Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Kisah Kiai Dachlan, Ketua Umum PBNU di Masa Agresi Militer Belanda

Kisah Kiai Dachlan, Ketua Umum PBNU di Masa Agresi Militer Belanda
KH Muhammad Dachlan bersama keluarga. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
KH Muhammad Dachlan bersama keluarga. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

KH Muhammad Dachlan adalah sosok ulama, politikus, tokoh masyarakat dan juga negarawan. Ia lahir pada 2 Juni 1909 Masehi atau 14 Jumadil Ula 1337 Hijriyah di Desa Mandaranrejo, Kota Pasuruan. Ia merupakan putra keempat dari pasangan H Abdul Hamid dan Kasimah. Sedang kakeknya bernama Abdul Manaf, seorang pemuka agama yang dilahirkan oleh H Ali asal Makasar dan Suti asal Mayangan Pasuruan.


Pada usia remaja, Kiai Dachlan diberi tanggung jawab menjaga sepetak tambak milik kakeknya. Saat musim panen, Kiai Dachlan selalu berada di tambak untuk menjaga tambak dari pencurian, khususnya di malam hari.


Sementara kedua orang tua...

Baca selengkapnya di https://jatim.nu.or.id/tokoh/kisah-kiai-dachlan-ketua-umum-pbnu-di-masa-agresi-militer-belanda-AmToO


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Jatim Lainnya

Terpopuler Jatim

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×