Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Indonesia Menurut Syekh Abdul Aziz As-Syahawi: Segala Sesuatu Sangat Indah di Sini

Indonesia Menurut Syekh Abdul Aziz As-Syahawi: Segala Sesuatu Sangat Indah di Sini
Syekh Abdul Aziz As-Syahawi. (Foto: NU Online/Suwitno)
Syekh Abdul Aziz As-Syahawi. (Foto: NU Online/Suwitno)

Jakarta, NU Online

Mahaguru Ulama Mazhab Syafi’i dari Al-Azhar Mesir, Syekh Abdul Aziz As-Syahawi memberikan kesannya terhadap bangsa dan tanah air Indonesia. Menurut Syekh Abdul Aziz, di Indonesia segala sesuatunya sangat Indah.


Kesan tersebut dia dapatkan setelah dua pekan berada di Indonesia, termasuk ketika memberikan ijazah ‘ammah di kantor PBNU Jakarta bersama Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan warga NU pada 27 Juli 2022 lalu.


“Di sini saya menghabiskan hari-hari yang indah di Indonesia di antara keluarga dan saudara kita,” ujar Syekh Abdul Aziz As-Syahawi dalam sebuah video yang diunggah twitter Sanad Media, Kamis (4/8/2022).


Dalam video tersebut, Syekh Abdul Aziz sedang berjalan-jalan kecil di tengah pemandangan lembah dan gunung. “Tentu pemandangan yang sangat indah,” ucap dia mengawali pembicaraan.


Syekh Abdul Aziz juga mengungkapkan kesan karakter Muslim Indonesia yang kerap memuliakan ulama. Di situ ia terharu sehingga mendoakan kebaikan untuk bangsa Indonesia. “Mereka memuliakan saya. Semoga Allah membalas kebaikan untuk mereka,” ucapnya.


Ia juga mengatakan bahwa alam Indonesia sangat indah. Banyak terdapat hutan di atas gunung. “Pemandangan yang sangat indah, hutan di atas sana, pepohonan yang indah,” ungkapnya.


Sebelumnya, dalam lawatan dia ke PBNU, Syekh Abdul Aziz menyampaikan ijazah ‘ammah kitab Majmu'ut Ta'lifat wal 'Athaya wal Hibat fi Rasaili wa Maqalatil 'Allamah 'Abdul 'Aziz asy-Syahawi kepada segenap pengurus PBNU yang hadir.


“Saya ijazahkan kepada saudara semua, segala yang kami talaqqi (pelajari secara laNgsung), kami riwayatkan, dan kami baca, dari guru-guru kami dengan ijazah yang mu’tabarah,” kata Syekh Abdul Aziz mengijazahkan.


Tentang Syekh Abdul Aziz As-Syahawi

Syekh Abdul Aziz As-Syahawi merupakan salah satu guru besar yang masih aktif mengajar di Universitas Al-Azhar yang terus berkontribusi pada keilmuan Islam baik di dalam maupun luar Mesir.


Dalam pembacaan biografinya dikatakan Syekh Abdul Aziz as-Syahawi lahir di Desa Nimrat el-Bashal, Provinsi Gharbiyah, Mesir pada 22 Jumadil Ula 1364 Hijriah yang bertepatan dengan tanggal 5 Mei 1945 Masehi. Jalur silsilah beliau bersambung sampai ke Nabi Muhammad saw.


Sementara jalur sanad keilmuan Syekh Abdul Aziz as-Syahawi dari Syeikh Abdul Hamid As-Shahawi, dari Syekh Abdul Majid As-Shahawi, dari Syaeih Umar bin Jaafar As-Syabrawi, dari Syaikhul Akbar Ibrahim al-Bajuri, dari Syaikhul Akbar Abdullah As-Syarqawi sampai al-Imam A'dzom Muhammad bin Idris As-Syafi'i.


Di antara tempat pengajian Syekh Abdul Aziz as-Syahawi dilangsungkan di Masjid al-Azhar Mesir. Beliau banyak mengampu pengajian kitab-kitab fikih, seperti Fathul Qarib karangan Ibnu Qasim al-Ghazi, al-Iqna karangan asy-Syarbini, Tuhfatut Thulab karangan Abu Zakariya al-Anshari, Minhaj ath-Thalibin karangan Imam Nawawi dan lain-lain.


Syekh Abdul Aziz as-Syahawi salah satu ulama yang menggabungkan antara dua metode, yaitu hafalan dan pemahaman. Setiap murid yang hadir dalam kajiannya pasti menyaksikan ciri khasnya dalam mengajar yaitu menghiasi pemahaman dengan hafalan-hafalannya.


Syekh Abdul Aziz as-Syahawi juga hafal syair Arab hampir 21.000 bait. Termasuk di dalamnya Alfiyah Ibnu Malik, Alfiyah as-Sharfiyyah, Hidayatul Adzkiyaa, dan Jauharul Maknun.


Pewarta: Fathoni Ahmad
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×