IMG-LOGO
Nasional

Atlet Palestina Mengaku Senang atas Dukungan Warga Indonesia

Selasa 21 Agustus 2018 16:15 WIB
Bagikan:
Atlet Palestina Mengaku Senang atas Dukungan Warga Indonesia
Jakarta, Nu Online
Ketua Komite Olimpiade Palestina, Jibril Mahmoud Muhammad Rajoub, menyampaikan penghargaan yang tinggi bagi Indonesia atas dukungan yang diberikan kepada kontingen Palestina dalam Asian Games 2018. Dukungan yang luar biasa itu menjadikan kontingennya merasa senang saat berpartisipasi dalam pesta olahraga terbesar se-Asia tahun ini.

Hal itu disampaikan oleh Jibril Rajoub saat diterima oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 21 Agustus 2018.

"Dari awal sudah menyampaikan apresiasi. Dia merasa di rumah sendiri. Dukungan publik sangat tinggi terhadap delegasi Palestina dan jumlah delegasinya cukup banyak. Lebih dari 80 atlet untuk 14 cabang olahraga," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/9)

Retno melanjutkan, Ketua Komite Olimpiade Palestina itu menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan pelayanan yang diberikan Indonesia kepada kontingen dan delegasi Palestina di Jakarta. Selain itu, Jibril Rajoub juga membawa pesan dari Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, yang juga mengapresiasi konsistensi dukungan Indonesia kepada rakyat Palestina selama ini.

Indonesia selain mengupayakan dukungan dunia internasional atas perjuangan rakyat Palestina juga mendorong persatuan di dalam negara Palestina itu sendiri. Presiden Joko Widodo berpandangan bahwa persatuan seluruh elemen bangsa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perjuangan Palestina.

"Dari kegiatan olahraga kemarin, kontingen Palestina itu tidak hanya terdiri dari orang-orang Fatah tetapi juga Hamas. Di situlah kemudian ternyata olahraga dapat mempersatukan perbedaan. Ini merupakan satu momentum yang sangat bagus yang dapat digunakan untuk terus mempersatukan Palestina," ujar Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara menegaskan bahwa dukungan yang diberikan Indonesia kepada Palestina tak terbatas pada dukungan politik semata. Indonesia akan terus mengupayakan dukungan-dukungan lainnya seperti di bidang ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia.

"Hari ini Ketua Komite Olimpiade Palestina akan bertemu juga dengan Menteri Pemuda dan Olahraga untuk membahas mengenai masalah kerja sama apa yang dilakukan untuk masalah kepemudaan dan olahraga," ucap Retno.

Terkait dukungan yang diberikan Indonesia itu, Jibril Rajoub menitipkan harapan Presiden Abbas dan seluruh rakyat Palestina kepada Indonesia untuk terus menyuarakan masalah Palestina dalam setiap forum internasional yang dihadiri oleh Indonesia. Ia menyebut bahwa rakyat Palestina selalu memperhatikan apa yang dilakukan Indonesia dalam memperjuangkan dukungan bagi Palestina di forum global.

"Beliau menyampaikan harapan Presiden Abbas agar Indonesia terus dapat membantu perjuangan Palestina dan membawa isu Palestina ini ke manapun Indonesia pergi. Karena mereka sangat memantau dari dekat ke manapun Indonesia pergi," kata Retno. (Ahmad Rozali)
Tags:
Bagikan:
Selasa 21 Agustus 2018 23:20 WIB
NU PEDULI LOMBOK
Takbiran di Pengungsian
Takbiran di Pengungsian
Takbiran di pengungsian, Selasa (21/8)
Mataram, NU Online
Takbir malam Idul Adha 1439 tak luput bergema di pengungsian warga terdampak gempa Lombok, Selasa (21/8). Di pos pengungsian Desa Kekait, Gunungsari, Lombok Barat, para pengungsi mengumandangkan takbir di Masjid Darurah. 

Perjalanan NU Online ke Masjid Daurah diantar tim dari NU Care-NTB. Dari Pos NU Peduli di Kampus UNU NTB Kota Mataram, masjid tersebut ditempuh selama seperempat jam dengan sepeda motor.

Refrendi dari NU Care-LAZISNU NTB mengatakan, daerah yang tengah dilintasi memang daerah dengan tingkat keparahan tinggi oleh adanya gempa. “Banyak bangunan rumah yang roboh, pemiliknya memilih tinggal di pengungsian,” katanya.

Ustadz Sya'roni, tokoh setempat menuturkan Masjid Darurah, sesuai namanya, berupa tenda yang dibuat dalam situasi darurat. Pelaksanaan takbiran menurutnya, karena walaupun dalam situasi mengungsi, masyarakat diharapkan tetap memeriahkan malam Idul Adha dengan takbiran.

Takbiran di NTB sendiri rata-rata berlangsung sejak maghrib hingga sekitar jam sepuluh malam waktu setempat. Saat NU Online tiba, terlihat anak-anak masih semangat mengumandangkan takbir. Anak-anak itu berusia lima hingga sepuluh tahunan. Mereka bergantian bertakbir dengan mikrophone yang disambungkan ke pengeras suara.

Malam itu tak terlihat rona duka dari wajah mereka. Semua anak-anak itu mengatakan senang bisa takbiran walau harus di pengungsian. (Kendi Setiawan)

Selasa 21 Agustus 2018 23:0 WIB
LKNU Sambut Baik Langkah MUI Bolehkan Vaksin MR
LKNU Sambut Baik Langkah MUI Bolehkan Vaksin MR

Jakarta, NU Online

Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama menyambut baik langkah Majelis Ulama Indonesia yang mengeluarkan fatwa mengenai kebolehan menggunakan Vaksin Measles Rubella (MR). Langkah itu dianggap strategis untuk menghidari mudarat yang ditimbulkan jika tak menggunakan vaksin.

