Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Isi Ramadhan, IPNU-IPPNU Sumenep Gelar Lomba Vlog Shalawat

Isi Ramadhan, IPNU-IPPNU Sumenep Gelar Lomba Vlog Shalawat
Lomba vlog oleh PC IPNU-IPPNU Sumenep yang dapat diikuti seluruh pelajar di Tanah Air.. (Foto: NU Online/Firdausi)
Lomba vlog oleh PC IPNU-IPPNU Sumenep yang dapat diikuti seluruh pelajar di Tanah Air.. (Foto: NU Online/Firdausi)
Sumenep, NU Online 
Tak terasa sudah 4 bulan masyarakat banyak beraktivitas di rumah. Hal ini memang anjuran pemerintah agar warga melakukan physical distancing atau menjaga jarak demi memutus mata rantai Covid-19.
 
Mungkin sebagian pelajar atau aktivis muda NU merasa bosan dengan situasi ini. Karenanya, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sumenep mengajak anak muda mengisi waktu luang dengan menggelar lomba vlog shalawat online. Tema yang dipilih adalah ‘Milenial Tangguh dan Berhati Teduh.’
 
Zainullah selaku Ketua PC IPNU Sumenep menjelaskan bahwa kegiatan untuk meramaikan bulan suci Ramadhan yang saat ini harus dijalankan di tengah pandemi Covid-19.
 
"Program ini sengaja kami rancang sebagai kampanye Ramadhan produktif di tengah pandemi Covid-19 dengan tidak melanggar protokol kesehatan," ujarnya.
 
Dalam pandangannya, PC IPNU-IPPNU Sumenep memberi dukungan kepada seluruh pelajar yang ada di beberapa kota agar tetap produktif selama di rumah dalam berkarya dan berkarsa.
 
"Setelah ditentukan pemenangnya, semoga kreativitas pelajar di Indonesia diberikan wadah khusus untuk mengembangkan bakatnya," harapnya.
 
Sedangkan Ketua PC IPPNU Sumenep, Syarifatun Jamilah menegaskan bahwa kegiatan diselenggarakan atas inisiatif pengurus harian. Karena tidak bisa mengadakan kegiatan yang mengumpulkan massa.
 
"Jadi, kita buat kegiatan seperti ini guna mempererat ukhuwah dan mencari bakat-bakat yang tersembunyi pada setiap pelajar," katanya..
 
Dirinya menjelaskan bahwa di era digital ini pelajar harus bisa memanfaatkan media sosial dengan baik apalagi saat ini era sociaty. Maksudnya, di Medsos para pelajar dituntut untuk menebar kebaikan selama bulan puasa.
 
"Kenapa harus shalawat yang dilombakan? Karena saat ini momentum puasa atau bulan yang penuh ampunan," jelasnya.
 
Dirinya menegaskan, tidak ada alasan bagi para pelajar NU tidak bisa berkegiatan dan berpikir kreatif saat pandemi belum berakhir.
 
"Manfaatkanlah momen ini di rumah untuk terus berinovasi. Jika demikian, maka rekan-rekanita memberikan pembaharuan pada tubuh badan otonom atau Banom ini," jelasnya.
 
Lomba ini terbuka untuk siapa saja tidak semata bagi kader IPNU-IPPNU di Sumenep, juga dapat diikuti semua kalangan dari beberepa wilayah di Tanah Air. Asalkan bedrstatus sebagai pelajar dan mahasiswa.
 
"Siapa pun boleh ikut, namun harus mengikuti ketentuan yang sudah berlaku,” kata Wildan yang didaulat sebagai panitia.
 
Dirinya menjelaskan bahwa pendaftaran ditutup besok malam. Dan hingga kini sudah 150 peserta mulai tingkat SD hingga dewasa.
 
"Peserta tidak hanya dari pulau Jawa, ada juga yang dari Bali, Sulawesi, dan Sumatra," jelasnya. Hal terpenting dalam lomba ini adalah menjaga kesopanan dan keorisinilan karya, lanjutnya.
 
Sedangkan Khairunnisa' panitia lain mengutarakan pada para calon peserta bahwa ia akan melibatkan juri yang berpengalaman di bidang IT dan Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia atau Lesbumi Sumenep.
 
"Kami sengaja bekerja sama dengan pengurus PC Lesbumi NU Sumenep untuk membantu dalam penilaian, termasuk alumni yang benar-benar mumpuni," pungkasnya.
 
Bagi yang berkenan mengikuti lomba ini bisa menghubungi Wilda di 082337844495 atau Khairtunnisa' dengan gawai 082308646388. 
 
Kontributor: Firdausi
Editor: Ibnu Nawawi
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×