Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Perayaan Ya Qowiyyu Tanamkan Sifat Gemar Bersedekah Ki Ageng Gribig

Perayaan Ya Qowiyyu Tanamkan Sifat Gemar Bersedekah Ki Ageng Gribig
Klaten, NU Online
Pertengahan bulan Safar ini, Perayaan Ya Qowiyyu yang merupakan symbol untuk mengenang sosok Ki Ageng Gribig, kembali digelar di Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Berbagai acara diadakan mulai dari seminar anti-narkoba, lomba memanah, dan puncaknya ditandai dengan penyebaran ribuan kue apam di Kompleks Masjid Ageng Gribig, Jumat (3/11) lalu.

Usai shalat Jumat, dua gunungan apam lanang dan wadon yang sebelumnya sudah disemayamkan semalam di kompleks Masjid Besar Jatinom diarak menuju oro-oro di kompleks pemakaman Ki Ageng Gribig.

Menurut cerita tutur, asal muasal kue apam itu dari Mekah yang dibawa Ki Ageng Gribig untuk oleh-oleh anak cucunya. Karena tidak cukup, maka Nyi Ageng Gribig membuatnya lagi sekaligus untuk dibagikan kepada penduduk Jatinom. Sejak itu orang daerah ini ikutan membuatnya untuk selamatan.

“Tradisi ini memiliki makna bersedekah seperti yang pernah diajarkan Ki Ageng Gribig semasa hidupnya. Selain untuk melestarikan budaya, kegiatan ini juga diadakan untuk meningkatkan perekonomi warga,” terang Camat Jatinom, Anwar.

Ditambahkan Anwar, pergelaran Yaqowiyyu dinilai berhasil menggerakkan perekonomian masyarakat Jatinom. Semisal apem yang menajdi ikon acara ini menjadi oleh-oleh khas yang dicari pengunjung.

“Kalau dulu apam hanya ditemui saat Yaqowiyyu, sekarang setiap hari ada yang menjual apam,” ungkapnya.

Adanya Upacara ini dinamakan Ya Qowiyyu diambil dari doa Kiai Ageng Gribig sebagai penutup pengajian yang berbunyi : Ya qowiyu Yaa Aziz qowina wal muslimin, Ya qowiyyu warzuqna wal muslimin, yang artinya: Ya Tuhan, berikanlah kekuatan kepada kita segenap kaum muslimin. (Ajie Najmuddin/Alhafiz K)

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya