Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Gus Yahya Buka Pameran Turats Nusantara di Balikpapan

Gus Yahya Buka Pameran Turats Nusantara di Balikpapan
Ketum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf membuka secara resmi Pameran Turats Nusantara dan Kronik Perjalanan NU di The Dome, Balikpapan Sport and Convention Center, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Ahad (30/1/2022). (Foto: NU Online/Aru Elgete)
Ketum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf membuka secara resmi Pameran Turats Nusantara dan Kronik Perjalanan NU di The Dome, Balikpapan Sport and Convention Center, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Ahad (30/1/2022). (Foto: NU Online/Aru Elgete)

Balikpapan, NU Online

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf membuka secara resmi Pameran Turats Nusantara dan Kronik Perjalanan NU di The Dome, Balikpapan Sport and Convention Center, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Ahad (30/1/2022).


Kehadiran Gus Yahya disambut dengan shalawat dan lagu Ya lal Wathan diiringi dengan tabuhan rebana. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pengukuhan PBNU masa khidmah 2022-2027 dan Harlah Ke-96 NU.


Pameran ini digelar oleh Nahdlatut Turats, sebuah organisasi yang baru didirikan oleh para pegiat dan peneliti turats Nusantara. Pameran sendiri mengusung dua tema sekaligus yang saling berkaitan dan berkesinambungan. Pertama, Pameran Turats bertema Turots, Inspirasi Nusantara untuk Dunia yang menampilkan kekayaan karya tulis dan kiprah ulama Nusantara dari abad 17 hingga 20.


Pameran juga menampilkan profil ulama-ulama Nusantara dan berbagai karyanya, seperti Sultanah Safiatuddin, Syekh Yusuf Makassar, Syekh Arsyad Al-Banjari, Syekh Khotib Sambas, Syekh Khotib Minangkabau, Syekh Mahfudz Termas, Syekh Muhammad Nawawi Banten, hingga Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan. Beberapa manuskrip kitab-kitab tua juga dipamerkan di sini.


Sementara Pameran Kronik Perjalanan NU mengambil tema “Menyongsong Satu Abad, Kronik Perjalanan Nahdlatul Ulama”.


Pameran ini menampilkan fragmen-fragmen Nahdlatul Ulama sejak pendiriannya hingga saat ini. Berbagai informasi ditampilkan, seperti foto-foto para pendiri NU; rais aam dan ketua umum dari masa ke masa; hubungan NU, Negara, dan Pancasila; hingga NU dan diplomasi dunia, khususnya perjuangan NU untuk Palestina.


Selain itu, infografis juga menampilkan perjalanan khusus NU kembali ke Khittah 1926; Muktamar NU dari masa ke masa; kronik pergerakan perempuan NU; hingga fragmen khusus mengenai NU dan Kalimantan. Hal lain yang ditampilkan dalam pameran ini adalah dokumen-dokumen langka mengenai NU.


Sebagai informasi, kepengurusan PBNU masa khidmah 2022-2027 akan dikukuhkan di tempat yang sama pada Senin (31/1/2022) esok, tepat di Hari Lahir Ke-96 NU. Rencananya, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin akan turut serta menghadiri hari bersejarah itu.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×