IMG-LOGO
Daerah

Pergunu Depok Sinergi dengan Kemenag

Sabtu 14 Juli 2018 22:15 WIB
Bagikan:
Pergunu Depok Sinergi dengan Kemenag
Depok, NU Online
Pergunu Kota Depok melakukan silaturahim ke Kantor Kementerian Agama Kota Depok di Jalan Boulevard Raya, Kota Depok, Jawa Barat. Pertemuan dan silaturahim yang dilakukan usai shalat Jumat (13/7) tersebut diterima dengan penuh kehangatan dan kekeluargaan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, H Asnawi.

Ketua Pergunu Kota Depok, Acep Pudoli menyatakan bahwa silaturahim ini untuk memperkenalkan Pergunu Kota Depok dan menjelaskan beberapa program Pergunu. "Selama enam bulan ke depan, kami akan fokus menyusun database keanggotaan, yang insyallah nanti akan kami jadikan acuan gerakan Pergunu Kota Depok,” ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, Asnawi mengatakan sangat bangga dengan NU. Ia juga memberikan acungan jempol kepada Pergunu Kota Depok karena keaktifan dalam berjuang mencerdaskan bangsa. 

Asnawi juga memberikan beberapa poin penting yang harus diperhatikan dan diaplikasikan oleh pengurus Pergunu Kota Depok, di antaranya pascapelantikan Pergunu Kota Depok harus melaksanakan program kerja; program yang ada di Provinsi Jawa Barat jika bisa dijalankan di Depok, harus diamalkan dengan catatan menjunjung tinggi kearifan lokal.

"Semua guru-guru yang ada di Depok, baik di madrasah atau di sekolah, harus didata dengan akurat," imbuh Asnawi.

Poin berikutnya Pergunu harus mengenalkan bahwa di NU adalah organisasi yang menaungi guru, serta mengupayakan untuk mengadakan beragam kegiatan atas nama Pergunu Kota Depok.

Asnawi juga menambahkan NU berdiri karena kerja keras para alim ulama. Sebelum mendirikan NU, para ulama beberapa kali melakukan istikharah serta melakukan konsultasi kepada para habaib dan kiai. "Ini organisasi berkah dan mulia. Saya yakin Pergunu Kota Depok pun akan bergerak dengan kemuliaan mereka,” tegas Asnawi. 

Sekretaris Pergunu Kota Depok, Ustadz Heru Hermanto yang turut hadir menyatakan bahwa semua hal mulia terwujud ketika kita melakukan silaturahim dan menghormati para sesepuh. "Untuk itu, silaturahim ini perlu dilakukan secara kontinyu agar langkah gerak kami selalu berada di rel dan di bawah naungan doa restu dari para ulama NU." papar Kang Heru. (Abdul Hadi Hasan/Kendi Setiawan)
Bagikan:
Sabtu 14 Juli 2018 23:30 WIB
Perkuat Kapasitas Pengurus, PCNU Sumedang Gelar Madrasah Kader
Perkuat Kapasitas Pengurus, PCNU Sumedang Gelar Madrasah Kader
Kegiatan MKNU Sumedang
Sumedang, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sumedang menyelenggarakan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) di Aula Kantor PCNU Sumedang dan Islamic Centre Sumedang. 

MKNU ini diselenggarakan selama tiga hari, Jumat-Ahad (13-15/7) dan diikuti oleh seratus peserta pengurus NU se Kabupaten Sumedang. Terdiri dari perwakilan dari PCNU Sumedang, perwakilan pengurus MWCNU se-kabupaten Sumedang, dan perwakilan dari badan otonom NU.

Ketua penyelenggara MKNU, Aceng Muhyi menyampaikan, kegiatan madrasah kader yang bertema meneguhkan Islam Rahmatan lil 'alamin sebagai bentuk ikhtiar mengawal keutuhan bangsa.  

Lokasi kegiatan menggunakan dua tempat, yakni untuk penginapan di Asrama Haji Islamic Center dan untuk acara materi bertempat di Aula PCNU Sumedang, lanjut Aceng. 

Ketua PCNU Sumedang, H Sa'dulloh menyampaikan bahwa kegiatan MKNU ini merupakan program kerja yang bertujuan untuk memperkuat kualitas serta meneguhkan ideologi aswaja dan Islam Rahmatan lil alamin para pengurus NU Sumedang.  

Selain itu para pengurus NU juga diharapkan setelah mengikuti MKNU ini dapat mempererat kesatuan dan persatuan dalam menyatukan umat. "Semoga kita semua semakin mantap dalam memperjuangkan NU demi tegaknya NKRI dan ideologi pancasila," ungkapnya. 

Dikatakan, ke depannya siapa saja yang akan menjadi pengurus NU maka harus mempunyai ijazah MKNU. "Oleh karena tolong ikuti kegiatan madrasah kader ini dengan sungguh-sungguh," tutup Sa'dulloh. (Ayi Abdul Kohar/Muiz
Sabtu 14 Juli 2018 22:30 WIB
Evaluasi Program, Rais PCNU Batang Ajak Muhasabah
Evaluasi Program, Rais PCNU Batang Ajak Muhasabah
Rais PCNU Batang KHAbdul Manab Syair
Batang, NU Online
Rais PC NU Batang KH Abdul Manab Syair mengajak pengurus dan seluruh warga NU Kabupaten Batang bermuhasabah atas pelaksanaan program kerja satu periode.