“Mudhorotnya kalau tidak dilakukan vaksinisasi lebih besar dibanding masalah halal haramnya,”kata Ketua LKNU M Hisyam Said Budairi di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (21/8).

Ia mengambil sebuah kasus seorang ibu hamil yang terkena campak karena tidak memakai vaksin yang pada akhirnya menyebabkan cacat bagi anak yang dilahirkan. Pada usia remaja, anak ini kemudian meninggal dunia lantara mengidap penyakit tersebut. Ia lantas meminta masyarakat agar lebih memperhatikan pentingnya penggunaan vaksin MR ini.

Ia mengakui masih kurangnya unsure kehalalan dalam vaksi MR yang beredar di tanah air. Untuk itu ia meminta para ilmuan untuk menemukan vaksi yang diperbolehkan dalam syariat Islam dengan menggunakan unsur-unsur yang halal.

Dalam hal yang menyangkut halal-haram, ia menekankan perlunya ilmuan muslim untuk berusaha lebih keras menemukan solusinya. Mengingat masalah halal-haram seperti ini hanya menjadi masalah bagi umat islam, bukan bagi pemeluk agama lain.

Di Indonesia sendiri terdapat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang farmasi yang menurutnya, dapat diarahkan agar memenuhi kebutuhnan vaksin halal. “Riset mereka seharusnya diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan vaksin tentang keinginan umat islam Indonesia," ucapnya.

Sebelumnya, MUI mengeluarkan fatwa tentang Vaksin MR. Dalam ketetapannya, MUI memutuskan bahwa statsu hokum vaksin MR adalah haram. Akan tetapi MUI menyatakan bahwa hokum menggunakannya adalah mubah atau boleh, karena keterpaksaan (darurat), belum ada vaksin yang halal dan bahaya yang ditimbulkan jika tidak divaksin. (Husni Sahal/Ahmad Rozali)

Selasa 21 Agustus 2018 20:44 WIB
Diklat Paskibraka Ditutup, Menpora: Jadilah Inspirasi
Diklat Paskibraka Ditutup, Menpora: Jadilah Inspirasi
Jakarta, NU Online
Menpora Imam Nahrawi secara resmi menutup Pendidikan dan Pelatihan Nasional Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Diklat Paskibraka) 2018 di Teater Wisma Menpora, Senayan, Jakarta, Selasa (21/8) siang. Menpora berharap kepada Purna Paskibraka ini menjadi contoh yang baik di tengah masyarakat dan menjadi inspirasi. 
 
"Selamat kembali ke daerahnya masing-masing, saya berharap kalian menjadi suri tauladan serta menjadi inspirasi bagi semua karena telah selesai bertugas dengan baik dan lancar di Detik-Detik Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Istana Negara," kata Menpora.
 
Menpora juga berharap mereka mampu mendorong para anak muda lebih kreatif, lebih memberdayakan potensi yang dimiliki ilmunya, kecakapannya sekaligus akhlak terpuji di tengah masyarakat, karena mereka telah digembleng kedisiplinannya, keberanian, kebersamaan, kekompakannya yang menjadi pondasi penting," ujar Menpora.
 
Sebagai komunitas baru di Purna Paskibraka Indonesia (PPI), menteri 45 tahun ini menghimbau agar menjadikan komunitas itu sebagai wadah yang baik menghasilkan sesuatu yang produktif dan para alumninya berperan positif di tengah masyarakat dengan maksimal.
 
"Jati diri Paskibraka tidak boleh hilang selama-lamanya di hatinya, agar di tahun 2045 mereka menjadi generasi emas dan dibanggakan tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia." pesan menteri Bangkalan, Madura ini.
 
Sebelumnya, Asdep Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Ibnu Hasan melaporkan semua kegiatan telah berjalan dengan baik. "Adik-adik Paskibraka sejumlah 68 peserta ini telah selesai menyelesaikan tugasnya dengan baik, Pak menteri mohon diberikan penghargaan lebih lanjut," tuturnya.
 
Ketua PPI Gusta Feriza berharap peserta PPI 2018 harus memiliki semangat ingin menjadi garda terdepan untuk pembangunan bangsa Indonesia. "Kita harus saling isi mengisi jangan pernah puas dengan hanya memiliki sertifikat Paskibraka, terus tingkatkan kemampuan agar menjadi Purna Paskibraka yang terbaik," katanya.
 
Salah satu Purna Paskibraka Muhammad Lambang asal Provinsi Lampung mengucapkan kami berterima kasih atas dukungan Kemenpora dan semua pihak yang mendukung hingga berjalannya Paskibraka 2018 sukses dan lancar. 
 
"Saya berharap ditutupnya Diklat Paskibraka 2018 menjadi awal baru dan semangat baru menggapai cita-cita di masa depan, kepada teman-teman jangan pernah lupakan momen selama ini disini pasti kita akan saling merindukan mari kita semua lebih mempererat kebersamaan agar tetap solid," katanya.
 
Turut hadir Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Ni'am, Deputi Pembudayaan Olahraga R. Isnanta, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, Sesdep Pengembangan Pemuda Amar Ahmad, Staf Khusus Jonni Mardizal, Staf Khusus Anggia Ermarini dan Staf Khusus Zainul Munasichin. (Red-Zunus)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG