Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

6 Makanan Ini Bantu Turunkan Kadar Gula Darah, Cocok bagi Penderita Diabetes

6 Makanan Ini Bantu Turunkan Kadar Gula Darah, Cocok bagi Penderita Diabetes
Ilustrasi kadar gula tinggi.
Ilustrasi kadar gula tinggi.

Jakarta, NU Online 
Tren penyakit diabetes di Indonesia terus naik tiap tahunnya. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, 13 persen dari penduduk Indonesia mengidap diabetes.

 

“Diabetes di Indonesia naik tinggi dari tahun ke tahun," kata Budi di Jakarta, Senin (26/9/2022).

 

Soal penyakit diabetes, Budi mengatakan bahwa diabetes adalah ibu dari segala penyakit. Ini karena, diabetes berpotensi menimbulkan penyakit lainnya.

 

Meski begitu, diabetes bisa dikendalikan dengan melalui berbagai cara, seperti mengonsumsi makanan tepat dan sehat. Berikut ini beberapa makanan sehat yang dapat membantu mengontrol gula darah pada tubuh, dilansir dari Halodoc.

 

1. Roti gandum
Roti gandum merupakan salah satu jenis roti yang memiliki indeks glikemik dan karbohidrat lebih rendah dibandingkan roti lainnya. Kandungan serat dalam roti gandum diketahui bisa memperlambat pencernaan, sehingga membantu menstabilkan kadar gula darah.

 

2. Buah-buahan 
Buah-buahan dapat membantu menjaga kadar gula darah. Ini karena buah-buahan memiliki indeks glikemik rendah. Buah-buahan mengandung banyak air dan serat yang dapat menyeimbangkan gula alami (fruktosa).

 

3. Ubi jalar
Makanan yang satu ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Daging ubi jalar mengandung lebih banyak serat dibandingkan kulitnya.

 

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya akan serat dan memiliki skor glikemik yang rendah. Hal ini dapat membantumu mengontrol kadar gula darah. Kacang juga mengandung protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, vitamin, flavonoid, magnesium, dan kalium.

 

5. Yoghurt 
Mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, dengan catatan tanpa dicampur dengan perasa. Yoghurt tawar termasuk makanan rendah glikemik yang baik untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

 

6. Bawang putih
Bawang putih merupakan bahan populer dalam pengobatan tradisional untuk diabetes. Kandungan dalam bawang putih dapat membantu menstabilkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin.

 

Dalam sebuah studi pada 2013 dijelaskan, mengonsumsi metformin dan bawang putih dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Penelitian tersebut dilakukan pada 60 orang yang mengidap diabetes tipe 2 dan obesitas.

 

Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×