IMG-LOGO
Daerah
NU JATIM AWARD 2018

Pergunu Jombang Sampaikan Program Strategis

Senin 9 Juli 2018 10:0 WIB
Bagikan:
Pergunu Jombang Sampaikan Program Strategis
Tim Pergunu Jombang di NU Jatim Award
Jombang, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menjadi salah satu nominasi di PWNU Jatim Award 2018. Sejumlah program strategis dipresentasikan di depan para dewan juri.

Setidaknya Ketua PC Pergunu Jombang Ahmad Faqih menyampaikan empat program strategis dimulai dari pemaparan profil Pergunu Jombang.

"Pertama adalah peningkatan kompetensi guru, program kedua penguatan pemahaman dan pengamalan Aswaja NU, kemudian yang ketiga penguatan kelembagaan organisasi, dan yang terakhir advokasi kepentingan dan hak-hak guru," jelasnya, Ahad (8/7).

Di samping menjelaskan terkait empat program strategis di atas, ia juga memaparkan puluhan kegiatan yang sudah dilakukan sebagai realisasi dari program strategis tersebut.

Faqih mengatakan, beberapa nominator khususnya dari beberapa PC Pergunu di daerah lain mayoritas masih memaparkan rencana-rencana program yang akan dilakukan. Sementara Pergunu di Kota Santri ini sudah melangkah cukup jauh daripada mereka.

Oleh karenanya, ia optimis akan memenangkan ajang bergengsi di lingkungan NU yang saat ini digelar di Gedung PWNU Jawa Timur itu. "Bila nominator lain masih bicara tentang rencana, tapi Pergunu Jombang justru memaparkan lebih dari 50 kegiatan yang telah terlaksana sebagai implementasi program strategis itu, atas perihal ini, para dewan juri amat mengapresiasi," ungkapnya.

Jumlah nominator pada grand final PWNU Jawa Timur Award untuk kategori badan otonom (Banom) NU itu ada 16 Banom tingkat cabang, Pergunu Jombang adalah salah satunya. Sementara pihak dewan juri terdiri dari team Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), akademisi dari ITS, Unibraw dan Ubaya. (Syamsul Arifin/Muiz)
Bagikan:
Senin 9 Juli 2018 23:45 WIB
Mastasaba Awali Tahun Pelajaran Baru di Al-Hikamussalafiyyah
Mastasaba Awali Tahun Pelajaran Baru di Al-Hikamussalafiyyah
Sumedang, NU Online 
Masa Ta'aruf Santri Baru (Mastasaba) merupakan kegiatan pertama yang digelar oleh Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah pada awal tahun pelajaran 2018/2019. Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Dewan Asatidz dan Asatidzah dan dibuka langsung oleh sesepuh pesantren. 

"Masa ta'aruf atau masa orientasi bagi santri baru adalah suatu kegiatan yang harus diikuti oleh santri", ujar Kiai M Aliyuddin, Pengasuh Pesantren Al-Hikamussalafiyyah ketika membuka kegiatan mastasaba ini, Senin (9/7)

Mastasaba ini bertema Membangun Generasi Milenial yang Penuh Dengan Intelektual di Zaman Era Global. Rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari dan diikuti oleh 305 santri putra dan putri. 

"Masa ta'aruf ini adalah langkah awal santri untuk lebih mengenal pesantren, kegiatan-kegiatan yang ada di pesantren, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pesantren," lanjut Kiai Aliyuddin.

Nantinya, sambung dia, santri-santri akan disuguhi materi-materi yang berkenaan tentang kehidupan di pesantren, semisal cara memakai sarung, cara salaman dengan guru, dan sebagainya.

"Semoga santri dan santriyah (santri putri) yang baru dapat mengikuti kegiatan ini hingga akhir dan semoga betah di Pesantren" Tutup Kiai Aliyuddin. (Ahmad Thobi'in/Abdullah Alawi)

Senin 9 Juli 2018 23:0 WIB
Andalkan Konbisnu, LPNU Blitar Juarai NU Jatim Award
Andalkan Konbisnu, LPNU Blitar Juarai NU Jatim Award
Ketua LPNU Blitar saat terima piagam penghargaan
Blitar, Online
Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kabupaten Blitar, merupakan salah satu lembaga PCNU di bidang pemberdayaan ekonomi yang berhasil meraih juara dalam NU Jatim Award tahun 2018.

Untuk meraih prestasi prestisius di bidangnya, beberapa langkah dilakukan oleh pengurus yang dinahkodai oleh H Abdul Azis, yakni membentuk program Konsultasi & Kontak Bisnis NU (Konbisnu) program inilah yang menjadi andalan LPNU Blitar dalam event NU Jatim Award 2018. 

“Salah satu program LPNU Kabupaten Blitar adalah layanan Konbisnu. Layanan ini diperuntukkan bagi warga NU yang fokus kepada pelayanan Start Up wirausaha pemula. Mulai dari nol sampai benar-benar jalan usahanya dengan produk yang benar-benar bisa bersaing di pasaran. Kami sadar saat ini pelaku Usaha UKM di Kabupaten Blitar lebih dari 70 persen adalah warga NU," ujar Abdul Aziz usai menerima tropi juara Senin (9/7) siang.

