Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Jaga Kepercayaan, NU Care-LAZISNU Jatim Terbitkan Majalah Sabila

Jaga Kepercayaan, NU Care-LAZISNU Jatim Terbitkan Majalah Sabila
Majalah 'Sabila" PW NU Care-LAZISNU Jatim tersedia dalam edisi cetak dan versi eloektronik. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)
Majalah 'Sabila" PW NU Care-LAZISNU Jatim tersedia dalam edisi cetak dan versi eloektronik. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)
Surabaya, NU Online
Aneka kegiatan dan program diluncurkan oleh Pengurus Wilayah (PW) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur. Baik yang berlangsung pada masa mewabahnya virus Corona dan Ramadhan, maupun yang telah ajeg digelar sebelumnya hingga kini. 
 
 
Sebagai sarana menjembatani kepercayaan sejumlah donatur dan tokoh, maka NU Care-LAZISNU Jatim menerbitkan media cetak dengan nama ‘Sabila’. 
 
“Sabila adalah akronim dari Sahabat Peduli LAZISNU,” kata A Afif Amrullah, Rabu (13/5). 
 
Ketua PW NU Care-LAZISNU Jatim ini menjelaskan bahwa khusus selama Ramadhan, Sabila dicetak sebanyak seribu eksemplar yang dibagikan kepada para donatur maupun tokoh masyarakat.
 
“Keberadaan majalah cetak sebagai laporan sekaligus ajakan untuk berzakat atau bersedekah,” jelasnya.
 
Disampaikan Afif bahwa selama ini, kepercayaan donatur dan beberapa tokoh masyarakat sangat membanggakan. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya donasi yang dikirim lewat cara transfer maupun barang.
 
Dosen Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya tersebut menyebutkan sebelum Ramadhan telah banyak menerima kepercayaan warga. Yakni ketika awal-awal virus Corona merebak dan menghantam perekonomian masyarakat, khususnya kalangan bawah.
 
“Ada paket sembilan bahan pokok atau Sembako yang kami berikan kepada warga terdampak Corona ini,” ungkapnya. Hal tersebut jauh sebelum kedatangan bulan Ramadhan yang biasanya juga membagikan paket Sembako, lanjutnya.
 
Demikian pula ada Alat Pelindung Diri atau APD dari mulai masker atau kain penutup mulut, maupun pakaian khusus yang dikenakan tenaga medis. Bahkan untuk kalangan medis, NU Care-LAZISNU tidak hanya membagikan kepada rumah sakit rujukan bagi penanganan pasien Covid-19, juga beberapa rumah sakit penyangga.
 
Terkait penanganan warga terdampak Corona, sudah diluncurkan Gerakan Sejuta Sembako Rakyat.yang langsung dilakukan oleh Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar pada pertengahan April.
 
Gerakan ini untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat dan stabilitas nasional. Karena, sembako merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus tercukupi.
 
"Sembako adalah kebutuhan dasar setiap orang. Kalau tidak tercukupi nanti bisa mengarah pada gangguan stabilitas nasional. Makanya NU se-Jawa Timur ingin berkontribusi membantu masyarakat yang kesulitan di tengah wabah Covid-19 ini melalui program Sejuta Sembako Rakyat,” kata KH Marzuki Mustamar kala itu.
 
Selama Ramadhan, NU Care-LAZISNU Jatim  juga meluncurkan Ramadhan Gembira dengan aneka program. Yaitu berbagi buka puasa untuk yatim-dluafa, santunan Ramadhan gembira yatin-dhuafa, sembako Ramadhan guru ngaji-dhuafa, bingkisan lebaran untuk yatim, guru ngaji dan dhuafa, serta jariyah al-Qur’an.
 
Bagi warga yang ingin membaca majalah versi elektronik dapat melalui www.s.id/majalahsabila atau hubungi 0896-3009-2626.
 
Sedangkan bagi yang berkenan menyumbang atau menjadi donatur bisa melakukan lewat transfer ke: Rekening BRI Syariah dengan rincian, untuk zakat 1010-999-97, dan shadaqah 1010-999-99 atas nama PW LAZISNU Jatim.
 
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×