Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

6 Cara Menyimpan Daging Biar Tidak Cepat Busuk

6 Cara Menyimpan Daging Biar Tidak Cepat Busuk
6 Cara Menyimpan Daging Biar Tidak Cepat Busuk
6 Cara Menyimpan Daging Biar Tidak Cepat Busuk

Jakarta, NU Online
Di tengah suasana Idul Adha, kebanyakan masyarakat Indonesia memiliki stok daging yang melimpah. Stok tersebut dapat dikonsumsi tak hanya pada hari pertama lebaran, tetapi juga hingga beberapa hari setelahnya.


Dalam hal ini, masyarakat perlu mengetahui cara menyimpan daging yang benar agar tetap segar untuk bisa dimasak di hari-hari ke depan. Berikut NU Online merangkum enam cara menyimpan daging agar tidak cepat basi, dikutip dari laman Halodoc.


1. Mencuci tangan sebelum menyentuh daging

Menyentuh daging dengan tangan kotor bisa menyebabkan kuman-kuman dan mikroba penyebab penyakit atau patogen pindah dan berkembang biak dengan mudah di daging. Hal ini dapat mempercepat kebusukan daging. Maka itu, sangat disarankan menyentuh menggunakan tangan bersih. Selain itu, hindari juga meletakkan daging di wadah kotor apalagi di tanah.


2. Menyegerakan dimasak atau disimpan

Daging kurban yang Anda terima dalam keadaan kotor disarankan untuk segera dicuci bersih dan masak. Lain halnya jika Anda menerima daging dalam kondisi bersih. Anda bisa menyimpan daging di kulkas tanpa dicuci terlebih dulu. Tetapi, daging bersih yang disimpan harus dicuci terlebih dulu saat akan dimasak.


3. Marinasi daging sebelum disimpan di freezer

Memarinasi diyakini efektif membuat daging tahan lama saat disimpan. Anda bisa menggunakan bumbu seperti kunyit, garam, gula, dan bawang. Sebab, bumbu tersebut mengandung zat antibakteri alami yang mampu membunuh bakteri pada daging.


4. Menyimpan daging di wadah tertutup

Daging mentah tanpa pengawet sebaiknya disimpan dalam pembungkus kedap udara sebelum disimpan dalam kulkas. Menyimpan daging dalam freezer dapat menghentikan pertumbuhan mikroorganisme sehingga kesegaran daging tetap terjaga. Selain itu, aktivitas enzim yang menyebabkan pembusukan juga berlangsung lebih lambat.


Jangan lupa juga untuk melabeli tanggal penyimpanan sebelum menaruhnya dalam freezer.


5. Menyesuaikan suhu freezer

Menurut Food and Drug Administration (FDA), untuk memperlambat kebusukan, baiknya daging disimpan dalam dalam suhu minus 18 derajat celcius dalam freezer.


6. Tidak membekukan lagi daging yang sudah dicairkan

Daging yang sebelumnya disimpan dalam kulkas, harus langsung diolah. Membekukan kembali daging mentah yang sebelumnya sempat dicairkan bakal menurunkan kualitas daging menurun sehingga daging cepat busuk.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×