Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Arab Saudi di Piala Dunia 2022, Berawal Manis dan Berakhir Tragis

Arab Saudi di Piala Dunia 2022, Berawal Manis dan Berakhir Tragis
Ekspresi kekecewaan penyerang Arab Saudi Salem Al-Dawsari dalam laga Piala Dunia 2022 melawan Polandia, Sabtu (26/11/2022) lalu. (Foto: AP Photo/Darko Vojinovic)
Ekspresi kekecewaan penyerang Arab Saudi Salem Al-Dawsari dalam laga Piala Dunia 2022 melawan Polandia, Sabtu (26/11/2022) lalu. (Foto: AP Photo/Darko Vojinovic)

Jakarta, NU Online

Tim nasional Arab Saudi di Piala Dunia 2022 Qatar tampil memukau di laga perdana Grup C. Mereka mengalahkan favorit juara Argentina 2-1 di Lusail Stadium pada Selasa (22/11/2022) lalu meskipun lebih dulu kebobolan oleh penalti Lionel Messi pada menit 10. Para fans tim asuhan Herve Reinard pun bersorak dan optimis Arab Saudi akan terus melaju.


Bahkan dari kemenangan mengejutkan tersebut, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sampai memberikan libur nasional di negaranya. Para pemain pun disanjung setinggi langit. Di media sosial beredar kabar bahwa Pemerintah Arab Saudi menghadiahkan uang dengan jumlah fantastis dan mobil mewah Rolls Royce untuk setiap pemainnya.


Namun, awal manis tersebut harus berakhir tragis bagi timnas berjuluk Elang Hijau itu. Polandia dan Meksiko yang berada di Grup C diyakini fans Arab Saudi tidak sekuat Argentina. Namun, kenyataan di lapangan berkata lain, Arab Saudi seolah loyo di tangan Polandia dan Meksiko.


Di laga kedua melawan negara Eropa Tengah, Polandia di Education City Stadium pada 26 November 2022, Arab Saudi menyerah 2-0 lewat gol yang dicetak Piotr Zielinski di menit 39 dan Robert Lewandowski pada menit 82. Gol tersebut merupakan gol istimewa bagi Lewandowski sebagai gol perdana baginya di ajang piala dunia.


Arab Saudi sendiri menciptakan sederet peluang emas, termasuk ketika mendapat penalti. Namun eksekusi penalti yang dilakukan Salem Al-Dawsari dimentahkan kiper Polandia Wojciech Szczesny.


Kesempatan lolos ke babak 16 besar bagi Arab Saudi berlanjut ketika harus bersua Meksiko di partai terakhir Grup C, Kamis (1/12/2022) di Lusail Stadium. Namun, laga ini justru menjadi penampilan terakhir Arab Saudi di Piala Dunia 2022. Pasalnya, Arab Saudi harus mengakui keunggulan El Tri dengan skor 1-2 dan mengubur mimpinya untuk lolos babak 16 besar.


Dengan demikian, Arab Saudi mengikuti jejak Iran yang tadinya mempunyai peluang besar lolos 16 besar tetapi kemudian harus berakhir pahit. Wakil Asia yang telah memastikan lolos ke 16 besar adalah Australia. Di laga pamungkas Grup D, The Socceroos mampu menumbangkan tim dinamit, Denmark 1-0. Australia menemani Prancis ke 16 besar dengan poin sama, 6 poin.


Peluang lolos 16 besar juga dimiliki Samurai Biru, Jepang jika berhasil mengalahkan Spanyol di laga terakhir Grup E. Langkah berat harus dijalani Korea Selatan yang hanya mampu imbang dan kalah dalam dua pertandingan terakhir melawan Uruguay dan Ghana. Di laga terakhir, Korsel harus menghadapi tim kuat Portugal.


Pewarta: Fathoni Ahmad
Editor: Muhammad Faizin





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×