman Surakarta di bawah asuhan KH Dimyathi Abdul Karim sampai kurang lebih tahun 1942. Dan semasa pemerintahan penjajah Jepang Kiai Harits Dimyathi kembali ke Tremas sampai tahun 1945. Dan kemudian melanjutkan lagi ke Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta di bawah asuhan KH Ali Ma’sum sampai kurang lebih tahun 1952. 

Di bawah bimbingan guru besarnya ini, ketekunan Kiai Harits Dimyathi dalam belajar semakin besar. Dalam waktu singkat kitab-kitab klasik telah dikuasai dengan baik. Seluruh waktunya hanya digunakan untuk belajar semata. Maklum, tanggung jawab yang akan dipukulnya ke depan semakin berat. Apalagi sebagai putra Kiai Dimyathi Abdullah yang kesohor kealimanya itu. 

Hingga beberapa waktu kemudian Kiai Harits Dimyathi mengikuti jejak kakaknya, Kiai Habib Dimyathi kembali ke Tremas untuk membina dan membangun kembali Pondok Tremas sebelumnya sempat vakum, karena kakaknya yang menjadi pengasuh saat itu, Kiai Hamid Dimyathi dibunuh oleh PKI pada peristiwa Affair Madiun tahun 1948.

Awal-awal menetap di pesantren Tremas, Kiai Harits Dimyathi tidak tinggal di kediamanya, melainkan tinggal di asrama santri. Kiai Harits memilih tinggal bersama para santrinya tak lain untuk mempermudah dalam mendidik dan menagawasi para santri secara langsung. 

Konon, Kiai Harits Dimyathi termasuk salah seorang pengasuh yang melakukan tirakat "Nahun". Kiai Harits tetap tinggal di asrama santri dan sama sekali tidak pulang ke kediamanya selama tiga tahun, tiga bulan, dan tiga hari. Padahal kediamanya selalu terlihat setiap hari dan hanya berjarak lima puluh meter dari asrama santri. Inilah salah satu bentuk ketekunan belajar Kiai Harits.

Kiai Harits Dimyathi memimpin pesantren Tremas bersama dengan sesepuh yang lain. Kiai Harits berbagi tugas bersama dengan kakaknya, Kiai Habib Dimyathi dan Kiai Hasyim Ihsan, yang masih kerabat dekatnya. Kiai Habib Dimyathi bertugas sebagai pimpinan pesantren, Kiai Harits Dimyathi bertugas sebagai Ketua Malis Ma'arif yang mengurusi jalanya pendidikan dan pengajaran di pesantren Tremas, sedangkan Kiai Hasyim Ihsan bertugas menangani bidang sosial kemasyarakatan. Pembagian tugas ini ternyata menjadikan perjalanan pesantren Tremas menjadi lebih kuat dan terarah. 

Pesantren Tremas pasca-Proklamasi kemerdekaan menghadapi tantangan yang berat, khususnya disebabkan ekspansi sistem pendidikan umum dan madrasah modern. Oleh karena itu, setelah melalui proses perenungan dan musyawarah antarpengasuh Tremas, maka dibukalah kembali madrasah yang pernah berdiri.

Tahun 1952 merupakan tonggak pembaharuan pendidikan di pesantren Tremas. Kiai Harits Dimyathi banyak melakukan penataan dalam sistem dan manajemen pendidikan di Madrasah yang diasuhnya. Salah satunya dengan menyusun kurikulum dan membuat jadwal pelajaran di Madrasah. 

Semangat pembaharuan pendidikan di pesantren Tremas mulai tiupkan oleh Kiai Harits. dan ternyata mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, karena pembaharuan yang diterapkannya sama sekali tidak mengancam keberadaan pesantren berikut segala pranatanya, melainkan justru menguatkannya. Pembaharuan yang dilakukannya tetap berpedoman pada prinsip: Al-muhafazhatu ‘alal qadimis shalih, wal akhdzu bil jadidil ashlah, yaitu mempertahankan tradisi lama yang masih baik (layak) dan mengambil tradisi baru yang lebih baik.

Kiai Harits Dimyathi juga sangat konsen pada pedalaman kitab-ktab klasik, sehingga beliau dikenal pula sebagai kiai yang mampu menyusun beberapa kitab, yang kelak kitab tersebut menjadi literatur wajib santri Tremas. 

