Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Tradisi Sebar Apem di Pengging Eratkan Kerukunan Antarwarga

Tradisi Sebar Apem di Pengging Eratkan Kerukunan Antarwarga
Boyolali, NU Online
Hujan deras yang mengguyur tak menyurutkan warga untuk ikut memeriahkan tradisi sebaran apem keong mas di kawasan objek wisata Pengging, Kabupaten Boyolali, Jumat, (17/11).

Acara diawali dengan kirab budaya prajurit keraton, Pakasa, kelompok drumbend dan peserta kirab lain. Rutenya adalah dari halaman Kantor Kecamatan Banyudono menuju depan Masjid Ciptomulyo.

Pada saat penyebaran, tak sedikit warga yang menggunakan payung mereka untuk mendapatkan apem sebanyak-banyaknya. Bagi sejumlah warga, mereka percaya apem yang telah didoakan ini mengandung berkah.

“Kegiatan ritual sebar apem keongmas tersebut hingga saat ini masih dinanti-nanti olah masyarakat. Mereka yang percaya mendapatkan apem artinya memperoleh berkah,” terang Camat Banyudono Wagino.

Wagino menambahkan, pada upacara tahun ini disebar 20 ribu buah apem. Seluruh apem merupakan sumbangan dari masyarakat sekitar.

Salah satu warga yang hadir, Suwarno, tradisi sebar apem ini bagus untuk mempererat kerukunan antardesa. “Karena masing-masing desa bisa sayuk rukunan, menyumbang apem. Selain itu memberi tontonan yang menarik kepada masyarakat tentang ragam kesenian di Boyolali,” kata warga Desa Kuwiran itu.

Tradisi Sebar Apem Keong Mas di Pengging sendiri dilaksanakan rutin setahun sekali, yakni setiap Jumat terakhir pada bulan Sapar. (Ajie Najmuddin/Alhafiz K)

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya