Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Hima Hukum Bukan Sekadar Kumpul-kumpul

Hima Hukum Bukan Sekadar Kumpul-kumpul
Jakarta, NU Online
Peneliti dan Dosen Hukum Unusia Unu Herlambang mengatakan mahasiswa Hukum harus bersatu dan bersinergi dalam membangun Prodi Hukum, terkhusus Hima Hukum Unusia.

Ia juga menuturkan bahwa mahasiswa Hukum perlu melakukan judicial review untuk menambah pengalaman serta keilmuan hukum.

Hal tersebut dikataannya pada Public Lecture dan Pelantikan Kepengurusan Hima Hukum periode 2018-2019, Selasa (27/2) di Ruang Aula lantai 4 Kampus Nusantara Unusia Jl Taman Amir Hamzah 5 Pegangsaan, Jakarta Pusat.

"Pembentukan Hima Hukum bukan sekedar tempat kumpul-kumpul, akan tetapi progam kerjanya juga perlu diperhatikan. Tapi baguslah jika program kerjanya ada seperti Pojok Hukum yang melakukan kajian dan diskusi tiap pekannya," ujarnya. 

Pada diskusi yang sama Daniel Zuchron M, menuturkan bahwa mahasiswa hukum harus kritis dan berwawasan luas. Dikatakan zaman sekarang adalah zaman literasi bebas tanpa batas.

"Bukan seperti dahulu membaca buku harus ke perpustakaan dan mengambil buku bawa pulang karena sulit mendapatkan buku," katanya.

Mahasiswa Hukum juga harus sering melakukan diskusi, penelitian, dan kajian.

"Karena selain meningkatkan kapasitas dan pengetahuan mahasiswa sendiri juga bisa diterapkan dan bermanfaat bagi masyarakat," terang Daniel.

Ia menjelaskan dahulu kajian dan diskusi dilakukan sembunyi-sembunyi dan pindah demi menghindari aparat. 

"Kita sekarang menghadapi zaman literasi bebas kita harus pintar, pintar dalam mengambil hikmah dan wisdom. Perlu di ingat juga Manusia tanpa kritikan adalah seperti batu," tandasnya. (Alfin/Kendi Setiawan)

BNI Mobile