Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

5  Rekomendasi Pesantren saat Kuliah di Bandarlampung

5  Rekomendasi Pesantren saat Kuliah di Bandarlampung
5  Rekomendasi Pesantren Saat Kuliah di Bandarlampung. (Foto: Istimewa)
5  Rekomendasi Pesantren Saat Kuliah di Bandarlampung. (Foto: Istimewa)

Bandarlampung, NU Online
Bandarlampung merupakan kota favorit bagi para pelajar untuk meneruskan pendidikan perguruan tinggi di Lampung. Banyak perguruan tinggi negeri dan swasta favorit di Kota Tapis Berseri ini. Maka tak heran banyak sekali ditemui tempat kos di sekitar kampus untuk tempat tinggal para mahasiswa.

 

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, perlu kewaspadaan tinggi bagi para orang tua untuk terus memantau perkembangan putra dan putrinya di kos-kosan dari dampak pergaulan negatif. Maka tak heran mulai banyak orang tua yang lebih memilih pesantren sebagai tempat tinggal anaknya saat kuliah di perguruan tinggi.

 

Di samping mendapatkan pemantauan dari pengasuh dan pengurus pesantren, mereka juga bisa terjamin pendidikan agamanya. Penting untuk terus memperkuat para generasi muda khususnya para mahasiswa dengan nilai-nilai agama di daerah perkotaan.

 

Namun, jangan salah pilih pesantren di kota besar. Ada baiknya para orang tua selektif menitipkan putra-putrinya yang sedang kuliah dengan melihat kredibilitas dan kualitas pesantren. Orang tua harus melihat siapa pengasuhnya? dari siapa sanad atau silsilah keilmuannya? Bagaimana kurikulumnya? dan kemana afiliasi dari pesantren tersebut.

 

Berikut 5 pesantren yang berada di Bandarlampung yang layak untuk menjadi pilihan ngaji sambil kuliah yang dihimpun oleh NU Online dari berbagai sumber. Selain fasilitas memadai, pesantren ini memiliki kualitas terjamin dan moderat dalam paham keagamaan.

 

1. Pesantren Al Hikmah
Pesantren Al-Hikmah terletak di Jl. Sultan Agung Gang Raden Saleh Raya No. 23, Kedaton, Bandar Lampung, Lampung. Pesantren Al-Hikmah didirikan pada 1989 oleh Almarhum KH Muhammad Sobari yang sudah wafat pada tahun 2018. Kini, Pesantren Al-Hikmah diasuh oleh KH Basyaruddin Maisir yang merupakan alumni Pesantren Lirboyo Jawa Timur.

 

Pesantren yang berada dinaungan Yayasan Pesantren Al-Hikmah ini memiliki pendidikan non formal, yaitu Madrasah Diniyah (Madin) Mambaul Hikmah yang berdiri pada tahun 1999. Adapun kelas Madin yang dimiliki meliputi tingkat awaliyah wustho, tahfiz Al-Qur’an, dan memiliki taman pendidikan Alqur’an (TPA).

 

Kini pesantren asuhan Katib Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama ini juga telah mendirikan dan mengelola pendidikan formal yakni Raudhatul Atfhal (RA) Al-Hikmah, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hikmah, dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Hikmah.

 

Pesantren ini telah memiliki fasilitas lengkap untuk penyelenggaraan pendidikan dan pendukung aktivitas santri seperti perpustakaan, laboratorium bahasa dan komputer, mini market, lapangan, klinik, ruang belajar dan kamar tidur santri yang representatif.

 

Lokasi pesantren ini tidak terlalu jauh dari perguruan tinggi favorit di Lampung seperti UIN Raden Intan, Universitas Lampung, dan Universitas Bandarlampung.

 

2. Pesantren Madarijul Ulum
Pondok Pesantren Madarijul Ulum Bandar Lampung beralamatkan di Jalan Wan Abdul Rahman, Gang Simpang Makmur Nomor 1, Kampung Cibiah, Batu Putu, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampung. Pesantren ini diasuh oleh KH Ihya Ulumuddin yang merupakan Wakil Rais Syuriyah PWNU Lampung.

 

Ada yang spesial dari Pesantren Madarijul Ulum ini, pesantren ini adalah satu-satunya pesantren di Lampung yang diberikan kewenangan oleh negara untuk mendirikan Ma’had Aly atau pendidikan setara universitas dengan gelar Sarjana Agama (S.Ag). Dengan kekhususan ilmu fiqih dan ushul fiqih, diharapkan tahun depan sudah ada yang selesai dari Ma’had Aly tersebut.

