Ketua Ansor di Bondowoso Ini Bangga sebagai Petani

Ketua Ansor di Bondowoso Ini Bangga sebagai Petani
Bondowoso, NU Online
Achmad Efendi adalah Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Binakal, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Dan dalam kesehariannya juga sebagai petani dan merasa bangga.

Profesi tersebut digeluti bapak tiga anak ini sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2006. "Profesi saya memang petani, dan ini juga meneruskan sekaligus amanat dari  keluarga bapak. Karenanya saya bangga," jelas Achmad Efendi kepada NU Online, Rabu (3/10).

Menurut pandangannya, petani dapat dilakukan sebagai pekerjaan sampingan. “Karena pekerjaan utama saya adalah ASN yakni sebagai guru di SDN Jeruk Soksok 01 Kecamatan Binakal Bondowoso,” ungkapnya.

Terkait dua pekerjaan tersebut, dirinya tidak merasa terganggu. "Tidak menganggu karena masing-masing lahan ada yang menangani mulai dari menggarap lahan, tanam, hingga panen. Saya hanya mengarahkan,” katanya.

Saat ini ia tinggal di Dusun Krajan RT 02 RW01 Desa Jeruk Soksok Kecamatan Binakal. Lahan yang ditanam yaitu ketela rambat seluas satu hektar, dan tiga hektar padi di beberapa lokasi.

Di Bondowoso sendiri, Achmad Efendi bersama petani muda sudah membentuk komunitas Agro Farm Bondowoso dan dipercaya sebagai sekretaris. “Yang menampung semua budi daya pertanian dan resmi berbadan hukum,” jelasnya.

Terkait perhatian pemerintah setempat, dirinya tidak menampik pernah mendapat bantuan. “Pernah mendapat bantuan bibit dari Dinas Pertanian Bondowoso lewat kelompok tani,” akunya.

Dirinya berharap petani muda di Bondowoso lebih maju dan ramah lingkungan. “Dari petani kimia ke semi organik menuju go organik,” pungkasnya. (Ade Nurwahyudi/Ibnu Nawawi)

BNI Mobile