Ia menjelaskan, Layanan konsultasi yang dilakukan adalah mulai dari bagaimana memulai usaha, menumbuhkan semangat berwirausaha, bagaimana manajemen usaha, kemasan produk yang baik dan menjual, bagaimana caranya mengurus izin usaha sampai dengan pemasaran produk.

“Tim Konbisnu memberikan layanan ini melalui layanan telepon, WA, Webinar dan via medsos," jelasnya.

Selain itu, lanjut Ketua IKA PMII Kabupaten Blitar Raya ini,  tim melayani talkshow melalui kerjasama radio Djati FM, Erbeka FM, Studio Pinus, Tirta FM, radio streaming, dan segera  hadir via program talkshow melalui ABTV. 

“LPNU melayani layanan tatap muka dan konsultasi langsung dengan tim Konbisnu. Melalui kegiatan pelatihan entrepreneur secara berkala yang dilakukan oleh LPNU Kabupaten Blitar bekerja sama dengan Sedulur UKM dan Kubli (Koperasi UKM Blitar Raya)," kata Azis.

Menurut Azis, Konbisnu berkomitmen untuk memberikan layanan dengan semangat menumbuhkan wirausaha baru dan memperkuat silaturahim usaha dengan para pelaku usaha Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar menjadi kebangkitan ekonomi Nahdlatul Tujjar menuju kejayaan 1 abad Nahdlatul Ulama.

“Inilah salah satu program andalan LPNU Blitar yang kami sampaikan ke panitia. Ternyata kita bisa menang. Alhamdulillah. Prestasi ini akan kami jadikan pemicu semangat kami untuk meningkatkan perekonomian warga NU," tandas Azis yang kini juga menjabat sebagai salah satu Wakil Ketua PC GP Ansor Blitar itu.

Selain itu lanjut Azis, saat proses visitasi NU Jatim Award berjalan, di pertengahan acara pembukaan visitasi, LPNU Kabupaten Blitar melakukan MoU dengan CV Geovani Pedagang kambing yang menyediakan kambing qurban setiap Hari Raya Idul Adha. 

LPNU Blitar diminta menjadi penyuplai kambing setiap tahun 1.000 ekor kambing saat Hari Raya Idul Adha. “Semoga MoU ini membawa berkah bagi warga NU dan masyarakat Blitar Raya," harapnya. (Imam Kusnin Ahmad/Muiz)



Senin 9 Juli 2018 21:30 WIB
Tim Award NU Blitar Disambut Bak Pahlawan
Tim Award NU Blitar Disambut Bak Pahlawan
PCNU Blitar raih juara 5 kategori di ajang NU Jatim Award
Blitar, NU Online
Kehadiran Tim  NU Award 2018 PCNU Kabupaten Blitar ke bumi Bung Karno disambut meriah oleh warga NU.  Begitu tiba di Graha NU, Tim yang dikomandani oleh H Masduki selaku EO NU Award 2018 langsung disambut hadrah Ishari Blitar, rombongan disambut bak pahlawan baru pulang  dari medan perang.

“Ini sangat wajar kami lakukan, karena rasa syukur kami kepada tim yang berhasil memboyong lima tropi juara," ujar Kiai Syamsul Hadi, wakil ketua PCNU Kabupaten Blitar.

Untuk bisa mempersembahkan prestasi yang terbaik bagi NU Bitar ini diperlukan kerja keras, sehingga tim harus kompak bahu membahu mengkoordinasi antar lembaga dan banom yang masuk nominator. 

“Persiapannya sangat mepet, karena pas puasa. Bahkan persiapanya bareng sama Pilgub yang calonnya dua-duanya dari NU. Sehingga pikiran kami sempat terpecah. Satu sisi harus mensukseskan NU Award. Sisi lain harus ngikuti jalanya Pilgub dan hari raya, Alhamdulillah semua biasa teratasi dengaan baik. Berkat doa semua warga NU Blitar, kita masih bisa berprestasi," katanya.

Sebagaimana diketahui, PCNU Kabupaten Blitar meraih lima tropi juara dalam ajang PWNU Jatim Award 2018. Masing-masing kategori Badan Otonom NU, yakni  Fatayat NU dan  Pergunu. Sedangkan tiga katagori lembaga, LPNU, LFNU dan LPBI NU. Untuk katogori MWC dan ranting gagal mempersembahkan juara. 

Alhamdulillah PCNU Blitar masih bisa berprestasi. Terkait dengan ini kami atas nama pengurus mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang membantu keberhasilan ini. Mulai dari Pemda Blitar, warga NU serta para donatur semuanya. Kami tidak bisa membalas apa-apa kami hanya sampaikan ribuan terima kasih dengan iringan doa Jazakumullah Ahsanal Jaza," ujar Ketua PCNU Kabupaten Blitar KH Masdain Rifai Ahyat. (Imam Kusnin Ahmad/Muiz)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG