Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Geliat IPNU-IPPNU di Batu Setelah 20 Tahun Vakum

Geliat IPNU-IPPNU di Batu Setelah 20 Tahun Vakum
PR IPNU-IPPNU Punten, Bumiaji, Batu, Jatim akhirnya terbentuk kembali. (Foto: NU Online/Bellgis Avrianzah) 
PR IPNU-IPPNU Punten, Bumiaji, Batu, Jatim akhirnya terbentuk kembali. (Foto: NU Online/Bellgis Avrianzah) 
Batu, NU Online
Sejumlah pelajar kerap dan bahkan menjadikan kegiatan keagamaan sebagai hal tidak terpisahkan dalam keseharian. Di hari tertentu dalam sepekan mereka berkumpul dan bergabung dalam kegiatan yang memang ajeg dilaksanakan. Sayangnya, mereka berlum terhimpun dalam organisasi Nu dan badan otonom lainnya.
 
Kesadaran ini pula yang mengemuka dari sejumlah pelajar Nahdlatul Ulama di kawasan Punten, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.
 
Berawal dari perkumpulan shalawat, sejumlah anak muda terpelajar ini akhirnya sepekat membentuk Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan  Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Punten. 
 
Terbentuknya kepengurusan ternyata menjadi harapan dan kebahagiaan tersendiri bagi warga NU Kota Batu. Hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran puluhan orang yang begitu antusias membaca shalawat diba bersama mengawali acara sosialisasi keberadaan IPNU dan IPPNU pada Jumat (27/9). 
 
Kegiatan yang berlangsung di masjid dr. Oesman Adnar tersebut juga dihadiri perwakilan dari Pimpinan Cabang IPNU dan IPPNU Kota Batu.
 
Nur Afifudin selaku Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Batu mengemukakan bahwa sebagian warga di Desa Punten, Bumiaji adalah pelajar, baik yang masih berstatus sebagai pelajar di tingkatan sekolah pertama maupun atas. Karenanya, perlu ada pendampingan khusus dan mereka dapat diarahkan kepada hal yang lebih baik.
 
"Rata-rata anggota masih pelajar. Sehingga masih malu-malu. Apalagi kita sosialisasi ke sini dan baru bertemu hari ini. Saya pun juga agak canggung," ujarnya bercanda. 
 
Menurut salah satu peserta, PR IPNU-IPPNU Punten ini baru terbentuk lagi setelah 20 tahun vakum. "Biasanya beberapa dari kami juga ada kegiatan rutinan, shalawatan di masjid ini yang hanya diikuti tiga orang. Ya baru-baru saja terkumpul beberapa orang ini setelah 20 tahun,” kata Slamet.
 
Dirinya yang juga sebagai anggota baru berkeyakinan ke depan akan semakin banyak yang bergabung di IPNU dan IPPNU," tuturnya. 
 
Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Kota Batu, Leady Kholifatur Rohmah yang menyempatkian hadir mengatur formasi foto di depan tempat imam shalat. 
"Karena background-nya bagus, kita foto di sini. Ukirannya bagus untuk latar belakang. Jangan malu-malu karena semua saudara," tandasnya. 
 
 
Kontributor: Bellgis Avrianzah
Editor: Ibnu Nawawi
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×