Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

IPNU Kalbar Gabung Satgas NU Peduli Pantau Kepulangan Santri

IPNU Kalbar Gabung Satgas NU Peduli Pantau Kepulangan Santri
Relawan IPNU bergabung dengan Satgas NU Peduli Covid-19 Kalimantan Barat. (Foto: NU Online/Siti Maulida)
Relawan IPNU bergabung dengan Satgas NU Peduli Covid-19 Kalimantan Barat. (Foto: NU Online/Siti Maulida)
Pontianak, NU Online
Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kalimantan Barat (Kalbar) ikut berpartisipasi dalam menyukseskan gerakan mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Selama sepekan lebih, telah turut dalam aksi peduli bersama Satuan Petugas Nahdlatul Ulama (Satgas NU) Kalbar. 
 
Sesuai standar operasional prosedur, IPNU juga mengambil peran dengan melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi seperti komplek perumahan, fasilitas umum dan pondok pesantren yang ada Pontianak, Kubu Raya dan Mempawah. Termasuk yang terbaru adalah memantau kepulangan santri asal Kalbar. 
 
Rahmat selaku Gubernur Pelajar IPNU Kalbar, juga turut andil turun berpartisipasi dalam menjadi bagian dari relawan Satgas NU Peduli dibantu kader kader dari Kubu Raya dan Kota Pontianak. 
 
“Saya mengimbau rekan-rekanita untuk berkoordinasi dengan Ketua Pimpinan Cabang IPNU terdekat untuk merekomondasikan kader dan kontribusinya membantu Satgas NU Kalbar serta menyambut kepulangan santri yang baru datang dari pondok pesantrennya masing-masing,” katanya, Ahad (5/4).
 
Dalam pandangannya, kegiatan mulia ini sebagai wujud dari pengabdian untuk menjadi bagian relawan kemanusiaan demi membantu para santri yang notabennya dari pesantren Nahdlatul Ulama. 
 
“Sehingga IPNU mengambil peran, yang siap turun ikut aksi peduli cegah Covid-19 untuk mencegah penyebaran dan penularan virus,” urainya. 
 
Untuk bisa berperan aktif dan mendukung segala ikhtiar yang dilakukan, relawan dan santri hendaknya steril dan menjaga jarak agar terhindar dari virus. 
 
“Dan khusus relawan juga wajib hukumnya menjaga staminanya tetap fit dan menjaga kesehatan sebelum menolong orang lain,” terangnya.
 
Ulil Abshor selaku Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kubu Raya merekomendasikan kadernya yang siap turun demi berkontribusi nyata terhadap penanganan penyebaran virus Korona ini. Dirinya dan beberapa kader IPNU lainnya berbaur berbagi tugas, dan bekerja sama mengikuti arahan koordinator lapangan satuan petugas NU Kalbar.
 
"Harapnya, jangan lupa menjaga kebugaran tubuh sendiri dengan imun yang stabil dan lebih sehat, sehingga mempermudah jalannya pengawalan santri yang baru pulang dari pesantren di Jawa. Baik yang naik kapal dan pesawat kita belum pasti mereka berinteraksi dengan siapa," tutur Ulil Abshor.
 
Dirinya menyampaikan terima kasih kepada rekan yang juga turut andil dari hari pertama hingga saat ini serta masih bertahan. 
 
“Semoga ini menjadi amal ibadah kelak yang kita bawa dan tetap semangat juga waspada. Stay at home bagi kader yang masih khawatir dan agar tetap memberikan dukungan dan doa kepada kami," tutupnya.
 
 
Kontributor: Mazhery/Siti Maulida
Editor: Ibnu Nawawi
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×