Ajakan itu disampakan Kiai Manab pada pembukaan Konferensi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Batang ke-17, di Pesantren Darul Ulum Asuhan KH Zainul Iroqi Tragung Kandeman Batang (14/07).

“Mari muhasabah bersama program apa saja yang masih relevan. Dan program yang kemarin mandek, supaya nanti bisa jalan” tegas Kiai yang juga pengasuh Pesantren TPI AL-Hidayah Plumbon Limpung Batang.

Sebelumnya, Kiai Manab menjelaskan, bahwa termasuk perbuatan baik dan contoh yang baik adalah memandang waktu yang sudah lewat, waktu sekarang maupun waktu yang akan datang sebagai barometer. “Jika hitungan kita untung, mari kita bersyukur, dan prihatin jika hitungan kita ternyata rugi,”  ujarnya.

Kiai Manab juga mengutip Hadits Nabi yang menjelaskan perihal predikat orang yang untung bagi orang yang hari ini lebih baik dari harinya yang kemarin. 

Sebelum menutup khotbah iftitah (pembuka) Konferensi, Rais menghimbau bahwa segala yang berhubungan dengan kerja pengurus satu periode ini agar diselesaikan di forum ini, sehingga tidak terbawa ke akhirat.

Acara Konferensi ini dibuka oleh Ketua PBNU KH Marsudi Syuhud. Turut hadir pula Bupati Batang Wihaji, beberapa pejabat pemerintah Kabupaten Batang, pengurus Badan Otonnom, Lembaga NU tingkat cabang. (Zaim/Muiz)
Sabtu 14 Juli 2018 20:30 WIB
Istighotsah Rutin Mimika Dimulai Lagi
Istighotsah Rutin Mimika Dimulai Lagi
Mimika, NU Online
Warga NU di Mimika memulai kembali kegiatan rutin istighotsah, Jumat (13/7). Istighotsah berlangsung di Masjid Baiturahman SP4, Kampung Wonosari Jaya. Masjid ini menjadi lokasi ke-12 dari rutinan selama istighotsah an-Nahdliyyah digelar di Mimika. Untuk 11 lokasi rutinan lain yang sudah berjalan adalah SP6, SP5, SP9, SP7, SP2, SP3, SP13, Serui Mekar, SP4 Soponyono, Km10, dan Km14.

Mewakili tuan rumah , H Sukirman memberikan harapannya. "Kami alhamdulillah bisa bergabung dengan jamaah ini untuk sama- sama memakmurkan masjid dan mengisi kebutuhan ruhaniah kita agar berimbang. Kami ucapkan terima kasih kepada jamaah dari luar SP4 yang berkenaan hadir di masjid ini semoga memperkuat silaturahim kita," ujarnya.

Wakil Sekretaris PCNU Mimika, Sugiarso menguraikan alasan Muslim perlu melakukan istighotsah. "Kita ke Mimika ini tujuannya untuk memperbaiki taraf hidup. Ada yang dagang, bertani, menjadi karyawan, pengojek dan sebagainya. Kita sudah berusaha secara lahir dengan bangun pagi kerja keras banting tulang, namun harus diimbangi dengan usaha batin," kata Sugiarso.

Istighotsah an-Nahdliyah, sebut Sugiarso, menjadi salah satu bentuk usaha batin. Pembeli yang datang ke toko atau warung kita, tanaman yang subur semuanya dikehendaki Allah. "Untuk itu mari kita meminta kepada Allah agar usaha, tani, dagang, dan kerja kira lancar barokah," tambanya.

Selain itu, istighotsah juga jadi sarana komunikasi antarjamaah dan silaturahim yang bisa memperpanjang umur dan memperbanyak rezeki. "Apalagi didorong dengan sedekah, insyaallah doa kita dikabulkan Allah,"  katanya.

Lantunan Shalawat Asnawiyah menggema dalam mengawali acara ini. Pembacaan istighotsah dipimpin oleh Sugiarso, sementara doa oleh Katib Syuriyah PCNU Mimika, H Bahroni. Sebelum penutupan acara, disampaikan undangan istighotsah berikutnya tanggal 16 Juli 2018 di Km 10; tanggal 20 di TSM, tanggal 21 di SP7, tanggal 22 di SP4 Soponyono.

Juga diumumkan pemesanan seragam NU berupa songkok, batik dan sarung untuk yang berminat sudah dibuka. Acara ditutup dengan qasidah Burdah dilanjutkan tamah dan makan bersama.

Hadir dalam acara ini ketua Takmir Masjid Baiturahman, H Khairullah; sesepuh SP4 H Saean, H Midjan, Ustadz Untung, Ketua Takmir Masjid Km 14, Nasir; Ketua Takmir Majidi Km 10, Jumar; serta dari Kemenag, Arif Widiyanto. (Red: Kendi Setiawan)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG