Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

4 Cara Mudah Meredam Stres saat Bekerja

4 Cara Mudah Meredam Stres saat Bekerja
4 Cara Mudah Meredam Stres saat Bekerja
4 Cara Mudah Meredam Stres saat Bekerja

Jakarta, NU Online
Stres merupakan reaksi tubuh ketika menghadapi ancaman maupun tekanan. Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol. Kondisi tersebut membuat detak jantung dan tekanan darah akan meningkat, otot tegang, serta pernapasan menjadi cepat.

 

Stres perlu segera diatasi agar tidak berkembang menjadi tak terkendali. Berikut ini 4 cara sederhana untuk meredam stres saat kamu bekerja yang dirangkum dari hellosehat.

 

1. Tarik napas dalam-dalam, ulangi
Mengambil napas dalam-dalam terbukti menurunkan kadar kortisol yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

 

Anda bisa memulainya dengan duduk tenang dan cari tempat yang sepi dan nyaman. Lalu, tutup mata Anda dan ambil napas melalui hidung. Hirup perlahan dalam dua hitungan. Tahan napas dalam satu hitungan, lalu buang napas perlahan, dalam empat hitungan. Apabila hitungan 2 sampai 4 terasa terlalu cepat, panjangkan hitungan bernapas menjadi 4 hitungan tarikan napas dan 6 hembusan keluar.

 

Namun, jika napas panjang justru semakin memicu kecemasan, jangan dipaksakan. Atur timer dan bernapas dengan cara ini selama lima menit agar untuk melihat perbedaan dalam suasana hati Anda.

 

2. Menggambar atau membuat coretan
Siapa sangka menggambar atau melakukan coretan pada secarik kerta bisa menjadi cara sederhana untuk mengurangi stres. Aktivitas ini sempat menjadi tren dikenal dengan istilah doodling di kalangan remaja dan dewasa.

 

Doodling alias menggambar atau corat-coret di atas kertas bisa membantu menenangkan pikiran yang kusut atau suasana hati yang sedang kacau. Kegiatan ini tidak hanya menghilangkan ketegangan tapi juga meningkatkan konsentrasi dan kreativitas.

 

Bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana dan mudah didapatkan, yakni sebuah pulpen dan secarik kertas.

 

Anda dapat menggambar pola acak atau mengikuti pola khusus yang biasanya tersedia dalam buku khusus untuk doodling. Anda bisa mempercantiknya dengan pensil warna, crayon, maupun spidol.

 

3. Mengunyah permen karet
Permen karet bukan hanya jajanan untuk anak-anak, lho. Bagi orang dewasa, permen karet tidak hanya menyegarkan napas juga menekan kebiasaan ngemil, permen karet ternyata dapat mengurangi kecemasan dan stress

 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Andrew Scholey dijelaskan bahwa peserta yang secara teratur mengunyah permen karet menunjukkan penurunan tingkat kecemasan, meningkatkan kewaspadaan, mengurangi stres, serta meningkatkan kemampuan untuk melakukan multi-tasking.

 

4. Berendam atau mandi dengan air hangat
Sebuah penelitian asal Swedia dalam International Journal of Management Stress menemukan bahwa mengambang di air dapat memicu respons relaksasi tubuh. Hal ini membantu menekan tingkat hormon pemicu stres. Dalam Penelitian tersebut juga disebutkan bahwa berenang atau berendam menggunakan air hangat bisa mengurangi ketegangan dan rasa tertekan.

 

Aktivitas ini cocok kamu lakukan setelah seharian bekerja. Tubuh akan menjadi lebih rileks dan segar kembali.

 

Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×