Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Lima Kampus di Jombang Sediakan Beasiswa melalui IPNU-IPPNU

Lima Kampus di Jombang Sediakan Beasiswa melalui IPNU-IPPNU
Beasiswa untuk Pelajar NU
Beasiswa untuk Pelajar NU

Jombang, NU Online
Untuk membantu masyarakat yang terkendala masalah biaya pendidikan di perguruan tinggi, Lima kampus di Jombang memberikan beasiswa kepada masyarakat setempat dan luar daerah. Beasiswa tersebut adalah hasil kerja sama Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Jombang dengan lima kampus di Kota Santri ini.


"Lima kampus itu yakni Universitas Abdul Wahab Chasbullah (Unwaha), Universitas Darul Ulum (Undar), Institut Agama Islam Bani Fattah (Iaibafa), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bahrul Ulum (BU), dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI At-Tahdzib)," kata Muhammad Subhan, Kamis (20/8).


Ketua PC IPNU itu mengemukakan, beasiswa kelima kampus itu sudah dibuka sejak beberapa bulan terakhir. Calon mahasiswa yang hendak mengambil beasiswa bisa langsung mendatangi kantor PC IPNU-IPPNU di Jalan Gatot Subroto No.04, Jelakombo, Kecamatan/Kabupaten Jombang dengan membawa berkas yang sudah ditentukan.


"Adapun berkasnya meliputi surat pernyataan, mengisi formulir, daftar riwayat hidup, foto 3x4 (2 lembar background biru), surat keterangan sekolah/ijazah/SKL, surat rekomendasi PAC, fotokopi KK, dan fotokopi kartu identitas," jelasnya.


Ia berharap, pemuda di Jombang khususnya untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan baik ini. "Kita ingin ikut mencetak generasi baru yang lebih pintar dan cerdas. Beasiswa ini dapat memberikan kesempatan kepada para penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi," ucapnya.


Menurutnya, ada nilai lebih di balik beasiswa ini. Di samping dari unsur pembiayaan yang sudah pasti mendapat dispensasi, mereka juga memiliki kesempatan untuk berkiprah di NU di masa yang akan datang, dimulai dari IPNU-IPPNU hingga badan otonom (Banom) NU atau lembaga lainnya.


"Kita harap beasiswa ini sebagai jembatan untuk bisa menjunjung tinggi dan mengamalkan ajaran ke-NU-an bagi kader NU di ranah kampus lebih-lebih dapat dikembangkan di tempat asal," ujarnya.


Sementara untuk porsi beasiswa dari setiap kampus cukup beragam. Untuk di Unwaha hanya membayar 9 juta rupiah sampai lulus, Undar beasiswa penuh, STIKES BU DP 50 persen dan SPP 15 persen, IAIBAFA beasiswa SPP 50 persen, dan STAI At-Tahdzib hanya membayar 8 juta rupiah sampai lulus.


"Pendaftaran sampai tanggal 31 Agustus 2020 dan khusus IAIBAFA sampai 22 September 2020 mendatang," ujarnya.


Dihubungi terpisah, Penanggung Jawab Program Beasiswa PC IPNU Jombang, Yudha Bakti mengimbau agar pelajar NU terutama yang ada di Jombang untuk segera mendaftarkan diri sebelum batas waktu yang sudah ditentukan.


"Karena beasiswa ini sebagai bentuk apresiasi kepada kader-kader yang di ranting, PAC dan PK yang sudah berjuang dan pantas untuk dibantu lanjut ke pendidikan yang lebih tinggi," tandasnya.


Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×