Kesehatan

Kenali Gejala Khas Cacar Monyet yang Beda dari Infeksi Kulit Biasa

Sab, 6 Agustus 2022 | 20:00 WIB

Kenali Gejala Khas Cacar Monyet yang Beda dari Infeksi Kulit Biasa

Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox. (Foto: Antara)

Jakarta, NU Online

Monkeypox atau cacar monyet tengah menjadi sorotan di berbagai negara. Badan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menetapkan cacar monyet sebagai keadaan darurat kesehatan global. 


Penyakit cacar monyet memiliki satu gejala yang khas seperti penyakit kulit. Dalam berbagai foto ilustrasi cacar monyet kerap digambarkan cukup menyeramkan dengan banyak bentol dan luka di sekujur tubuh. Pada kondisi ekstrem ini bisa terjadi demikian namun dalam kebanyakan kasus gejalanya beda tipis dengan infeksi kulit biasa. Lalu bagaimana cara membedakannya?

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Ketua Satuan Tugas (Satgas) Monkeypox PB IDI, dr Hanny Nilasari menerangkan sejumlah gejala cacar monyet yang dinilai bisa mirip dengan penyakit lain seperti infeksi bakteri (impetigo). Namun pada pasien cacar monyet muncul manifestasi kulit dibarengi demam dan limfadenopati atau pembengkakan kelenjar getah bening.


“Gejala paling khas pada cacar monyet adalah manifestasi kulit. Jadi kalau kita liat yang suspek, itu adanya kelainan kulit. Kemudian ditambah dengan misalnya sakit kepala, demam yang lebih dari 38 derajat Celsius, kemudian ada limfadenopati,” ujar dr Hanny dalam acara Media Grup Interview, Jumat (5/8/2022).

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Tiga hal itu, kata dia, harus jadi pembeda dari si virus lainnya. Sementara gejala nyeri otot, sakit kepala kemudian nyeri tenggorokan hampir sama dengan penyakit virus misalnya flu.


Lebih lanjut ia menerangkan bahwa kelainan kulit pada pasien mokeypox bisa berupa bintik-bintik pada bagian tubuh tertentu seperti telapak tangan dan telapak kaki. Bintik tersebut akan menjadi lenting dan bernanah. Namun kelainan ini oleh setiap pasien bisa dirasakan berbeda tergantung dengan daya tubuh masing-masing.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


“Pada orang-orang yang daya tahan tubuh baik umumnya tidak terlalu berat tetapi pada saat orang tersebut punya daya tahan tubuh berat dapat terjadi komplikasi,” terang dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin itu.


Apa itu cacar monyet?

Dikutip dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), cacar monyet adalah penyakit langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet adalah bagian dari keluarga virus yang sama dengan virus variola, virus yang menyebabkan cacar.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Gejala cacar monyet mirip dengan gejala cacar biasa namun lebih ringan, serta jarang ditemukan kasus cacar monyet yang berakibat fatal. Selain itu, penyakit ini tidak berhubungan dengan cacar air.


Kontributor: Suci Amaliyah

Editor: Fathoni Ahmad

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

ADVERTISEMENT BY ANYMIND