Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Guru Besar Unwahas: Corona Dapat Ciptakan Gagasan Besar Kelola Negara

Guru Besar Unwahas: Corona Dapat Ciptakan Gagasan Besar Kelola Negara
Pemberian bantuan sembako Unwahas untuk warga sekitar kampus. (Foto: Imam Syafaat)
Pemberian bantuan sembako Unwahas untuk warga sekitar kampus. (Foto: Imam Syafaat)
Semarang, NU Online
Wabah virus corona bukan hanya berdampak pada masalah kesehatan, namun berimbas juga di berbagai bidang. Dampak wabah corona ini bisa dirasakan mulai dari bidang pendidikan, sosial, serta ekonomi. Dari sisi ekonomi, misalnya, banyak warga masyarakat yang mengalami berkurang atau bahkan ketiadaan penghasilan.
 
Guru Besar Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Semarang, Jawa Tengah, Noor Achmad menegaskan bahwa kekuatan yang hampir lumpuh karena corona ini, dapat digunakan untuk menciptakan gagasan besar bagaimana mengelola negara dan manusia.
 
"Pengelolaan yang terukur akan mempercepat berakhirnya pandemi ini," tegas Guru Besar yang Sekretaris Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.
 
Corona yang mempunyai ukuran sangat kecil serta tidak kasat mata, namun berkekuatan sangat luar biasa karena dapat melumpuhkan bukan hanya orang, masyarakat, bahkan sampai negara. Wabah Corona secara global sedang berlangsung saat ini di seluruh dunia.
 
"Semakin tidak nampak, semakin mempunyai kekuatan yang luar biasa, itulah virus corona yang kita hadapi sekarang ini," tutur Mahmutarom, Rektor Unwahas.
 
Menurut dia,  jika dahulu kekuatan disimbolkan dengan bentuk fisik yang gagah, pasukan yang hebat dan andal, sekarang hal itu tidak lagi. Ada batas-batas logika untuk memahami fenomena alam kehendak dari Allah.
 
"Apapun jika Tuhan berkehendak maka hal tersebut  pasti akan terjadi lewat jalur apa pun," terang guru besar bidang pidana ini sambil mengutip sebuah ayat Al-Quran.
 
Unwahas sendiri, menyikapi dampak ini dengan bijak. Perkuliahan yang semula tatap muka di kelas telah digantikan dengan kuliah online atau daring. Untuk membatasi penyebaran pandemi Covid-19 ini, social and physical distancing juga dilakukan di kampus.
 
Sebagai bentuk kepedulian, Unwahas menggelar kegiatan yang bertajuk Unwahas Peduli Dampak Corona. Sebanyak 200 paket sembako dan 200 paket buka puasa telah dibagikan kepada warga di sekitar Kampus Unwahas Sampangan, pada Kamis (30/4). Direncanakan kegiatan lanjutan akan digelar di Kampus Unwahas Gunungpati.
 
Kontributor: Imam Syafaat
Editor: Kendi Setiawan


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×