Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

LAZISNU Bagikan Daging Kurban untuk Pengungsi Afghanistan dan Warga Pakistan

LAZISNU Bagikan Daging Kurban untuk Pengungsi Afghanistan dan Warga Pakistan
Proses penyembelihan hewan kurban dari LAZISNU dan dagingnya dibagikan untuk pengungsi Afghanistan dan warga miskin di Pakistan.
Proses penyembelihan hewan kurban dari LAZISNU dan dagingnya dibagikan untuk pengungsi Afghanistan dan warga miskin di Pakistan.

Islamabad, NU Online

NU Care Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) bersama Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Pakistan membagikan 3 sapi dan 11 kambing untuk kurban di Kota Islamabad, Pakistan. Penyaluran hewan kurban ini dilakukan atas kerja sama dengan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Pakistan. Kegiatan ini merupakan program Sedekah Daging Untuk Warga Miskin Pakistan & Pengungsi Afghanistan.


"Alhamdulillah, NU Care-LAZISNU mengamanahkan kepada kami pengurus NU Pakistan untuk mendistribusikan daging kurban kepada masyarakat Pakistan sekitar kampus yang sebagian besar ada pengungsi dari Afghanistan dan warga miskin yang hidup memprihatinkan," kata Zainul Mustofa, Ketua LAZISNU Pakistan di tengah penyembelihan hewan kurban di sekitar kampus International Islamic University of Islamabad, Ahad (10/7/2022).


Pengurus PCINU Pakistan memfokuskan penyembelihan di lingkungan kampus Islamic International University Islamabad (IIUI) Pakistan. Hal ini dilakukan agar kegiatan berjalan efisieng mengingat sebagian besar warga Nahdliyin juga merupakan mahasiswa aktif di kampus tersebut.


Zainul menyampaikan bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini dilaksanakan hari Ahad (10/7/2022) berbarengan dengan penyembelihan hewan kurban yang dikelola oleh Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Pakistan.


Hal ini dimaksudkan untuk memupuk tali silaturahim serta ukhwah islamiyah antarmahasiswa dan warga Indonesia lainnya untuk bergotong royong menyelenggarakan ibadah penyembelihan hewan kurban dan dilanjut makan siang bersama  yang mencerminkan guyub rukun tradisi warga nahdhiyyin.  


Tim Distribusi daging kurban dan juga wakil ketua tandfiziyah PCINU Pakistan, Aulia Hifdzurrohman, mengatakan pendistribusian dilakukan kepada masyarakat  miskin sekitar kampus, desa pengungsi Afghanistan yang terletak tidak jauh dari lokasi penyembelihan, para pegawai dan pekerja kampus serta mahasiswa.


Pendistribusian daging kurban berjalan lancar walau sempat diguyur hujan yang lumayan deras pada Senin (11/7/2022). Meskipun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan panitia untuk membagikan daging kepada mustahiqnya.

 
"Alhamdulillah, daging kurban telah kita salurkan kepada masyarakat miskin sekitar serta pengungsi Afghanistan yang berada sekitar kampus, para pegawai kasar dan pekerja di kampus serta mahasiswa yang tinggal di asrama. Karena hujan turun lumayan deras dan tidak bisa menjangkau kalangan luas maka untuk pendistribusian kita pusatkan di sekitaran kampus saja," tutur Aulia.


Ia berharap di tahun berikutnya, NU Pakistan bersama NU Care-LAZISNU bisa terus bersinergi dan bisa menjangkau masyarakat Pakistan secara lebih luas, sehingga jamiyah bisa membantu dan memberikan kemanfaatan untuk masyarakat Pakistan lebih luas lagi, serta mendakwahkan nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyyah.


Kontributor: Badat Alauddin
Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×