IMG-LOGO
Pemberdayaan

Madrasah Amil LAZISNU Digelar di Sorong


Sabtu 14 Juli 2018 21:30 WIB
Bagikan:
Madrasah Amil LAZISNU Digelar di Sorong
Madrasah Amil LAZISNU di Sorong, Papua
Jakarta, NU Online
Usai merealisasikan bantuan pembangunan gedung SD Al-Ma’arif Maibo pada Kamis (12/7) pagi, NU Care-LAZISNU kemudian menggelar kegiatan Madrasah Amil di aula kantor PCNU Kabupaten Sorong, Jumat (13/7).

Salah satu materi pada Madrasah Amil adalah Gerakan Koin NUyang disampaikan Manajer Fundraising, Nur Rohman. “Gerakan Koin NU berawal dari sebuah desa di Kabupaten Sukabumi, tepatnya Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug. Desa itu bisa mandiri dengan semangat warganya menyisihkan uang recehnya atau koin, yang dikumpulkan oleh LAZISNU dan dikelola hingga bisa mendirikan klinik, peternakan kambing," ujar Nur Rohman.

(Baca: LAZISNU Bantu Pembangunan SD di Sorong)

Dengan Gerakan Koin, kebutuhan warga seperti penerangan jalan dan santunan keluarga orang yang meninggal dunia pun didanai dari uang koin. Dari Sukabumi, Jawa Bara kemudian gerakan itu terlihat massif di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Maka itu, kata Rohman, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) NU Care-LAZISNU 2018 diselenggarakan di Sragen, sebagai upaya memantapkan Gerakan Koin NU.

Dihubungi dari Jakarta, Ketua PCNU Kabupaten Sorong, Rofiul Amri menjelakan kegiatan diikuti 51 peserta dari tingkat ranting dan MWCNU di Kabupaten Sorong. Menurutnya secara pada prinsip kegiatan ini memang sesuatu yang ditunggu-tunggu sejak lama di Sorong. 

“Ini karena program Koin NU yang diluncurkan dan berjalan di Kabupaten Sorong belum berjalan maksimal. Sehingga dengan adanya madrasah amil ini akan memberikan ilmu-ilmu tentang pengelolaan zakat dan tentunya program Koin NU,” kata Amri. 

(Baca: Nadhliyin Jatim Sumbang 16 Miliar lewat Kirab Koin)

Ia mengatakan Madrasah Amil membawa energi positif dan menandai kebangkitan NU Care-LAZISNU Kabupaten Sorong.

Selain Gerakan Koin NU, disampaikan pula materi Fiqh Zakat, dan ke-LAZISNU-an yang meliputi sistem penghimpunan, pengelolaan, penyaluran serta pelaporan yang menjadi pedoman NU Care-LAZISNU. 

Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Sorong, Parluji mengatakan hadirnya pengurus NU Care-LAZISNU di Sorong menjadi penyemangat dan energi dalam memperkuat kelembagaan LAZISNU Kabupaten Sorong. (Wahyu Noerhadi/Kendi Setiawan)

Bagikan:
IMG
IMG