Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Peringati Harlah Ke-99 NU, Ribuan Nahdliyin Probolinggo Apel di Pantai Duta

Peringati Harlah Ke-99 NU, Ribuan Nahdliyin Probolinggo Apel di Pantai Duta
Warga NU Probolinggo mengikuti apel. (Foto: NU Online/Alfin Maulana Haz)
Warga NU Probolinggo mengikuti apel. (Foto: NU Online/Alfin Maulana Haz)

Probolinggo, NU Online 
Suasana pantai duta di Desa Randu Tata, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ramai dengan sejumlah kader Nahdlatul Ulama (NU) yang mengikuti Apel Akbar Kader NU, Ahad (20/2/2022). Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari lahir (Harlah) ke-99 NU.


Peringatan harlah dalam hitungan kalender hijriah ini digelar oleh Pengurus Cabang (PC) NU Kota Kraksaan, dan diikuti oleh para kader NU dari 14 Majelis Wakil Cabang (MWCNU). Ikut menyemarakkan juga sejumlah mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan (Unzah) Genggong.


Koordinator Bidang (Korbid) Pengkaderan PCNU Kota Kraksaan, Imron Hamzah menyampaikan kader NU Probolinggo sangat antusias mengikuti apel ini. Data yang diterimanya mencapai angka ribuan kader. Ini melebihi target. "Alhamdulillah, kader NU yang hadir melebihi data Korbid," katanya. 


Dalam sambutannya, Ketua PCNU Kota Kraksan, KH Shihabuddin Sholeh mengingatkan pentingnya panca (lima) harakah NU menuju satu abad. "Panca gerakan satu abad NU disebut pula dengan alharakatul khamsah," ujarnya di hadapan kader NU.


Panca gerakan yang dimaksud adalah kaderisasi dan pendataan, pendidikan berkualitas, kesehatan, ekonomi Mandiri, dan literasi dakwah.


Di waktu yang sama, Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Muhammad Qoderi mengatakan, panca harakah tersebut wajib dilakukan oleh semua kader NU.


"Mutlak tidak boleh ditawar, lima penguatan itu harus dilakukan. Ayo isi ruang-ruang kosong yang bisa dijadikan tempat berjuang. Perjuangan harus dilakukan tanpa harus menunggu waktu yang tepat, kader NU harus penuh semangat," terang Qoderi.


Hadir juga pada kesempatan ini Mustasyar PCNU Kota Kraksaan Habib Muhammad Ba'ali, KH Munir Kholili, Rais Syuriah PCNU Kota Kraksaan KH Wasik Hannan.
 

Kontributor: Alfin Maulana Haz
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×