Bukan Hanya Ceramah, Desain Grafis Pun Bisa Jadi Media Berdakwah

Bukan Hanya Ceramah, Desain Grafis Pun Bisa Jadi Media Berdakwah
Ngaji Desain Sesi Ke-2
Ngaji Desain Sesi Ke-2
Lampung Tengah, NU Online
Di era digital saat ini lahan dakwah terbuka lebar bagi siapapun yang tertarik untuk menekuninya. Saat ini, dakwah tidak hanya dimonopoli oleh orang yang pintar berceramah. Dakwah juga bisa dilakukan siapa saja yang memiliki ketertarikan dan kemampuan dalam bidang desain seni grafis. Dengan kemampuan mengolah gambar atau video, seseorang mampu menyebarkan dakwah yang menyejukkan di era media sosial yang penuh dengan hal-hal negatif saat ini.

Desain grafis mampu menjadi salah satu media dakwah Aswaja yang mumpuni karena di era digital ini tidak semua masyarakat tertarik dengan ucapan dan tulisan. mereka lebih memahami dan tertarik dengan gambar dan video design yang dihasilkan dari orang-orang kreatif.

Hal ini diungkapkan Ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Provinsi Lampung Hj Malikhah Saadah saat memberikan motivasi kepada peserta Ngaji Desain Grafis sesi ke-2 yang diselenggarakan di aula MTS As-Saadah Pondok Pesantren Darus Saadah Lampung Tengah, Sabtu (21/7).

Ning Malikhah, begitu Putri Rais Syuriyah PWNU Lampung ini biasa disapa, juga mengungkapkan bahwa disamping sebagai sarana berdakwah, kemampuan dalam bidang seni desain grafis juga sangat prospektif dan dibutuhkan di manapun berada di era milenial saat ini baik saat bekerja, berbisnis atau bersosialisasi.

"Dengan menguasai desain grafis, kita lebih leluasa mengekspresikan kreatifitas kita dengan membuat karya seni yang menginspirasi banyak orang dan dinikmati semua kalangan," tambahnya.

Dari sisi bisnis juga terangnya, peluang usaha di dunia grafis lumayan menjanjikan. Apalagi sebentar lagi akan dihelat hajat demokrasi pemilihan anggota legislatif dimana para caleg membutuhkan alat sosilisasi murah dan menarik dari segi tampilan.

"Kami berharap para generasi muda NU mampu menangkap peluang ini dan menguasai dunia media informasi khususnya dunia grafis," harap Ning Malikhah.

Ngaji Desain Grafis sesi ke dua ini merupakan kelanjutan dari sesi pertama yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu di Kantor PCNU Lampung Tengah. Pada sesi kali ini peserta melakukan pendalaman materi dan mengulas secara detail teknik-teknik tingkat lanjut desain grafis yang dipandu oleh tutor Andika Wijaya dari PW GP Ansor Lampung.

Di sela-sela kegiatan, Andika Wijaya mengatakan bahwa sesi ke dua kali ini hanya diikuti oleh beberapa peserta yang dianggap mampu menerima materi lanjutan. Ia berharap pada pertemuan ke dua tersebut para peserta sudah mampu membuat kartu nama dan desain ucapan selamat untuk diviralkan di media sosial.

"Peserta Ngaji Desain Grafis sesi ke dua atau level 2 ini diikuti oleh rekan dan rekanita IPNU-IPPNU, sahabat PMII, santri dan warga NU sebanyak 23 orang," terangnya. (Muhammad Faizin)
BNI Mobile