Seriusi Usaha Penggemukan Kambing, NU Pacarpeluk Jalin Kemitraan

Seriusi Usaha Penggemukan Kambing, NU Pacarpeluk Jalin Kemitraan
Ketua PRNU Pacarpeluk, Nine Adien Maulana
Ketua PRNU Pacarpeluk, Nine Adien Maulana
Jombang, NU Online
Setelah pendirian kandang pemeliharaan dan penggemukan kambing usai dilakukan Ahmad Nur Hidayat seorang yang akan mengembangkan usaha ini, Koperasi Usaha Bersama (KUBe) NU Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur sebagai perintis unit usaha menjalin kemitraan.

Kerja sama atau kemitraan dilakukan dengan salah seorang kader Ansor, Baihaqi asal Dusun Branjang, Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno Jombang dalam hal jejaring penyuplai pakan, bibit, dan pemasaran.

"KUBe NU Pacarpeluk makin serius menggarap unit usaha pemeliharaan dan penggemukan kambing. Pembangunan kandangnya kemarin telah selesai," kata Ketua PRNU Pacarpeluk Nine Adien Maulana, Selasa (27/11).

Dikatakan dia, ke depan dirinya memang harus seringkali bertukar informasi dengan sejumlah penyuplai, pembuat bibit juga dengan pihak pemasaran kambing. Dan Baihaqi, ujarnya, adalah seorang yang sudah berpengalaman dalam usaha tersebut.

"Di sana ada ratusan kambing yang dipeliharanya. Ia memperkejakan dua orang karyawan yang bertugas memelihara kandang dan ternaknya," ucapnya.

Dalam waktu dekat, ia merencanakan mendatangkan Baihaqi berkunjung ke unit usaha pemeliharaan dan penggemukan kambing KUBe NU Pacarpeluk guna bertukar informasi untuk mengembangkan usahanya. "Sebaiknya nanti kami akan mendatangkan yang bersangkutan di desa kami untuk berbagi pengalaman," tutur dia.

Pendirian unit-unit usaha yang dirintis KUBe NU Pacarpeluk menurutnya sebagai upaya untuk membangun kesejahteraan masyarakat sekitar. Hal ini merupakan salah satu misi pendirian KUBe NU Pacarpeluk. 

"Salah satu misi KUBe NU Pacarpeluk adalah bersama-sama meraih kesejahteraan. Oleh karena itu edukasi kepada masyarakat akan dilakukan melalui pelatihan-pelatihan dan usaha-usaha," pungkasnya. (Syamsul Arifin/Muiz)
BNI Mobile