IMG-LOGO
Nasional

Brebes Terima Baznas Award Kategori Penyalur Terbaik Se-Indonesia


Sabtu 8 September 2018 18:00 WIB
Bagikan:
Brebes Terima Baznas Award Kategori Penyalur Terbaik Se-Indonesia
Jakarta, NU Online
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah berhasil mendapatkan anugerah Baznas Award katergori pendistribusian zakat, infak dan sedekah atau ZIS terbaik se- Indonesia.

Penghargaan diterima Wakil Ketua Bidang 3 Bagian Sumber Daya Manusia H Abdul Haris pada malam Penganugerahan Baznas Award 2018 di aula kantor Kementerian Agama RI Jl Mh Thamrin Jakakarta Pusat, Jumat (7/9) malam. 

“Alhamdulillah, ternyata kinerja kami mendapat apresiasi dari Baznas Pusat,” katanya. Setidaknya ini menjadi jawaban bahwa Baznas Brebes bekerja dengan profesional, utamanya dalam menyalurkan zakat, infak dan sedekah sesuai ketentuan syariat, lanjutnya usai menerima penghargaan. 

Dirinya menjelaskan, Baznas Brebes terbukti telah melakukan inovasi dalam pendistribusian, khususnya penyaluran dalam kategori pemberdayaan yang terus digalakkan. “Yang terpenting dalam penyaluran dana ZIS ini, pemberdayaan masyarakat miskin menjadi salah satu tujuan pokok zakat agar menarik kaum dhuafa keluar dari kemiskinan,” tegasnya. 

Ketua Baznas Kabupaten Brebes H Chusnan Zain melalui pelaksana harian H Akrom Jangka Daosat menambahkan, Baznas Brebes akan terus berbenah diri sebagai wujud kontribusi dalam pembangunan daerah. Khususnya dalam pengentasan kemiskinan dan pengembangan dakwah islamiah.

Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti mengaku senang atas pencapaian Baznas Brebes tersebut. Ia berharap ke depan, Baznas Brebes dapat bekerja lebih baik lagi dan amanah dalam menjaga kepercayaan para muzaki.

Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan, anugrah Baznas Award bertujuan untuk memacu kebangkitan zakat di negeri ini. “Kami memberikan penghargaan kepada pertumbuhan zakat terbaik berdasarkan laporan 2017. Kami ingin memberikan semangat semua stekholder dalam menjalani syariat Islam yakni membayar zakat,” ujarnya.

Selain itu, guna mendorong optimalisasi pengelolaan zakat nasional, mempererat tali silaturahim antara Baznas dan Lembaga Amil Zakat atau LAZ, memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global.

“Harapan kami, Baznas Award yang kami beri tajuk Kuat karena Zakat ini mampu memberi dampak positif untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan dunai perzakatan,” kata Bambang.

Ketua Panitia Baznas Award 2018, Jaja Jaelani, menambahkan, ada beberapa kategori penilaian antara lain, pertumbuhan penghimpunan ZIS terbaik, pendistribusian dan pendayagunaan ZIS terbaik, program pemberdayaan ekonomi terbaik, laporan tahunan terbaik, dan Baznas serta LAZ terbaik. Ini berlaku untuk Baznas dan LAZ pusat atau nasional dan daerah (provinsi dan kabupaten/kota).

“Kemudian untuk pemerintah provinsi dan kabupaten maupun kota kategori pendukung kebangkitan zakat 2018 dinilai berdasarkan kepatuhan pada UU, alokasi anggaran rutin untuk Baznas dalam persentase terhadap belanja APBD, penyediaan kantor Baznas dan sarana pendukung lainnya, frekuensi keterlibatan kepala daerah pada kegiatan Baznas tahun 2017,” kata Jaja.

Selain itu, imbuh dia, ada juga penghargaan untuk kepala daerah terbaik, UPZ terbaik, muzaki badan terbaik, muzaki individu terbaik, media pendukung kebangkitan zakat, serta tokoh pendukung kebangkitan zakat. (Wasdiun/Ibnu Nawawi)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG