Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Roadshow Shalawat, Metode Menggembleng Mental dan Khidmah Remaja NU Mimika

Roadshow Shalawat, Metode Menggembleng Mental dan Khidmah Remaja NU Mimika
Para remaja bershawalat saat 'Mimika Bershalawat' menyambut Muharram 1444 Hijriah, Jumat (29/7/2022). (Foto: istimewa)
Para remaja bershawalat saat 'Mimika Bershalawat' menyambut Muharram 1444 Hijriah, Jumat (29/7/2022). (Foto: istimewa)

Mimika, NU Online

Bagi para praktisi pengembangan sumber daya manusia dan organisasi, pelatihan adalah salah satu saja dari sekian banyak metode yang efektif dipakai. Tidaklah tepat menjadikan pelatihan sebagai satu-satunya metode yang diandalkan dalam mengembangkan sumberdaya manusia.


Hal itulah yang diterapkan kepada para remaja NU Mimika yang tergabung dalam grup shalawat Ahbaabul Musthofa Mimika (AMM). "Kami selaku pembina AMM berupaya menggembleng mereka dalam aspek mental dan khidmah melalui metode yang efektif, efisien dan menarik," terang Sugiarso, Ahad (31/7/2022). 


Menurut instruktur pengembangan manusia dan organisasi di PT Freeport Indonesia ini, roadshow adalah sebuah metode yang tepat.


"Tujuan roadshow shalawat, dari aspek pengembangan sumber daya manusianya yakni mengembangkan ghirah dan harakah NU. Momen peringatan tahun baru 1 Muharam 1444 oleh PCNU Mimika bertajuk 'Mimika Bershalawat'  ini adalah momen yang tepat. Mereka tidak merasa sedang menjalani gemblengan karena rasa suka dan tantangan serta dukungan yang diperolehnya," urai pria yang juga Wakil Ketua PCNU Mimika ini. 


Sementara itu dari  aspek struktural NU, roadshow ini juga mempunyai nilai strategis. "Mereka ini juga sedang disiapkan sebagai calon pengurus IPNU. Hidupnya AMM ini otomatis menjadi bibit hidupnya IPNU dan juga IPPNU di Mimika," terang Wakil Rais PCNU Mimika, Ust Hasyim Asyari.


Latihan hingga pukul satu pagi

Bukti nyata roadshow lebih efektif daripada pelatihan formal ialah keinginan dan semangat untuk latihan shalawat menembus batas cuaca, jarak, dan waktu.


"Alhamdulillah anak-anak semangat latihan walaupun hujan dan masing-masing personel berasal dari tempat jauh," terang Koordinstor AMM, Ricky Nurdiansyah.


Pada sehari sebelum malam 1 Muharam tampil, wujud khidmah dan mental mereka kelihatan. "Malam Kamis latihannya hingga jam satu dini hari. Bahkan personel yang rumahnya jauh sampai di rumah hampir jam dua pagi. Ini di Mimika, Papua, bukan Jawa. Jadi anak anak sungguh luar biasa," urainya lebih lanjut dengan ekpresi haru.


Belajar komunikasi dan disiplin

Aspek lain yang bisa diambil dari pengembangan mental remaja ini adalah aspek komunikasi dan disiplin atau group development.


"Hati-hati di jalan semoga selamat dan jika sudah sampai di rumah tolong memberikan informasi," ujar Ricky melalui pesan WAG nya. Itulah pesan yang selalu diberikan oleh Koordinator AMM ini setiap kali selesai latihan maupun tampil ketika mereka dalam perjalanan pulang ke rumah masing-masing.


"Ahamdulillah kami sampai di rumah dengan selamat," demikian jawaban yang muncul di WAG satu demi satu hingga semua personel telah terkonfirmasi dengan lengkap.


Disiplin dalam penampilan juga didapatkan saat roadshow ini. "Tidak diperbolehkan personel di luar AMM untuk ikut pentas saat roadshow seperti tampilan tadi malam di Kilometer 10. Ini akan merusak alat dan merusak keharmonisan tampilan," pesan Ust Muhtadin selaku Koordinator AMM lainnya. 


"Kita berangkat sebelum dan shalat Isyak di lokasi supaya tidak terlambat."  Itulah komunikasi yang terus dibangun sebelum keberangkatan oleh Ricky Nurdiansah.


Disiplin juga ditekankan oleh Ust Hasyim. "Kalian sebelum berangkat atau tampil usahakan makan dulu sehingga tidak selalu berharap makanan saat tampil atau latihan dari orang lain. Tunjukkan kita ini bisa menjadi contoh dan tidak merepotkan orang lain," urainya lebih lanjut.


Produk roadshow ini bisa dilihat dari tampilan prima AMM pada saat acara puncak Mimika Bershalawat. Acara ini dalam rangka menyambut 1 Muharam 1444 H yang diadakan oleh PCNU Mimika dan dilaksanakan oleh LDNU Mimika bersama AMM Jumat (29/7/2022) 2022 di halaman Masjid Baiturrahman SP2, Timika Jaya, Mimika..


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×