IMG-LOGO
Internasional

Putin: Kekacauan Global Terjadi Jika Barat Serang Suriah Lagi


Senin 16 April 2018 04:00 WIB
Bagikan:
Putin: Kekacauan Global Terjadi Jika Barat Serang Suriah Lagi
Foto: Pool/Grigory Dukor/AFP
Moskow, NU Online
Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, kekacauan dunia akan terjadi jika negara-negara Barat kembali menyerang Suriah. Hal ini dikatakan Putin saat menelepon Presiden Iran Hassan Rouhani setelah Amerika Serikat, Perancis, dan Inggris meluncurkan serangan rudal di Suriah dua hari lalu. 

Dilaporkan Reuters, Senin (16/4), Putin dan Rouhani menyebutkan bahwa serangan koalisi Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis itu telah merusak peluang untuk mencapai resolusi politik dalam konflik multi-sisi yang telah berlangsung selama tujuh tahun dan menewaskan setidaknya setengah juta orang.


Bagi Putin, jika tindakan pelanggaran Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa seperti itu terus dilakukan, maka hal itu akan menyebabkan kekacauan dalam hubungan internasional. 

Koalisi gabungan Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis meluncurkan 105 rudal ke wilayah Suriah. Serangan rudal ini menyasar tiga fasilitas senjata kimia, termasuk pusat penelitian dan pengembangan di distrik Barzeh Damaskus dan dua instalasi dekat Homs. 


Serangan ini merupakan intervensi terbesar negara-negara Barat terhadap Suriah dan sekutunya. Tiga negara Barat tersebut mengatakan bahwa serangan rudal itu hanya untuk melumpuhkan senjata kimia Suriah, tidak bertujuan menjatuhkan Assad atau campur tangan dalam perang saudara.


Presiden Amerika Serikat Donald Trump memuji serangan itu sebagai sebuah keberhasilan untuk melumpuhkan program senjata kimia Suriah. Akan tetapi, Damaskus dan sekutunya mengecam keras serangan itu dan menganggap sebagai tindakan agresi terhadap Suriah. (Red: Muchlishon)
Bagikan:
IMG
IMG