Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kader PMII Harus Siap Mengabdi untuk Indonesia

Kader PMII Harus Siap Mengabdi untuk Indonesia
Kegiatan Mapaba PMII Jombang, Jatim
Kegiatan Mapaba PMII Jombang, Jatim
Jombang, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Al-Lathif Komisariat Wahab Hasbullah menggelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) di kantor Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kegiatan ini mengangkat tema "Menjadikan anggota yang intelektual, agamis dan totalitas untuk menggapai tujuan PMII." Acara tersebut juga dihadiri jajaran pengurus Komisariat Wahab Hasbullah, alumni PMII, dan Pengurus Cabang PMII Jombang.

Ketua Rayon Al-Latif Haris menjelaskan, kegiatan ini diikuti sebanyak 35 peserta berasal dari beberapa jurusan di Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah Jombang.

"Harapan saya setelah Mapaba ini kita bisa introspeksi, masa lalu biarlah berlalu, dan mari kita refleksikan bersama arti sebuah organisasi dan arti sebuah pergerakan," jelasnya, Ahad (07/10).

Dikatakan, kader PMII harus siap mengabdikan dirinya untuk Nahdlatul Ulama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Mahasiswa yang sudah berani menginjakkan kaki di forum Mapaba, maka harus siap dituntut untuk berkhidmad kepada Nahdlotul Ulama, bangsa dan PMII," tambahnya.

Haris menambahkan, mahasiswa merupakan harapan bagi masyarakat umum. Kepulangan mahasiswa setelah kuliah diharapkan bisa menjadi muharrik (penggerak) perubahan dalam masyarakat. Oleh karenanya, mahasiswa perlu dilatih dalam organisasi perkaderan seperti PMII.

"PMII organisasi khusus mahasiswa dan tempat ditempanya calon pemimpin masa depan. Terbukti banyak senior PMII yang saat ini mengabdi di masyarakat, sebut saja Khofifah Indar Parawansa dan Imam Nahrawi," beber Haris. 

Ia berharap perkaderan di Rayon Al-Lathif terus berlanjut dan bisa melahirkan kader yang berilmu serta berkarakter. Oleh karenanya, ke depan ia akan giat melakukan kajian ilmiah dan diskusi. Diharapkan dengan begitu, kegiatan di Al-Lathif kembali bergairah lagi.

"Melihat semangat baru para peserta, saya rasa anggota baru PMII ini siap mengukir sejarah peradaban baru. Dan saya yakin satu atau dua tahun ke depan Rayon Al-Lathif akan maju asal kajian ilmiahnya dirawat, saya yakin," pungkasnya. (Syarif Abdurrahman/Muiz)
BNI Mobile