Di antara kitab yang berhasil disusun, antara lain : Sarh Jawahirul Maknun, Khulashah Tarikh Tasri’ Islam, Tasrifan/Shorof Attarmasi, Tarikh Daulah Ummawiyah, Tarikh Daulah Abbasiyyah, Qowaidul Kitabah, Qowaidul Fiqhiyyah, Khulashoh Khulafa’ur Rosyidin, dan banyak lagi kitab-kitab yang lainya. 

Kepiawaian Kiai Harits Dimyathi dalam menulis dan menyusun beberapa kitab, diakui mewarisi kakak sulung ayahnya, yaitu Syekh Mahfuzh Attarmasi. Walaupun produktivitas menulisnya dalam skala kecil. 

Kiai Harits Dimyathi memiliki spesifikasi bidang sejarah Islam. Saat mengajar tarikh, Kiai Harits Dimyathi seakan sebagai saksi hidup sejarah itu sendiri. Kiai Harits mampu bercerita cukup emosional dan membawa pendengar terlibat dalam kisah yang diceritakanya.

Kedalaman pengetahuanya tentang Sirah Nabawiyah hingga sejarah kebangkitan Islam abad pertengahan, memberi sinyal kepada para santri betapa sejarah memberi peranan penting dalam diri setiap orang, sekaligus pondasi kuat pembentukan jatidiri.

Kegemaran dan ketekunan Kiai Harits Dimyathi dalam belajar ternyata tidak luntur hingga sudah memiliki cucu. Di sela kesibukannya dalam membina santri, Kiai Harits tetap memberi porsi banyak untuk membaca kitab, buku-buku, majalah, atau bacaan lain yang memberinya wawasan cakrawala pengetahuan yang cukup luas hingga melampaui orang kebanyakan di sekitarnya. Demikian seperti yang diungkapkan oleh Ahmad Muhammad, dalam bukunya Bunga Rampai dari Tremas, halaman 62.

Kiai Harits Dimyathi menikah dengan salah satu putri Hadratusyyekh Hasyim Asy'ari Tebuireng, yang bernama Fathimah. Namun mahligai rumah tangganya bersama putri pendiri NU itu tidak berlangsung lama. Kemudian, Kiai Harits menikah kembali dengan Nyai Hadiyah yang berasal dari Jatimalang, Arjosari, Pacitan. Dari pernikahan itu, Kiai Harits dikarunia empat orang putra-putri; Kiai Hammad Al Alim, Nyai Jihan Al Janin, Kiai Luqman Al Hakim, dan Gus Mu'adz.

KH Harits Dimyathi termasuk kiai yang amat sederhana, memiliki kepribadian yang lemah lembut dan rendah hati. Keluasan ilmunya tercermin dari akhlak dan kharismanya. Meskipun kewibawaannya mengesankan pribadi yang tertutup, pendiam, dan sulit diajak humor.

Kiai Harits Dimyathi sangat memperhatikan kemaslahatan keluarga. Kasih sayangnya bukan hanya dirasakan di lingkungan keluarga saja, tetapi juga di tengah-tengah para santrinya. Di kala memberikan wejangan, Kiai Harits selalu mendorong santrinya agar senantiasa tekun belajar.

Sisi kehidupan Kiai Harits Dimyathi yang patut diteladani, yakni memiliki kebiasaan riyadhoh, yaitu membaca shalawat dari sehabis maghrib hingga waktu isya’menjelang. Kebiasaan ini tidak pernah ditinggalkannya hingga akhir hayatnya.

Kiai Harits Dimyathi berpulang ke rahmatullah pada tahun 1995. Kiai Harits wafat saat sedang berada di kantor pesantren dan hendak mengawasi santrinya yang tengah melaksanakan imtihan (ujian) Madrasah Salafiyah. 

Wasiat terakhirnya yakni agar Pesantren Tremas tetap selalu menjaga jatidirinya sebagai pesantren salaf seperti ketika pesantren ini didirikan pertama kalinya oleh KH Abdul Manan Dipomenggolo pada tahun 1830 M. 

