Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Begini Langkah Strategis Gugus Tugas NU Peduli Covid-19 Pringsewu

Begini Langkah Strategis Gugus Tugas NU Peduli Covid-19 Pringsewu
Aksi penyemprotan tempat umum menggunakan disinfektan oleh NU Peduli Covid-19 PCNU Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Aksi penyemprotan tempat umum menggunakan disinfektan oleh NU Peduli Covid-19 PCNU Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Pringsewu, NU Online
Menghadapi pandemi global Covid-19, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan instruksi untuk kepengurusan NU di semua tingkatan untuk membentuk Gugus Tugas NU Peduli Covid-19. Instruksi PBNU dengan No: 3953/C.I.034.04.3030 tertanggal 3 April 2020 ini langsung dilaksanakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung.
 
Sesaat setelah resmi dibentuk, Gugus Tugas (Gugas) ini melakukan koordinasi dan menyusun langkah-langkah strategis untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang penyebarannya sangat cepat ini.
 
"Sebenarnya sebelum terbentuknya Gugus Tugas ini, NU Pringsewu sudah melakukan aksi penanganan Covid-19 yang digawangi oleh LAZISNU dan Banser Pringsewu. Jadi dengan adanya Gugus Tugas ini akan lebih terprogram dengan melibatkan semua elemen di NU Pringsewu," Kata Ketua Gugas, H Marsudi sesaat setelah Rakor Gugas di Pesantren Yasmida Ambarawa, Ahad (5/4).
 
Ndan Marsudi, panggilan karibnya, menjelaskan bahwa kelanjutan langkah dari Gugas ini adalah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 tingkat Kabupaten Pringsewu. Selain itu juga akan memaksimalkan peran struktur NU, lembaga, dan badan otonom NU sampai tingkat ranting.
 
Gugas juga akan melakukan program edukatif bagi masyarakat yang diharapkan mampu membekali mereka untuk pencegahan secara mandiri. Di antaranya melalui sosialisasi dan penyuluhan warga tentang bagaimana membuat disinfektan, hand sanitizer, dan hal-hal lain yang perlu diantisipasi dari Covid-19.
 
"Tim juga akan membuat alur dan media komunikasi sampai dengan tingkat ranting, mendata jumlah ODP ataupun PDP di Pringsewu," jelasnya.
 
Di tengah keterbatasan gerak masyarakat akibat kebijakan pemerintah untuk tinggal di rumah saja dengan physical distancing, maka kondisi ekonomi masyarakat pun sedikit banyak akan terpengaruh. Menyikapi kondisi ini Gugas akan melakukan pendataan masyarakat dengan ekonomi lemah yang akan mendapat prioritas bantuan logistik berupa sembako, jika ke depan memang terjadi lock down.
 
Sementara Manajer Eksekutif LAZISNU Pringsewu Kabul Muliarto yang juga Bendahara Gugas mengatakan bahwa LAZISNU sudah mengambil kebijakan untuk menfokuskan anggaran yang ada untuk penanganan Covid-19. Donasi yang masuk ke LAZISNU juga akan diarahkan untuk membantu Gugas dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.
 
"Kita berharap segala upaya yang dilakukan Gugus Tugas NU Peduli Covid-19 Kabupaten Pringsewu akan mampu berhasil dengan baik sehingga Covid-19 tidak mewabah di Pringsewu," tandasnya.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×