Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Semester Pertama 2022, LAZISNU Pringsewu Salurkan 12 Ton Beras untuk Guru Ngaji

Semester Pertama 2022, LAZISNU Pringsewu Salurkan 12 Ton Beras untuk Guru Ngaji
Manajer eksekutif LAZISNU Pringsewu Kabul Muliarto saat mengecek beras bantuan untuk guru ngaji. (Foto: Dok. LAZISNU Pringsewu)
Manajer eksekutif LAZISNU Pringsewu Kabul Muliarto saat mengecek beras bantuan untuk guru ngaji. (Foto: Dok. LAZISNU Pringsewu)

Pringsewu, NU Online
Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu berhasil menyalurkan 12 ton lebih beras bagi para guru ngaji di kabupaten berjuluk Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis ini. Bantuan beras yang didistribusikan pada semester pertama mulai Januari-Juni 2022 ini merupakan realisasi program jangka pendek.


“Bantuan beras guru ngaji ini merupakan program jangka pendek dari pengelolaan infak masyarakat melalui Koin (Kotak Infak) Pondasi Akherat yang dilaksanakan pengurus LAZISNU tingkat ranting NU atau desa,” jelas manajer eksekutif LAZISNU Pringsewu Kabul Muliarto kepada NU Online, Sabtu (2/7/2022).


Program ini ke depan, lanjut Kabul, bukan hanya dialokasikan untuk para guru ngaji. Namun, akan disalurkan kepada marbot masjid, juru kunci makam, dan kaum atau mudin. Hal ini karena mereka juga memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat dan memerlukan perhatian dalam hal kesejahteraan hidup mereka.


Kabul menjelaskan bahwa dalam pengadaan beras untuk bantuan ini, pihaknya melakukan dengan lelang. Dalam hal ini LAZISNU bekerja sama dengan mitra, yakni Koperasi Konsumen Warga NU Sejahtera (Warnusa) dengan mekanisme pembayaran melalui Koperasi BMTNU Pringsewu.


“Hal ini dilakukan untuk menjaga amanah dari masyarakat sekaligus realisasi prinsip MANTAP LAZISNU yakni Modern, AkuNtabel, Transparan, Amanah, Profesional,” terangnya.


Ranting NU yang mengambil beras dari hasil lelang ini masih mendapat subsidi dari LAZISNU Kabupaten Pringsewu sebesar 50 persen. “Sistem ini merupakan salah satu kerja sama untuk menguatkan masing-masing lembaga di internal NU. Dengan mengutamakan amanah dan pelayanan kemaslahatan,” jelasnya.


Ia berharap angka bantuan beras bagi para guru ngaji dan profesi-profesi lainnya akan terus meningkat pada masa-masa yang akan datang. Hal ini seiring dengan penguatan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh elemen badan otonom dan lembaga di NU dan pesantren-pesantren yang dikoordinasi oleh Rabithah Maahid Islamiyah (RMI) NU Kabupaten Pringsewu.


Masyarakat pun bisa ikut berpartisipasi dalam program beras untuk guru ngaji ini ataupun program-program lainnya yang dimiliki LAZISNU Pringsewu. Bagi masyarakat luas yang ingin berzakat dan berdonasi ke NU Care-LAZISNU Pringsewu bisa menyalurkannya melalui rekening atas nama LAZISNU Pringsewu berikut ini: 

  1. Untuk jenis Zakat di rekening: 035801016988536 (BRI) atau 7921715860 (BSI)
  2. Untuk Infak di rekening: 035801016989532 (BRI) 7917203800 (BSI) 9010400001 (BMT NU Pringsewu) 7459559010400001 (VA Muamalat).


Bagi yang sudah melakukan transfer diharapkan menghubungi Hotline: 085269607010


Pewarta: Muhammad Faizin 
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×