Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ketika Ratu Elizabeth II Kunjungi Masjid Kota

Ketika Ratu Elizabeth II Kunjungi Masjid Kota
Kunjungan Ratu Elizabeth II ke masjid kota pada tahun 2002. (Foto: BBC)
Kunjungan Ratu Elizabeth II ke masjid kota pada tahun 2002. (Foto: BBC)

Jakarta, NU Online
Pimpinan Komunitas Islam Scunthorpe Inggris menilik kenangan hari bersejarah ketika Ratu Ellizabeth II mengunjungi salah satu masjid kota. Kunjungan yang dilakukan pada tahun 2022 tersebut merupakan sejarah pertama kali Ratu Elizabeth menginjakkan kaki di lantai masjid Inggris.


Melansir BBC, Ketua North Lincolshire Multi-Faith Partner Ship, Abid Khan mewakili masyarakat Muslim di Inggris merasa diakui oleh Ratu Elizabeth atas kunjungannya tersebut.


"Kami merasa diakui," ungkapnya dikutip Sabtu (10/9/22).


Ia mendeskirpsikan sosok ratu sebagai seseorang yang luar biasa, dengan segala yang dimiliki. Rekam jejaknya akan terasa dan dikenang selama bertahun-tahun yang akan datang. Merefleksikan kunjungan penting itu, Abid Khan mengatakan sejarah yang dibuat oleh ratu kala itu sampai saat ini masih dibicarakan oleh masyarakat Muslim Inggris.


Pimpinan komunitas Muslim Inggris tersebut ingat ketika Ratu bertanya tentang masjid kota tersebut.


"Saat itu ia bertanya, masjid ini apakah selaras dengan Makah, mengacu pada pola sajadah yang ditenun pada karpet masjid tersebut?" ceritanya.


Abid Khan mengingat dengan jelas, bahwa saat itu ia berbicara dengan Ratu Elizabeth selama beberapa menit. Ratu menanyakan hal-hal yang terdapat di dalam masjid.


Dalam kunjungan tersebut Ratu diberikan salinan Al-Qur'an.  Kunjungan tersebut merupakan bagian dari tur Queen’s Golden Jubilee. Khan memepercayai bahwa kunjungan tersebut dapat membangun jembatan antar komunitas, tidak hanya untuk komunitas Islam Scunthorpe, tetapi juga untuk komunitas yang lain.


Dia memaparkan, bahwa komunitas Muslim miliknya akan selalu mengingat Ellizabeth dengan kasih sayangnya.


"Kita semua, dari semua keyakinan yang dianut, dari Islam dan non-Islam, akan mengingat warisan dan kenangan Ratu dalam pelayanan publik yang ia lakukan dan pencapaiannya," ungkap Abid Khan.


Ia juga mengingat pesan dari Ratu Elizabeth II saat ingin meninggalkan masjid, yaitu pesan kebaikan agar anak muda tetap bekerja dengan baik.


"Ratu berpesan pada kami, 'Teruslah bekerja dengan baik, anak muda," tuturnya.


Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia, dalam usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022). Ratu Elizabeth adalah pemangku tahta terlama dalam sejarah Inggris yang bertahta selama 70 tahun. Ratu naik tahta pada 1952.


Kontributor: Siti Maulida
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×