Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Beragam Peristiwa Lucu tentang Sapi Kurban Ngamuk

Beragam Peristiwa Lucu tentang Sapi Kurban Ngamuk
Sapi kurban ngamuk di Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat. Seekor sapi yang hendak dikurbankan mengamuk. Amukan sapi itu sampai merusak hajatan pernikahan warga sekitar. (Foto: tangkapan layar video)
Sapi kurban ngamuk di Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat. Seekor sapi yang hendak dikurbankan mengamuk. Amukan sapi itu sampai merusak hajatan pernikahan warga sekitar. (Foto: tangkapan layar video)

Jakarta, NU Online

Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban baik sapi maupun kambing. Prosesi penyembelihan biasanya digelar sejak tanggal 10 hingga 13 bulan Dzulhijjah. Prosesi penyembelihan ini kerap diwarnai dengan berbagai macam tingkah laku hewan-hewan kurban yang mengamuk.


Seperti aksi sejumlah sapi kurban di beberapa daerah mengamuk hingga tercebur ke sungai bersama sang jagal. Di Bekasi misalnya, seekor sapi kurban yang baru saja disembelih tercebur ke sungai irigasi bersama dua orang. 


Aksi tersebut terjadi ketika panitia selesai menyembelih sapi di pinggir sungai yang terjadi di depan Mushala Al-Ikhlas, Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Jaya, Kota Bekasi pada Ahad (10/7/2022).

 

Peristiwa tersebut sempat diabadikan oleh kamera ponsel warga dan tersebar ke jejaring media sosial, salah satunya diunggah oleh akun @bekasigue_ hingga menjadi viral.


Dari video yang beredar terlihat, seekor sapi baru saja disembelih oleh warga di Hari Raya Idul Adha. Sapi tersebut disembelih tepat di pinggir sungai. Dua orang warga kemudian mencoba memindahkan posisi sapi yang baru saja disembelih. Namun tak disangka, sapi tersebut kemudian meronta dan mengamuk.


Peristiwa lain terjadi di Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat. Seekor sapi yang hendak dikurbankan mengamuk. Amukan sapi itu sampai merusak hajatan pernikahan warga sekitar.


Dalam video yang dilihat NU Online, Selasa (12/7/2022) itu tampak sapi kurban berwarna perpaduan coklat dan abu-abu berada di tengah-tengah lokasi hajatan. Sapi itu terlihat merusak sejumlah kursi di dalam tenda hajatan.


Tidak berhenti sampai situ, sapi itu kemudian kembali mengamuk dengan berlari menyeruduk ke arah depan. Lagi-lagi, sejumlah bangku dirusak oleh sapi itu. Terlihat masih ada tali yang terpasang di leher sapi tersebut. Beberapa warga sekitar mencoba menenangkannya, walau gagal.

 

“Ini sapi lagi ngamuk dia. Awas, Pak. Jangan diganggu,” ucap seorang pria dalam video tersebut.


Tak ada korban luka dalam peristiwa ini, meski sebelumnya sempat membuat panik warga. Sapi kurban akhirnya dapat ditenangkan oleh beberapa warga dan kembali dibawa ke lokasi penyembelihan untuk dikurbankan.


Di Madiun, Jawa Timur, sapi kurban seberat 1 ton milik Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Soekarwo juga mengamuk saat hendak disembelih di Masjid Quba.


Butuh waktu hingga 30 menit untuk menjinakkan sapi jenis limosin ini hingga akhirnya sapi dapat ditangkap dan disembelih oleh bupati Madiun. Di Masjid Quba Madiun ada 3 sapi dan 1 kambing yang dikurbankan hari ini. Daging kurban, lalu dibagikan kepada warga sekitar yang membutuhkan.


Kontributor: Suci Amaliyah

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×