 

Pesantren ini juga menyelenggarakan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) diselenggarakan dalam bentuk satuan pendidikan ula (dasar), wustha (menengah), dan ulya (atas). Bentuk ula diselenggarakan paling singkat dalam waktu enam tahun, wustha tiga tahun, dan ulya tiga tahun.

 

Sedangkan kurikulum PDF, terdiri atas kurikulum pesantren dan kurikulum pendidikan umum. Kerangka dasar dan struktur kurikulumnya disusun dengan basis kitab kuning oleh Majelis Masyayikh, dan ditetapkan oleh Menteri Agama.

 

Pesantren ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari asrama, kampus hingga masjid yang berada di dalam komplek pesantren.

 

3. Pondok Pesantren Nasihuddin
Pesantren Nasihuddin berlokasi di Jl. Sejahtera Gg. Pesantren Kelurahan Sumber Rejo, Sejahtera, Kemiling Bandar Lampung. Pesantren ini diasuh oleh Kiai Habibul Muttaqin yang pernah menjadi  Sekretaris PCNU Kota Bandarlampung.

 

Di pesantren ini banyak anak yatim piatu yang diasuh oleh pihak pesantren dengan pendidikan agama dan formal. Saat ini Pesantren Nasihuddin memiliki jenjang pendidikan formal yakni SMP Islam dan SMK Nasihuddin. Fasilitas yang dimiliki cukup lengkap mulai dari asrama, lokal belajar, dan mushala.

 

Setiap tahunnya, Pesantren Nasihuddin menerima santri dan siswa baru untuk Madrasah DIniyah, SMP dan SMK Nasihuddin, dan LKSA/Panti Mahmudah. Pesantren ini juga memiliki berbagai program beasiswa bagi para santrinya. Di antara program pesantren meliputi pendidikan pelajaran fikih, nahwu, adab, dan keterampilan lainnya.

 

4. Pondok Pesantren An-Noor
Pesantren ini berlokasi di Jl. Pandawa Raya, No. 43, Lk 1, Rt 1, Kelurahan Korpri Jaya, Sukarame, Bandar Lampung. Kampus ini sangat dekat lokasinya dengan Kampus Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Pengasuhnya pun merupakan Dosen di kampus tersebut yakni Prof. Ruslan Abdul Ghafur yang juga merupakan Wakil Katib Syuriyah PWNU Lampung.

 

Pesantren ini khusus diperuntukkan bagi santri putri dengan berbagai pendidikan non-formal seperti TPQ, Madrasah Diniyah (MD), dan majelis taklim. Pesantren An-Noor juga memiliki kegiatan ekstra kurikuler seperti Tahfidzul Qur'an, Kajian kitab kuning, English Club, Arabic Club, Seni Musik Islami (Seni Hadroh), Beladiri, dan Kaligrafi.

 

Fasilitas pesantren yang didirikan pada 1986 oleh Almarhum Prof. Dr. KH. S. Noor Chozin Sufri ini sangat lengkap seperti masjid, asrama, koperasi, kantor, perpustakaan dan fasilitas lain yang membantu kelancaran santri dalam belajar dan beraktivitas.

 

5. Pesantren Bustanul Falah
Pesantren ini berlokasi di Darabirra Lampung, Palapa, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung. Pesantren ini diasuh oleh KH Izzudin Abdusalam yang merupakan Rais Syuriyah PCNU Kota Bandarlampung. Pesantren ini memiliki banyak fasilitas dan kegiatan belajar mengajar perpaduan anatara kurikulum formal dan agama. Fasilitas seperti ruang kelas yang nyaman, asrama yang nyaman, laboratorium praktikum, perpustakaan, lapangan olahraga, kantin, masjid dan lainnya.

 

Pondok Pesantren Bustanul Falah berdiri pada 2004 dan menerapkan metode pengajaran klasikal dengan model salaf seperti duduk lesehan atau tanpa bangku. Beberapa kitab yang diajarkan di pesantren ini mulai dari ilmu fiqih, nahwu, tauhid, dan berbagai kitab kuning karya para ulama. Ratusan santri sudah menetap di pesantren ini.

 

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×