IMG-LOGO
Pemberdayaan

Uji Coba, NU Pacarpeluk Pelihara Belasan Kambing


Ahad 2 Desember 2018 15:00 WIB
Bagikan:
Uji Coba, NU Pacarpeluk Pelihara Belasan Kambing
Usaha penggemukan kambing NU Jombang, Jatim
Jombang, NU Online 
Setelah pembuatan kandang pemeliharaan dan penggemukan kambing rampung, Koperasi Serba Usaha (KSU) Kelompok Usaha Bersama (KUBe) Ranting NU Pacarpeluk, Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur mendatangkan beberapa kambing. 

Setidaknya ada sebelas kambing yang saat ini dipelihara berasal dari salah seorang peternak kambing Kecamatan Mojowarno, Jombang Baihaqi.

"Ada sepuluh kambing jantan dan satu ekor betina yang sedang hamil dan diperkirakan seminggu lagi akan beranak," kata Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Jombang, Nine Adien Maulana, Ahad (2/12).

Menurut dia, Baihaqi telah belasan tahun menggeluti dunia ternak kambing. Pria yang juga guru olah raga di SMAN 2 Jombang ini memiliki ratusan kambing yang dipelihara dalam beberapa kandang di belakang rumahnya.

Unit usaha KSU KUBe NU Pacarpeluk dilakukan dengan model kemitraan dengan salah satu warga setempat, yaitu Ahmad Nur Hidayat. Warga ini dipercaya untuk mengembangkan usaha tersebut.

Untuk pemasarannya, ia akan memanfaatkan layanan hewan aqiqoh dan qurban. Selain itu juga bisa disinergikan dengan unit usaha kuliner. "Kita tidak boleh tergantung pada tengkulak dalam pemasaran. Kita bisa memasarkannya sendiri melalui layanan aqiqah dan qurban," terangnya.

Sementara untuk kebutuhan pakan ternaknya, koperasi ini juga sedang menyiapkan tanam rumput gajah dan odot di lahan yang disewanya. "Insyaallah pekan depan kita akan mulai menggarap lahan dan menanaminya,"  pungkasnya. (Syamsul Arifin/Muiz)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG