::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

ADVERTORIAL

Murahnya Biaya Sekolah

Senin, 16 Juli 2018 14:38 Ngobrolin Duit

Bagikan

Murahnya Biaya Sekolah
Bekal pendidikan adalah warisan terbaik yang bisa kita berikan kepada anak-anak kita, agar kita tidak meninggalkan generasi yang lemah di masa depan, seperti firman Allah:

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (QS.[4]. An Nisaa:9)

Melalui pendidikan agama, mereka akan makin dekat kepada Sang Pencipta. Lalu dengan pendidikan duniawi mereka akan mampu mandiri, berdiri sendiri tak bergantung pada orang lain sehingga paripurnalah kewajiban kita sebagai orang tua.

Sayangnya hampir setiap tahun ajaran baru, orang tua was-was. Karena harus menyiapkan uang sekolah anaknya yang naik kelas atau berpindah kependidikan lanjutan dalam jumlah besar, dan bisa jadi harus berhutang atau menjual aset yang dimiliki. Berdasarkan data biaya pendidikan selalu naik setiap tahun antara 10%-15%, jadi jelas akan terasa berat kalau disiapkan dalam waktu singkat.

Sebetulnya, biaya sekolah itu murah, kalau kita tahu trik cara menyiapkannya. Nah, biar nggak kelabakan lagi, simak beberapa trik berikut:

  1. Siapkan sedini mungkin, sejak si kecil lahir, bahkan sejak masih dalam kandungan.
  2. Berhitung. Jangan lupa juga memperhitungkan kisaran kenaikan (inflasi) biaya pendidikan setiap tahun.
  3. Tempatkan pada beberapa instrument investasi syariah yang berbeda-beda supaya tidak bercampur.



Di Reksa Dana Manulife tersedia beragam pilihan reksa dana syariah yang bisa menunjang cita-cita Anda menyiapkan uang pendidikan untuk si kecil. Manulife  Syariah Sektoral Amanah (MSSA) ada di kelas saham sesuai untuk tujuan jangka panjang di atas 10 tahun, sedangkan di bawahnya tersedia Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI) untukmencapai tujuan yang lebih pendek. 


Untuk pendidikan si kecil, jangan pernah mikir "Gimana nanti". tapi pikirkan "nanti gimana?"