Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

LAZISNU Pringsewu Targetkan Kelola ZIS Tiga Miliar per Bulan

LAZISNU Pringsewu Targetkan Kelola ZIS Tiga Miliar per Bulan
Muskercab PCNU Pringsewu, Lampung (Foto: Istimewa)
Muskercab PCNU Pringsewu, Lampung (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung menargetkan pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) per bulannya mencapai angka 3 miliar. Target ini merupakan sasaran jangka panjang program LAZISNU untuk lima tahun ke depan.


Hal ini diungkapkan Manajer Eksekutif LAZISNU Pringsewu, M Kabul Muliarto saat menyampaikan laporan dan evaluasi kinerja pada Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) Kedua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu yang diselenggarakan di Aula Gedung NU Pringsewu, Ahad (5/6/2022).


“Target ini sudah menjadi kesepakatan para pengurus LAZISNU dan merupakan hasil dari Rapat Kerja Cabang (Rakercab) LAZISNU Pringsewu di Hotel Urban beberapa waktu lalu,” ungkapnya.


Angka ini menurutnya tidak begitu saja ditargetkan oleh LAZISNU Pringsewu. Capaian angka tiga miliar ini disepakati berdasarkan kinerja dan hasil maksimalisasi pengelolaan ZIS oleh LAZISNU yang sudah berjalan selama ini. Selama ini berbagai sumber ZIS terus dimaksimalkan dan sudah terlihat hasilnya.


Hal itu bisa terlihat dari program jangka pendek di antaranya seperti maksimalisasi penghimpunan koin NU, kotak warung, Nutrizsi, Nutura di seluruh penjuru Pringsewu. Pihaknya juga terus memaksimalkan potensi lainnya yang di antaranya saat ini sedang menjalin kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Ma’arif dan RMI NU (Asosiasi Pesantren NU) untuk gerakan infak siswa dan santri yang di kelola sebagai dana kemandirian.


“Kita juga memperbanyak QRIS di lokasi strategis, diawali dari Urban Hotel yang akan mempermudah bagi siapapun yang ingin berinfak tanpa terkendala jarak dan waktu,” jelasnya.


Pihaknya juga terus menggandeng berbagai lembaga yang memiliki peran strategis untuk menyalurkan program filantropinya melalui LAZISNU Pringsewu. Untuk mewujudkannya, pihaknya telah membentuk divisi yang disesuaikan dengan kebutuhan berjalannya program agar dapat maksimal dan tepat sasaran serta profesional dalam manajemen.


“ZIS yang kita terima dikelola dan disalurkan sesuai dengan peruntukannya yang manfaatnya kembali kepada masyarakat melalui berbagai program di bidang sosial, kesehatan, agama, pendidikan dan sejenisnya,” jelasnya.


Di antara program yang mampu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat menurut kabul adalah program Jalin Kesehatan NU jalin kesehatan berobat gratis, persalinan, meninggal dunia, guru ngaji, santunan yatim piatu, Jumat berkah, beasiswa pendidikan, kambing berkah, ekonomi produktif, dan peduli bencana.


Berbagai bantuan lain juga diberikan di antaranya bantuan untuk renovasi masjid, mushala, pesantren, Ambulans Siaga, bedah rumah, Al-Qur’an Center, pengadaan ambulans, rintisan pendirian klinik, sunatan massal, bank darah, dan bantuan sosial lainnya.


Ia menambahkan bahwa tiap bulannya, LAZISNU Pringsewu juga berhasil mendapatkan ratusan juta rupiah koin NU untuk kepentingan masyarakat. Hal ini juga yang menjadikan LAZISNU Pringsewu terpilih menjadi LAZ terbaik di Provinsi Lampung yang diberikan oleh Bank Indonesia.


Kabul menambahkan, bagi masyarkat luas yang ingin berzakat dan berdonasi ke NU Care-LAZISNU Pringsewu bisa menyalurkannya melalui rekening atas nama LAZISNU Pringsewu berikut ini: Zakat 035801016988536 (BRI) atau 7921715860 (BSI), Infak 035801016989532 (BRI) 7917203800 (BSI) 9010400001 (BMT NU Pringsewu) 7459559010400001 (VA Muamalat). Hotline: 085269607010.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×