Kesehatan

Dapat Lancarkan Pencernaan, Ini Resep Mudah Buat Puding Santan Es Buah

Ahad, 16 April 2023 | 17:30 WIB

Dapat Lancarkan Pencernaan, Ini Resep Mudah Buat Puding Santan Es Buah

Ilustrasi puding santan es buah. (Foto: sasa.co.id)

Jakarta, NU Online
Puding santan mungkin sering Anda nikmati. Begitu juga dengan es buah. Nah, bagaimana jika kedua menu tersebut dinikmati dalam bentuk perpaduan yakni pudding santan es buah? Dijamin akan lebih istimewa.


Ya, menu ini bisa menjadi pilihan saat berbuka puasa maupun dihidangkan untuk sanak famili di momen Idul Fitri nanti. Bukan sekadar rasanya yang lezat, puding santan es buah juga istimewa sebab kandungan berbagai nutrisi di dalamnya.


Sejak lama, puding dikenal sebagai salah satu sajian penutup saat makan sesi makan utama. Umumnya, puding mempunyai rasa manis dengan tekstur lembut. Bahan baku puding biasanya adalah santan, susu, yogurt, daging buah kelapa, potongan buah, telur, dan bahan lainnya.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Bagaimana dengan manfaat puding? Berbagai penelitian mengungkapkan manfaat puding antara lain sebagai berikut:


1. Melancarkan Pencernaan
Puding juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk kelancaran dan kesehatan pencernaan. Konsumsi puding bisa membantu menjaga kebersihan usus, sehingga menurunkan risiko gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang ari besar.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


2. Menstabilkan Kadar Kolesterol
Puding yang mirip dengan agar-agar diyakini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh yang kering. Kadar kolesterol negatif akan bertahan lama dalam tubuh, sehingga dengan usaha menurunkannya akan mengurangi risiko sumbatan pada pembuluh darah yang bisa memicu gangguan kesehatan jantung dan stroke.


3. Menurunkan Risiko Osteoporosis
Karena terbuat dari susu yang kaya kandungan kalsium, puding dinilai baik untuk mencegah osteoporosis. Terbuat dari susu bisa jadi asupan yang baik untuk mendukung kesehatan tulang. Rutin mengkonsumsi puding yang terbuat dari susu bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh dan membantu mengurangi risiko osteoporosis.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


4. Menurunkan Risiko Gangguan Kesehatan Organ Kardiovaskular
Puding yang mengandung rumput laut bisa menjadi asupan yang dapat menurunkan kadar tekanan darah yang tinggi. Asupan rumput laut baik untuk pasien stroke yang harus menjaga kadar natrium atau garam dalam tubuh.


Kesehatan sistem jantung dan kardiovaskular bisa terjaga dengan mengonsumsi puding (yang terbuat dari bahan-bahan sehat) asalkan enggak berlebihan.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


5. Asupan kaya Antioksidan
Puding yang terbuat dari agar-agar yang mengandung rumput laut juga memiliki senyawa antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas. Puding yang terbuat dari agar-agar yang mengandung rumput laut, memiliki senyawa antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas. Kandungan antioksidan baik untuk menangkal efek dari paparan radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit serius.


6. Asupan Diet yang Sehat
Kandungan rumput laut pada puding juga bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu puding yang terbuat dari bahan-bahan yang kaya serat bisa mengenyangkan lebih lama sehingga seseorang bisa dalam waktu yang lama tidak makan berlebihan. Konsumsi puding bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh.
 

Nah, bagaimana dengan kanduang es buah? Tidak diragukan lagi, berbagai buah-buahan yang digunakan dalam es buah tentunya mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lain yang juga penting bagi tubuh.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Bahan-bahan tadi lebih lengkap lagi jika dicampur dengan Sasa Santan yang mengandung Omega 3. Pasalnya Omega 3 juga memiliki beragam manfaat yaitu menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan dan fungsi otak, memelihara kesehatan mata, menguatkan tulang dan sendi, menjaga kesehatan mental, mendukung tumbuh kembang janin, memperkuat daya tahan tubuh.


Semakin yakin ya untuk menyajikan puding santan es buah. Bagaimana cara membuatnya?


Bahan-bahan:
1/2 bungkus agar-Agar
3 sdm gula
strawberry, kiwi, jeruk secukupnya
65 ml Sasa Santan Cair Omega-3
3 sdm sirup Cocopandan
 

Cara membuat:

  1.  Masak agar bubuk, air, gula
  2. Masukkan buah buah yang sudah dipotong ke dalam cetakan lalu tuang larutan agar (layer 1)
  3. Masak Sasa Santan Cair Omega-3, agar bubuk, air, sirup cocopandan
  4. Setelah layer 1 set, tuang larutan cocopandan
  5. Masukkan ke dalam kulkas hingga set dan simpan beberapa jam
  6. Puding santan es buah siap disajikan.


Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori

ADVERTISEMENT BY ANYMIND