Kiai Harits dimakamkan di makam gunung Lembu Desa Tremas, bersama dengan para sesepuh Tremas lainya. Dan tiap hari makamnya selalu ramai diziarahi oleh para santri. (Zaenal Faizin)

Kamis 21 September 2017 16:0 WIB
Pesan Cinta KH Ali Maksum untuk NU
Pesan Cinta KH Ali Maksum untuk NU
KH Ali Maksum.
Diawali dari ketidak sengajaan bertemu kembali dengan karya KH Ali Maksum, dengan judul “Ajakan Suci”. Inisiatif menulis pesan cinta dari beliau untuk Nahdlatul Ulama (NU) pun muncul seketika. Karena banyak hal menarik yang harus diketahui oleh warga NU. “Mungkin” buku ini tidak mudah untuk ditemukan. Dengan itu, saya mencoba menarasikan pemikiran-pemikiran beliau, khususnya ungkapan/pesan cinta beliau terhadap NU.

KH Ali Maksum lahir pada tanggal 2 Maret 1915 di desa Soditan Lasem, Rembang. Beliau putra pertama dari KH Maksum bin KH Ahmad Abdul Karim dengan Ny. Hj. Nuriyah binti KH Muhammad Zein Lasem. Seperti sama-sama kita ketahui, beliau adalah pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak. Dan salah satu maestro yang menjadikan Pesantren Al-Munawwir hidup kembali setelah peninggalan KH Munawwir. Selain itu, KH Ali Maksum adalah Rais Aam Syuriah PBNU periode 1980-1984. Ada beberapapesan cinta beliau dalam buku tersebut;

Pertama, beliau mengingatkan kepada kita semua, bahwa sebagai warga NU kita harus belajar dari sejarah kejayaan NU. Kata beliau, kejayaan NU bukanlah hal mustahil untuk kita capai, asalkan kita mau belajar dari perjalanan NU (pasang surut NU, asam garam NU) semenjak NU lahir sampai pada saat ini. Beliau menggambarkan tahun 1967-1969 adalah pamor luar biasa bagi NU. Namun, 1970-1982 adalah kondisi yang tidak menentu, karena ada kesalahpahaman dengan pemerintah, sehingga saling curiga itu muncul, dan NU tidak bisa mengikuti pola pembangunan Nasional.

Namun, diplomasi dan ikhtiar PBNU terus digalangkan agar NU ikut andil membangun Indonesia. Dan di sini, beliau sangat berharap bahwa usaha itu tidak sia-sia dan kedepannya NU akan menjadi idola segalanya, dan kebanggaan bangsa, ini adalah keharusan sejarah. Angin segar itu muncul pada muktamar semarang tahun 1979, hasil dari muktamar tersebut sesuai dengan cita-cita pembangunan nasional. Namun, dalam praksisnya “mlempem”, seoalah-olah NU masa bodoh dengan pembangunan bangsa ini.

Beliau menyadari hal ini, tidak bisa dipungkiri kata beliau, setiap momen pembangunan selalu ada kejutan dari kultur masyarakat yang berkembang, susah ditebak. Menurut beliau, berorganisasi pada masa sekarang memang harus tabah dengan kebesaran jiwa. Yang penting, laku organisasi terus mengalirkan kemanfaatan, dan itu bisa dilakukan oleh NU. 

Sikap NU mengakui Pancasila dan UUD 45 dalam pasal 3 anggaran dasar merupakan sebuah bentuk perwujudan nasionalisme NU. Pesan cinta beliau dalam hal ini adalah warga NU dan seluruh generasi penerus NU harus terus menerus konsisten merawat bangsa Indonesia, memagari pancasila tetap sebagai falsafah dan dasar negara. Selain itu, tetap konsisten mengibarkan paham Ahlussunah wal jama’ah sebagai benteng pertahanan dari pemahaman-pemahaman radikal/ekstrem.

Kedua, dalam buku tersebut KH Ali Maksum menjelaskan ada 5 bekal perjuangan yang harus dimiliki oleh seluruh warga NU; (1) ats-Tsiqatu bi Nahdlatil Ulama, setiap warga NU harus mempercayai NU sebagai tuntunan hidup yang sesuai. Tidak semerta-merta timbul secara sikap batin semata, melainkan realisasi yang bersifat lahir pula, (2) al-Ma’rifat wal Istiqan bi NU, warga NU harus memahami NU secara keseluruhan, NU adalah ilmu, NU harus dipelajari, tidak hanya berproses secara alamiah. Agar keyakinan itu tumbuh secara sungguh-sungguh. (3) al-amalu bi Ta’limi NU, warga NU harus mengamalkan ajaran dan tuntunan NU. 

Tuntunan NU adalah tuntunan Islam yang berlandaskan al-Quran dan Hadits, yang dinarasikan menurut bimbingan madzhab. Tidak melulu menuruti akal yang kadang dominan terhadap nafsu. Namun, peran akal mempunyai porsi seluas-luasnya tapi dengan bimbingan yang tertib dan sempurna.

Sedangkan yang ke (4) al-Jihadu fi Sabili NU, artinya memperjuangkan NU agar tetap jaya dan berkembang pesat, dengan bimbingan dan restu para ulama, dan (5) ash-Shabru fi Sabili NU, sabar dalam ber-NU, baik sabar dalam melakukan tugas, dan sabar dari bujuk rayu yang tidak senada dengan ajaran-ajaran NU serta bujuk rayu duniawi.

Ketiga, pesan cinta KH Ali Maksum ini mengharapkan agar NU menyebarkan kemaslahatan dunia, beliau mengonsepkan hal tersebut dengan mengutip kitab Adabud Dunya wad Din, oleh Imam al-Mawardi, yang menyebutkan ada 6 hal yang harus dipenuhi untuk mencapai kemaslahatan dunia, (1) agama yang dianut (mempunyai agama), (2) penguasa kokoh dan berwibawa, (3) keadilan yang merata, (4) keamanan semesta, (5) kemakmuran sandang pangan, dan (6) pengharapan masa depan yang jauh atau wawasan dan cita-cita ke depan. Beliau mengatakan semua ini harus dikemas dengan sikap Aswaja yang tidak memisah-misahkan iman, islam, dan ihsan, dengan kata lain antara keyakinan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas menjadi satu kesatuan. 

Keempat, dalam pesan cinta ini, KH Ali Maksum berharap bahwa NU harus terus membangun citra dirinya, dengan konsisten pada jalur perjuangan bangsa dan agama. NU harus banyak belajar dari sejarah hidupnya, NU dalam kondisi dan posisi apapun atau segenting apapun, NU harus lebih dewasa, arif dan bijaksana, dan beliau juga berpesan, jangan lupakan satu hal, sebuah organisasi adalah estafet dari generasi ke generasi. Maka dari itu NU harus memikirkan masalah regenerasi, agar kualitas-kualitas generasi NU selanjutnya, sekarang atau di masa yang akan datang terjaga dan mampu membawa NU pada kejayaan yang manfaat.

Kelima, KH Ali Maksum meyakini bahwa jati diri NU tidak bisa digoyahkan, NU kokoh dan tangguh. Beliau gambarkan seperti ini, kepribadian NU meliputi akidah, prinsip perjuangan, sistem dan pengaturan organisasi. Tidak bisa dielakkan, setiap organisasi apapun, tidak terkecuali NU di dalam tubuh organisasinya pernah terjadi konflik dan riak-riak perpecahan sebagai akibat hentakan situasi dan cekaman-cekaman keadaan, tetapi yang demikian itu tidak dapat bertahan lama. Ia segera hancur dengan sendirinya.

Hal ini berkat ketabahan kita dalam Ngrungkebi (memegang serius) prinsip-prinsip yang murni berkaitan dengan keimanan dan tawakal kita kepada Allah. NU merupakan wadah perjuangan bagi ulama untuk mengabdi kepada Islam wal Muslimin dan mengabdi kepada bangsa/negara.

Dalam ikatan terbatas ini, sebenarnya tidak cukup untuk menjabarkan secara keseluruhan pesan cinta KH Ali Maksum kepada NU, apalagi pemikiran-pemikiran beliau untuk kejayaan NU. Namun, kelima poin yang disampaikan di atas sudah merupakan inti atau gambaran besar dari kecintaan beliau terhadap NU (khususnya inspirasi buat kita). 

Dan jika pesan-pesan cinta beliau diamalkan oleh warga NU, tentu dan sudah pasti wewangi NU akan terus menjalar tanpa terputus, dan kejayaan NU yang dicita-citakan beliau akan benar-benar terwujud secara sempurna.Bagi beliau, kejayaan NU merupakan sebuah kewajiban sejarah. Terkahir saya katakan, “Sosok beliau patut untuk diteladani.”

Aswab Mahasin, Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Darussa’adah Kebumen, Jawa Tengah.
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG
IMG