IMG-LOGO
Daerah

Ketua Yayasan Pesantren Tebuireng Lantik Direktur LSPT

Jumat 2 Maret 2018 08:30 WIB
Ketua Yayasan Pesantren Tebuireng Lantik Direktur LSPT
Jombang, NU Online
 Afif Abdur Rakhim resmi dilantik sebagai direktur baru Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng atau LSPT. Dirinya dikukuhkan sebagai pengganti Khairul Rozaq yang masa khidmatnya telah selesai. Prosesi pelantikan berlangsung di ruang rapat gedung KH Yusuf Hasyim, pesantren setempat, Rabu (28/2). 

Ketua Yayasan Hasyim Asy'ari Pesantren Tebuireng, H Ali Faisol menyampaikan sejarah singkat didirikannya LSPT pada 2007 silam oleh KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang juga pengasuh pesantren. 

Sebelum Gus Sholah mendirikan Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng, terlebih dahulu melakukan kunjungan ke sejumlah lembaga serupa. Hal tersebut karena potensi alumni dan jangan pesantren demikian luas. "Kita mempunyai alumni di mana-mana, bahkan di seluruh Indonesia,” katanya di hadapan undangan. 

Setelah LSPT didirikan, ternyata masih banyak rintangan. “Kita masih susah mencarikan orang yang mau berzakat atau berdonasi melalui lembaga ini,” tandasnya. Baru setelah KH Abdurrahman Wahid meninggal, banyak peziarah yang berinfak melalui kota amal yang disediakan di area makam, sehingga LSPT bisa berkembang, lanjutnya. 

Selama ini pemasukan LSPT paling banyak masih dari infak peziarah yakni hingga 70 persen, dan sisanya dari donatur. “Harapan kami ke depan, minimal infak peziarah dan donatur bisa beriringan, atau sama dengan infak peziarah,” tandasnya. 

Sekretaris Yayasan Pesantren Tebuireng H Abdul Gofar menambahkan bahwa ke depan LSPT akan dijadikan Lembaga Amil Zakat atau LAZ  dan memanfaatkan teknologi seperti aplikasi daring. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah para alumni Tebuireng dan donatur untuk berdonasi.

“Untuk menjadikan LSPT sebagai LAZ tingkat kabupaten, minimal pendapatan lembaga di atas 3 miliar,” ujarnya. Sedangkan LAZ propinsi sekitar 40 miliar dan LAZ Nasional di atas 60 miliar. Sehingga saat ini LSPT baru bisa mengurus perizinan menjadi LAZ tingkat kabupaten, lanjutnya. 

Pertemuan ini dihadir juga oleh H Hasyim Karim selaku Ketua Majlis Keluarga Pesantren Tebuireng beserta seluruh karyawan LSPT. (Ibnu Nawawi) 
Bagikan:
IMG
IMG