Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Napak Tilas, NU Melawi Kalbar Ziarah Makam Pahlawan Nasional

Napak Tilas, NU Melawi Kalbar Ziarah Makam Pahlawan Nasional
PCNU Melawi Kalbar melakukan ziarah ke makam Raden Tumenggung di Tekelak, Pinoh Utara. (Foto: NU Online/Siti Maulida)
PCNU Melawi Kalbar melakukan ziarah ke makam Raden Tumenggung di Tekelak, Pinoh Utara. (Foto: NU Online/Siti Maulida)

Melawi, NU Online

Masih dalam rangka memperingati hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Melawi Kalimantan Barat menggelar ziarah dan tahlil akbar. Kegiatan dilaksanakan di makam pahlawan nasional yang berasal dari Kabupaten Melawi, yakni Raden Tumenggung Setia Pahlawan di Desa Tekelak Kecamatan Pinoh Utara.

 

Sekretaris PCNU Melawi Shofiyullah menjelaskan setidaknya ada tiga hal yang mendasari kegiatan ziarah dan tahlil akbar. Yakni ekpresi syukur warga bangsa atas rahmat Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

“Juga komitmen NU untuk senantiasa istikamah mengamalkan dan melestarikan amaliah Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah seperti ziarah kubur, tahlilan, doa arwah dan lain sebagainya,” katanya, Kamis (20/8).

 

Yang juga penting adalah bahwa kegiatan sebagai bukti kecintaan NU terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena ziarah ke makam pahlawan nasional untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah syahid dalam mempertahankan Tanah Air Indonesia yang merupakan sajadah panjang tempat beribadah kepada Allah.

 

“Alhamdulillah sampai saat ini hanya Ormas Aswaja seperti NU yang masih berkomitmen menjaga amaliah Ahlussunnah wal Jama’ah di tengah masyarakat meskipun harus disyirik-syirikan dan dibid’ah-bid’ahkan,” katanya.

 

Kegiatan tersebut disambut baik oleh pihak ahli waris Raden Tumenggung Setia Pahlawan dan pemerintahan Desa Tekelak. Hal tersebut dibuktikan dengan sambutan perwakilan ahli waris dan pemerintahan desa, H M Badrun.

 

“Terima kasih atas kunjungan ziarah PCNU dan Banomya ke Makam Raden Tumenggung Setia Pahlawan ini,” katanya.

 

Dirinya berharap kegiatan bisa menjadi acara rutin dan menjadi media untuk menjelaskan bahwa di Tekelak ada makam pahlawan nasional yang bisa diziarahi.

 

Dalam kegiatan tersebut Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Melawi juga menyerahkan bantuan paket sembilan bahan pokok kepada para dluafa dan yatim yang ada di setemat.

 

Menurut Ketua LAZISNU Melawi, M Yusuf bahwa penyaluran bantuan paket sembako kepada para dhuafa dan yatim ini merupakan program rutin setiap bulan.

 

“Semoga dengan penyaluran yang rutin setiap bulannya ini, semakin banyak lagi para dermawan dan aghniya yang mau menjadi donatur program LAZISNU Melawi ini,” harapnya.

 

Kontributor: Siti Maulida

Editor: Ibnu Nawawi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×