Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Semangat Hari Santri, UPZISNU di Sidoarjo Bagikan Beasiswa NU Smart

Semangat Hari Santri, UPZISNU di Sidoarjo Bagikan Beasiswa NU Smart
Penyaluran beasiswa NU Smart dari UPZISNU Ranting Dukuhtengah, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jawa Tengah, Rabu (26/10/2022). (Foto: LAZISNU)
Penyaluran beasiswa NU Smart dari UPZISNU Ranting Dukuhtengah, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jawa Tengah, Rabu (26/10/2022). (Foto: LAZISNU)

Sidoarjo, NU Online
Memanfaatkan momentum Hari Santri 2022, Unit Pengelola Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Ranting Dukuhtengah, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur menyalurkan program Beasiswa NU Smart pada Rabu (26/10/2022).


Beasiswa tersebut diserahkan kepada 20 santri dan siswa yang kurang mampu atau prasejahtera. Para penerima berada dalam rentang pendidikan di Kelompok Bermain (KB), Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annahdliyin, TK Dharma Wanita Persatuan, serta SDN Desa Dukuhtengah.


"Alhamdulillah UPZISNU Desa Dukuhtengah bisa istikamah mentasarufkan program beasiswa NU Smart. Kali ini (untuk) sebanyak 20 siswa kurang mampu atau prasejahtera dari berbagai lembaga pendidikan yang ada di Desa Dukuhtengah," ucap Ketua UPZIS NU Ranting Dukuhtengah, Fithroni.


Fithroni menjelaskan, bantuan yang disalurkan berupa dana pendidikan selama satu semester yang totalnya sebesar Rp7.260.000. Pemanfaatan dana bantuan disesuaikan kebutuhan siswa yang bersangkutan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.


"Dana pendidikan itu bisa dipakai untuk melunasi SPP satu semester bagi yang bersekolah swasta, dan melunasi operasional penunjang kegiatan belajar mengajar bagi yang bersekolah negeri," jelasnya.


Dalam pelaksanaan penyaluran tersebut, sebanyak tiga orang  relawan dari UPZISNU Ranting Dukuhtengah mendatangi sekolah-sekolah yang sudah terlebih dahulu mengusulkan nama siswa calon penerima beasiswa. Data ini selanjutnya diverifikasi secara faktual dan administratif oleh pengurus UPZIS NU Ranting Dukuhtengah.


"Hal ini dilakukan supaya beasiswa NU Smart tepat sasaran dan benar-benar sesuai diterima oleh siswa dengan kriteria dari keluarga kurang mampu atau prasejahtera," tegas Fithroni.


Proses penyerahan beasiswa dilakukan di sekolah masing-masing dan disaksikan secara langsung oleh para orang tua siswa. Momen tersebut juga dimanfaatkan oleh pengurus UPZIS NU Ranting Dukuhtengah untuk mensosialisasikan program-program.


Kepala Divisi Fundrising UPZISNU Ranting Dukuhtengah Muhajirin mengungkapkan sumber dana program Beasiswa NU Smart berasal dari infak kaleng Koin NU Peduli, yang selama ini menjadi sumber dana utama program-program UPZIS NU Ranting Dukuhtengah.


"Program NU Smart ini adalah salah satu dari sekian banyak program yang dimiliki oleh UPZISNU Ranting Dukuhtengah yang dananya berasal dari hasil infak kaleng para donatur yang setiap bulan fluktuatif," ungkap Muhajirin.


Kepala SDN Dukuhtengah Ali Sadikin menyampaikan bahwa UPZISNU Ranting Dukuhtengah melalui penyaluran program beasiswa tersebut telah berpartisipasi secara konkret dalam kemajuan pendidikan nasional.


"Luar biasa NU Ranting Dukuhtengah melalui UPZISNU mampu berpartisipasi dan men-support secara konkret dalam kemajuan pendidikan nasional," kata Ali Sadikin.


Proses pentasarufannya menurutnya juga sangat selektif, sehingga bisa tepat sasaran dan mampu dirasakan oleh siswa serta orang tua siswa secara signifikan.


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×